Comscore Tracker

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyak

Ada kampusnya Maudy Ayundya nih!

Bicara peringkat kampus terbaik sedunia, Benua Eropa adalah penyumbang nama terbanyak. Gak heran jika kawasan dengan sebutan Benua Putih ini dijadikan tujuan utama para calon mahasiswa, gak terkecuali beberapa selebriti Indonesia.

Dari sekian banyak kampus terbaik di Eropa, Inggris menjadi penyumbang terbanyak dengan memborong tujuh tempat di daftar 10 besar.

Di bawah ini ada daftar lengkap 10 kampus terbaik di Eropa versi QS World yang bisa menjadi rekomendasi tujuan studimu. Yuk, simak!

1. University of Oxford

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyakcapturehighered.com

University of Oxford saat ini menduduki peringkat teratas di daftar kampus terbaik di Eropa. Sementara versi peringkat global, University of Oxford menempati urutan kelima tepat di atas University of Cambridge yang juga berlokasi di Inggris.

Sebagai perguruan tinggi berbahasa Inggris tertua di dunia, University of Oxford telah melahirkan deretan alumni berprestasi. Salah satunya adalah artis sekaligus penyanyi asal Indonesia, Maudy Ayunda.

2. University of Cambridge

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyakukstudycentre.co.uk

Di bawah University of Oxford, University of Cambridge menduduki peringkat kedua kampus terbaik di Eropa. Kampus elit ini disebut-sebut sebagai perguruan tinggi dengan sistem seleksi paling ketat se-Britania Raya.

Beberapa alumni University of Cambridge yang tersohor adalah mendiang ilmuwan Stephen Hawking dan Bertrand Russell, peraih nobel di bidang sastra pada tahun 1950.

3. Swiss Federal Institute of Technology

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyaktoponline.ch

Setelah dua peringkat teratas diisi oleh perguruan tinggi Inggris, Swiss Federal Institute of Technology atau yang lebih populer dengan sebutan ETH Zurich menduduki peringkat ketiga.

Kampus ini terbilang stabil soal prestasi. Sejak diberlakukan perhitungan QS World Ranking, ETH Zurich belum pernah keluar dari peringkat lima besar di Eropa dan sepuluh besar di dunia.

Alumni ETH Zurich yang paling tersohor adalah Albert Einstein. Ilmuwan di bidang ilmu pengetahuan alam ini turut menambah daftar panjang raihan nobel dari alumni ETH Zurich.

4. Imperial College London

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyakstandard.co.uk

Kembali ke Inggris, peringkat keempat kampus terbaik di Eropa diisi oleh Imperial College London. Perguruan tinggi yang dibangun oleh anggota keluarga Kerajaan Inggris ini berada di kawasan Kensington.

Program studi favorit di Imperial College London adalah bidang seni, sains dan perdagangan. Salah satu alumni terkenalnya adalah Alexander Fleming, ilmuwan asal Skotlandia yang menemukan antibiotik penisilin.

5. University College London

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyakvph-case.eu

Peringkat kelima kampus terbaik di Eropa lagi-lagi diisi oleh perguruan tinggi asal Inggris. University College London terletak di pusat kota London, dijuluki sebagai kampus tertua dan terbesar ketiga di Inggris.

Program studi favorit di University College London adalah farmasi, sains dan hukum. Sineas ternama Christopher Nolan yang terkenal lewat karya-karya fiksi ilmiahnya juga sempat menempuh pendidikan di kampus ini, lho!

Baca Juga: 10 Ranking Universitas Terbaik 2019 di Amerika Serikat, Wajib Tahu!

6. The University of Edinburgh

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyaked.ac.uk

The University of Edinburgh dengan gedung megah berarsitektur khas Eropa klasik menempati peringkat keenam kampus terbaik di Eropa. Berdiri sejak pertengahan abad ke-16, The University of Edinburgh dijuluki sebagai Athena di Tanah Utara.

Kampus ini berperan besar dalam dunia pendidikan pada Abad Pencerahan. Sejumlah alumni tersohor yang lahir dari The University of Edinburgh adalah fisikawan James C. Maxwell, filsuf David Hume, hingga pencetus Teori Evolusi Charles Darwin.

7. Ecole Polytechnique Federale de Lausane (EPFL)

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyakcampusbiotech.ch

Kembali ke Swiss, Ecole Polytechnique Federal de Lausane atau EFPL menduduki peringkat ketujuh kampus terbaik di daratan Eropa. Institut teknologi ini sering dijuluki sebagai kembaran dari ETH Zurich.

EFPL berlokasi di negara bagian Swiss yang berbahasa Prancis. Sebagai sebuah perguruan tinggi yang fokus pada teknologi modern, gedung kampus EFPL berwujud unik. Bentuknya seperti lempengan yang bergelombang, bagian atasnya difungsikan sebagai penangkap sel surya.

8. The University of Manchester

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyakvisitmanchester.com

Meski baru berdiri pada tahun 2004, The University of Manchester berhasil menambah panjang daftar perguruan tinggi berkualitas di Inggris. Kampus peringkat delapan se-Eropa ini berlokasi di selatan pusat Kota Manchester.

The University of Manchester merupakan gabungan dari dua kampus lama yang tersohor di Inggris, yaitu Institut Sains dan Teknologi Manchester dan Universitas Victoria. 

9. King's College London

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyakkcl.ac.uk

King's College London adalah kampus tertua keempat di Inggris setelah Oxford, Cambridge dan Imperial Collage. Kampus ini didirikan oleh Raja George ke-4.

Dunia medis menjadi program studi favorit di kampus ini. King's College London juga dikenal sebagai kampus yang membuka prodi keperawatan di dunia.

Salah satu alumni hebat jebolan King's College London adalah Arthur C. Clarke. Matematikawan dan fisikawan ternama ini juga dikenal sebagai penulis karya fiksi. Salah satu hasil karya kolaborasinya adalah film fiksi ilmiah berjudul '2001: A Space Odyssey'.

10. London School of Economics and Political Science (LSE)

10 Besar Kampus Terbaik di Eropa, Inggris Penyumbang Terbanyakstandard.co.uk

London School of Economics and Political Science atau lebih populer dengan nama LSE, adalah sebuah universitas riset yang fokus di bidang ilmu sosial.

Meski berdiri sebagai perguruan tinggi ilmu sosial, LSE juga aktif melakukan penelitian di bidang matematika dan statistika.

Kampus ini melahirkan beberapa alumni ternama seperti David Rockfeller, seorang bankir hebat Amerika. Selain itu ada Mick Jagger, aktor dan musisi berkebangsaan Inggris ini juga dikenal sebagai pengusaha hebat.

Dari daftar 10 kampus terbaik Eropa di atas, mana nih yang sudah masuk daftar impianmu? 

Baca Juga: 10 Ranking Universitas Terbaik 2019 di Australia, Ada Favoritmu Gak?

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima

Just For You