Comscore Tracker

7 Novel Bahasa Inggris Terbitan 2022 yang  Populer di Media Sosial

Didominasi genre romantis!

Beda dengan kebanyakan produk komersial lain, buku biasanya menemukan momentum lewat mekanisme pemasaran earned media. Istilah tersebut merujuk pada kegiatan publikasi yang tidak dikelola langsung oleh pengelola bisnis. Pemasaran ini bebas biaya karena murni dilakukan oleh pengguna atau konsumen yang secara sukarela memberikan penilaian dan ulasan objektif tentang satu produk.

Mereka biasanya dikenal dengan istilah booktuber, bookstagram, atau booktoker, semacam vlogger dan influencer yang fokus membahas buku di platform tertentu. Komunitas ini tumbuh subur, mereka bahkan sering jadi jujukan untuk penggemar buku yang butuh rekomendasi bacaan baru. Pada paruh pertama tahun 2022 saja sudah ada beberapa buku yang mencuri perhatian media sosial. Berikut setidaknya tujuh judul yang bisa kamu tengok.

1. Reminders of Him

7 Novel Bahasa Inggris Terbitan 2022 yang  Populer di Media Sosialnovel Reminders of Him (instagram.com/jaileahsreadingspace)

Reminders of Him adalah novel karangan penulis kondang Colleen Hoover yang rilis Januari 2022 lalu. Ia mengikuti kehidupan Kenna, seorang ibu tunggal yang harus terpisah dari putri kecilnya guna menjalani hukuman kurungan. Upayanya untuk kembali menata hidupnya terhalang banyak hal mengingat semua orang di sekitar Kenna memandangnya dengan sinis. 

Novel ini bergenre drama romantis dengan alur cerita yang mengharukan. Novel ini rumit, penuh intrik, tetapi sukses bikin menyentuh hati para pembacanya. Ini kesekian kalinya novel Colleen Hoover meraih label bestseller. Sebelumnya ia juga pernah sukses lewat buku It Ends With Us pada 2016.

2. Malibu Rising 

7 Novel Bahasa Inggris Terbitan 2022 yang  Populer di Media Sosialnovel Malibu Rising (instagram.com/bookswithtasha_)

Novel populer lainnya datang dari Taylor Jenkins Reid. Sang novelis sempat melejit lewat novel Seven Husbands of Evelyn Hugo. Pada 2022, ia kembali dengan Malibu Rising. Masih bergenre drama domestik, kali ini Reid mengangkat kisah empat saudara yang berasal dari keluarga terpandang. 

Kempatnya sepakat mengadakan sebuah pesta besar pada satu malam. Mirisnya, pesta tersebut mengubah hidup mereka secara drastis. Novel ini cocok buat kamu yang menggemari kisah intrik dan rahasia keluarga dan mengingatkanmu pada novel We Were Liars.

3. One Italian Summer 

7 Novel Bahasa Inggris Terbitan 2022 yang  Populer di Media Sosialnovel One Italian Summer (instagram.com/jennalillianreads)

Bergenre drama keluarga dengan sentuhan magical realism, kamu akan mengikuti perjalanan magis Katy. Ia baru saja kehilangan sang ibu, Carol, dan terpaksa pergi liburan sendiri menggunakan tiket yang sudah mereka pesan jauh-jauh hari ke sebuah kota di Italia.

Masih diliputi rasa duka, Katy tanpa sengaja bertemu dengan sosok Carol yang segar bugar dan berusia 30 tahun. Meski sulit dipercaya, Katy dan Carol menghabiskan waktu bersama untuk mengenal satu sama lain.

4. Black Cake 

7 Novel Bahasa Inggris Terbitan 2022 yang  Populer di Media Sosialnovel Black Cake (instagram.com/ramblin_rose_reads)

Eleanor Bennet meninggal dan mewariskan sebuah rekaman suara serta resep kue pada dua putranya, Byron dan Benny. Bingung dengan warisan sang ibu, perlahan kedua saudara ini terjerembab dalam rasa penasaran. Rahasia apa yang disimpan sang ibu selama ini?

Black Cake adalah novel debut Charmaine Wilkerson yang terbit pada Februari 2022 lalu. Ia pas untuk penyuka genre fiksi sejarah, family saga, dan misteri.

Baca Juga: 5 Tips mulai Membaca Novel Bahasa Inggris, Jangan Takut!

5. Book Lovers

7 Novel Bahasa Inggris Terbitan 2022 yang  Populer di Media Sosialnovel Book Reads (instagram.com/mikaelareads23)

Mengantongi skor tinggi dari mayoritas pembaca, Book Lovers merupakan karya brilian dari novelis Inggris, Emily Henry. Sebelumnya, ia sudah pernah menerbitkan The Beach Read dan People We Met On Vacation yang tak kalah sukses. 

Kali ini, Henry memilih dua lakon bernama Nora dan Charlie. Keduanya sebenarnya sudah saling tahu dan mengenal, tetapi justru baru menemukan chemistry saat sama-sama dinas di luar kota. Buku ini masuk genre chick-lit dan modern-relationship.

6. Lapvona

7 Novel Bahasa Inggris Terbitan 2022 yang  Populer di Media Sosialnovel Lapvona (instagram.com/bookandchapter)

Buat kamu yang rajin mengecek media sosial mungkin sudah tak asing dengan sosok Ottessa Moshfegh. Belakangan buku-bukunya memang digemari terutama sejak My Year of Rest and Relaxation viral ketika pandemi. 

Pada pertengahan 2022, ia kembali menghebohkan dunia dengan merilis novel quirky berjudul Lapvona. Novel berlatarkan pedesaan dengan karakter dan cerita yang nyeleneh ini siap bikin kamu tak habis pikir dengan ide-ide gila sang penulis.

7. Every Summer After 

7 Novel Bahasa Inggris Terbitan 2022 yang  Populer di Media Sosialnovel Every Summer After (instagram.com/mybffreads)

Every Summer After cocok buat yang sedang berburu novel romantis nan manis. Ia mengikuti perjalanan cinta Percy dan Sam. Keduanya berkawan sejak usia 13 tahun, tetapi harus berpisah ketika beranjak dewasa. 

Lama tak jumpa, Percy dan Sam dipertemukan kembali saat ibu Sam wafat. Kilas balik hubungan mereka pun diungkap perlahan di tiap lembar buku ini.

 

Ada yang debut, ada pula yang sudah karya kesekian. Semuanya punya plus dan minusnya sendiri. Silakan pilih sesuai dengan genre favorit dan suasana hatimu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Novel yang Kritik Kapitalisme dan Hustle Culture

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya