Comscore Tracker

5 Cara Meredam Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Coba Deh!

Fobia kalimat panjang bukan isapan jempol belaka

Hippopotomonstrosesquippedaliophobia adalah suatu ketakutan berlebih pada kalimat panjang. Penderita fobia ini biasanya digolongkan dalam fobia sosial karena menurut American Psycrhiatric Assosiaciton fobia ini tidak dapat dikenali secara spesifik.

Penderita Hippopotomonstrosesquippedaliophobia biasanya akan menghindari buku atau apa pun yang biasanya terdapat kata-kata panjang di dalamnya. Karena mereka akan merasa kesulitan dan merasa cemas saat bertemu dengan kata-kata panjang. Tak hanya sampai di situ.

Penderita Sesquipedalophobia--nama lain dari Hippopotomonstrosesquippedaliophobia--mengutip dari HealthLine, juga akan merasa panik dan tertekan.

Demi menghindari kata-kata panjang, untuk para penderita fobia ini, yuk simak 5 cara ini. Supaya para mereka bisa ikut menikmati tulisan tanpa takut kata-kata panjang

1. Gunakan kata lain

5 Cara Meredam Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Coba Deh!Unsplash/Alexander Michl

Ini adalah langkah pertama yang patut dicoba oleh penderita Hippopotomonstrosesquippedaliophobia.

Mengganti kata yang panjang dengan kata ganti yang lain. Semisal menggunakan kata dasarnya saja. Kamu juga bisa mengganti kata dengan istilah yang kamu ketahui yang lebih pendek. Hal ini agar memudahkan kamu membaca dan meredam fobia.

2. Manfaatkan teknologi

5 Cara Meredam Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Coba Deh!albaciudad.org

Di zaman serba canggih bukan tidak mungkin jika teknologi mampu menolong manusia dari sebuah fobia. Salah satunya fobia ini.

Manfaatkan teknologi seperti kamus digital yang biasanya terdapat berbagai macam cara membaca dan pengucapan yang lebih spesifik dan gampang, tergantung penggunaan. Ini akan sangat membantu kamu penderita Hippopotomonstrosesquippedaliophobia.

Baca Juga: 5 Fakta Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Fobia Kata-kata Panjang

3. Mengeja kata

5 Cara Meredam Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Coba Deh!thaunguyen.com

Meski terlihat sepele, mengeja kata tentu bisa meredam Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, lho.

Dengan mengeja kata, kamu bisa membuat penghafalan yang pendek. Hal ini tentu akan mengindarkan kamu membaca kata yang panjang sekaligus.

4. Menutup sebagian kata yang sudah dibaca dan mengingatnya

5 Cara Meredam Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Coba Deh!westerman.house.gov

Jika kamu menemukan kata yang panjang dan terlampau sulit untuk dibaca, maka tutuplah kata itu dengan jari atau benda apa pun.

Meski tak signifikan, cara ini sedikit membantu agar penderita Hippopotomonstrosesquippedaliophobia tidak ketakutan melihat kata panjang namun masih bisa membacanya.

5. Rileks

5 Cara Meredam Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Coba Deh!data.whicdn.com

Rileks adalah kunci utama bagi penderita Hippopotomonstrosesquippedaliophobia untuk bisa menghadapi kata panjang.

Dengan rileks, maka tubuh yang tegang akan santai. Hal ini mampu mengurangi kecemasan berlebih karena otak akan merespon tindakan tubuh yang lebih santai.

Itu dia 5 cara meredam kepanikan bagi penderita Hippopotomonstrosesquippedaliophobia saat menemukan kata panjang. Sebaiknya jika kamu merasa cemas atau khawatir ketika menemukan kata panjang, segera berkonsultasi agar keadaanmu bisa cepat didiagnosa oleh dokter.

Baca Juga: 7 Macam Fobia Terhadap Alam, Ternyata Ada yang Takut Melihat Bintang

Devian Photo Community Writer Devian

Tetaplah membaca agar bisa menulis dan tetaplah menulis agar bisa membaca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You