Comscore Tracker

Bahasa Mandarin Selamat Malam dan Contohnya, Ucapkan Sebelum Tidur

Cocok untuk kamu yang baru belajar

Bahasa Mandarin jadi salah satu bahasa yang banyak dipelajari oleh masyarakat Indonesia. Kamu juga bisa menambah bendahara kata Bahasa Mandarin, mulai dari kata sapaan hingga kosakata waktu. 

Kamu udah tahu belum apa Bahasa Mandarin dari kata "Selamat Malam"? Kalau belum tahu, yuk, simak dalam artikel di bawah ini!

1. Ucapan selamat malam sebelum tidur

Bahasa Mandarin Selamat Malam dan Contohnya, Ucapkan Sebelum TidurIlustrasi Bahasa Mandarin. (unsplash.com/Henry Co)

Dalam Bahasa Mandarin, wan an (晚安) berarti selamat malam. Wan an terdiri dari dua kata, yakni "Wan" yang punya arti malam sementara "An" berarti kedamaian atau keselamatan. 

Jadi, kamu bisa katakan wan an sebelum tidur kepada pasangan maupun keluargamu. Misalnya, "Aku akan tidur, selamat malam!" dalam Bahasa Mandarin kamu bisa katakan, "Wǒ yào shuìjiàole, wǎn'ān!". 

2. Kata lain dalam Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin Selamat Malam dan Contohnya, Ucapkan Sebelum TidurIlustrasi keramaian saat festival lampion diadakan untuk menyambut tahun baru Imlek. unsplash.com/haqim osman

Gak hanya saat malam hari, kamu juga bisa sapa teman atau keluarga kamu di waktu yang lain. Nah, udah tahu belum Bahasa Mandarin untuk selamat pagi atau selamat siang?

Jangan sampai tertukar dengan sapaan waktu yang lain, ya! Selamat pagi bisa kamu katakan zao An (早安), sementara kalau selamat siang Bahasa Mandarinnya wǔ ān (午安). Meskipun terdengar mirip, jangan sampai salah mengucapkan, ya!

3. Selamat Malam sebagai salam perpisahan

Bahasa Mandarin Selamat Malam dan Contohnya, Ucapkan Sebelum TidurIlustrasi Imlek. IDN Times/Reza Iqbal

Wan An jadi kata yang bisa kamu ucapkan kepada orang lain sebelum tidur. Sementara kalau kamu ingin mengucapkan selamat malam sebagai bentuk perpisahan, kamu bisa katakan wǎn shàng hǎo (晚上好).

Nah, jangan sampai salah mengucapkan ya antara Wan An dan Wan Shang Hao. Kalau kamu hendak berpisah dengan teman katakan Wan Shang Hao, sementara kalau ingin memberi ucapan sebelum tidur, katakan Wan An.

Baca Juga: Ini Arti Ucapan "Gong Xi Fa Cai", Ternyata Bukan Selamat Tahun Baru

4. Balasan untuk Wan Shang Hao

Bahasa Mandarin Selamat Malam dan Contohnya, Ucapkan Sebelum Tidurilustrasi imlek (pixabay.com/boloamoinhat)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Wan Shang Hao dikatakan sebagai salam perpisahan pada malam hari. Lalu, apa yang harus kamu katakan jika teman atau keluargamu mengatakan Wan Shang Hao sebelum pergi?

Jika ada yang memberikan salam perpisahan dengan mengatakan Wan Shang Hao, kamu bisa balas dengan kata yang sama, yakni Wan Shang Hao. Nah, mudah kan kata balasannya?

5. Kata sapaan dalam Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin Selamat Malam dan Contohnya, Ucapkan Sebelum Tidurilustrasi imlek (IDN Times/ Masdalena Napitupulu)

Gak hanya selamat malam, kamu juga bisa pelajari beberapa kata sapaan yang umum digunakan dalam Bahasa Mandarin. Seperti "Halo" dalam Bahasa Mandarin berarti nǐ hǎo (你好) dan "Terimakasih" yang berarti xièxiè (谢谢).

Kedua kalimat tersebut bisa kamu ucapkan saat bertemu dengan teman baru atau rekan kerja. Dua kata dasar tersebut akan sangat membantu kamu untuk berbicara dengan orang yang Berbahasa Mandarin. 

Nah itu tadi hal-hal yang perlu kamu ketahui dari Bahasa Mandarin. Tak hanya selamat malam, ada berbagai kata yang bisa kamu pelajari juga, ya!

Baca Juga: 15 Kata Bahasa Inggris Ini Bertemakan Imlek lho, Sudah Tahu Belum?

Topic:

  • Dina Fadillah Salma
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya