Comscore Tracker

Ini Arti Ucapan "Gong Xi Fa Cai", Ternyata Bukan Selamat Tahun Baru

Sudah tahu belum?

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada hari Selasa (5/2) ini adalah perayaan penting bagi etnis Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan Imlek jatuh pada hari pertama di bulan pertama penanggalan Tionghoa.

Rangkaian acaranya berlangsung selama 15 hari, ditutup dengan Cap Go Meh yang bertepatan dengan bulan purnama.

Tiap menjelang Imlek, pasti sering mendengar kalimat “Gong Xi Fa Cai” kan? Mayoritas orang Indonesia menganggap Gong Xi Fa Cai sama artinya dengan selamat tahun baru. Ternyata bukan lho, nah ini arti Gong Xi Fa Cai yang sebenarnya, penasaran gak?

1. “Gong Xi Fa Cai” berarti sebuah doa agar kekayaan makin berlimpah

Ini Arti Ucapan Gong Xi Fa Cai, Ternyata Bukan Selamat Tahun Baruuft.org

Jelang perayaan Imlek, dekorasi serba merah dan pernak-pernik khasnya makin mudah ditemui. Selain itu, tulisan “Gong Xi Fa Cai” juga tersebar di mana-mana. Gak heran banyak yang menyangka arti Gong Xi Fa Cai adalah selamat tahun baru.

Padahal secara harfiah, arti Gong Xi Fa Cai adalah semoga mendapat kekayaan yang makin melimpah. Doa dan pengharapan yang biasa disampaikan orang Tionghoa untuk dirinya sendiri atau kerabat.

2. Ucapan “Gong Xi Fa Cai” lebih populer di Indonesia

Ini Arti Ucapan Gong Xi Fa Cai, Ternyata Bukan Selamat Tahun BaruPixabay/gregorypalmer

Ucapan Gong Xi Fa Cai menjadi populer karena mayoritas etnis Tionghoa di Indonesia berprofesi sebagai pebisnis. Mereka saling mendoakan dengan kerabat dan sanak saudara agar bisnis yang dijalani makin sukses.

Orang-orang zaman dulu salah sangka dengan ucapan ini, hanya karena lebih sering terdengar dibanding kalimat selamat tahun baru itu sendiri.

Baca Juga: Rilis Menu Baru, Zangrandi Ice Cream Bikin Momen Imlek Makin Istimewa

3. “Xin Nian Kuai Le” adalah ucapan “Selamat Tahun Baru” yang asli

Ini Arti Ucapan Gong Xi Fa Cai, Ternyata Bukan Selamat Tahun Barukentonline.co.uk

Kalau ingin mengucapkan selamat tahun baru, maka “Xin Nian Kuai Le” yang lebih tepat. Secara harfiah, kalimat inilah yang memiliki arti selamat tahun baru. Kalau dalam Bahasa Kanton biasa diucapkan sebagai Sun Leen Fai Lok.

Terlepas dari artinya yang kurang sesuai, gak ada salahnya lho tetap mengucapkan Gong Xi Fa Cai pada orang-orang yang merayakan Imlek. Kesuksesan dan kekayaan yang lebih melimpah juga termasuk doa baik kan?

Selamat Tahun Baru Imlek ya, bagi kamu yang merayakan!

Baca Juga: Rayakan Imlek, Ada 500 Lampion Vihara Cemara Asri Medan

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya