Comscore Tracker

6 Rekomendasi Buku buat Kamu Si Pencinta Alam dan Penyayang Hewan 

Mulai dari yang fiksi sampai nonfiksi

Kamu sedang tertarik dengan isu lingkungan dan konservasi alam? Tuntaskan rasa penasaranmu dengan membaca lebih banyak buku yang angkat konsep naturalisme, deh.

Banyak buku tentang isu lingkungan dan konservasi alam, mulai dari nonfiksi sampai yang fiksi. Bahkan ada yang bisa dibaca segala usia, jadi cocok untuk pembaca pemula atau anak-anak.

Beberapa juga sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia, berikut rekomendasi buku buat kamu si pencinta alam dan penyayang hewan. Bikin kamu tenggelam dalam kisahnya, lho!

1. My Family and Other Animals 

6 Rekomendasi Buku buat Kamu Si Pencinta Alam dan Penyayang Hewan buku My Family and Other Animals (instagram.com/booksnest)

Sebagai awalan, kamu bisa mencoba buku nonfiksi karya Gerald Durell. Buku ini terbit perdana pada 1956 sebagai autobiografi sang penulis tentang keputusan orangtuanya pindah dari Inggris ke sebuah pulau bernama Corfu di teritori Yunani. 

Ia mengingat masa-masa indah dan kocak yang ia jalani di Corfu bersama keluarganya. Termasuk hal-hal yang kemudian memotivasinya menjadi seorang naturalis. Buku ini bisa dibaca segala usia, bahkan anak-anak akan menikmatinya. 

2. The Sixth Extinction: An Unnatural History 

6 Rekomendasi Buku buat Kamu Si Pencinta Alam dan Penyayang Hewan buku The Sixth Extinction (instagram.com/dashiecooray)

Sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, The Sixth Extinction adalah eksplorasi ilmiah tentang teori kepunahan keenam yang mengancam ekosistem. 

Kolbert lewat struktur yang unik dan penuh dengan bukti-bukti menyakinkan, pandangan ahli, dan pengalaman empirik. Semuanya siap membuatmu tak bisa tidur memikirkan masa depan bumi yang terus dieksploitasi. 

3. Entangled Life: How Fungi Make Our Worlds, Change Our Minds & Shape Our Futures 

6 Rekomendasi Buku buat Kamu Si Pencinta Alam dan Penyayang Hewan buku Entangled Life (instagram.com/erinbull_reads)

Jamur adalah organisme yang cukup diremehkan. Mereka ada di mana-mana, tetapi punya banyak sisi. Bisa dianggap parasit, tetapi bisa juga jadi bahan makanan yang menyelamatkan umat manusia. 

Di sinilah kamu bisa membaca lebih jauh tentang fakta menarik jamur yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Semua sudah ditulis rapi oleh Sheldrake untuk kamu cerna. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku yang Membuat Introver Lebih Mengenal Diri Sendiri

4. Remarkably Bright Creatures

6 Rekomendasi Buku buat Kamu Si Pencinta Alam dan Penyayang Hewan novel Remarkably Bright Creatures (instagram.com/mers_library)

Tak hanya buku nonfiksi, banyak karya fiksi yang membahas isu lingkungan dan hewan. Salah satunya Remarkably Bright Creatures yang mengangkat cerita persahabatan seorang pegawai wahana wisata akuarium dengan sesosok gurita.

Kisahnya ditulis lewat tiga sudut pandang yang berbeda. Heartwarming dan bikin jatuh cinta sejak halaman pertama. 

5. Migrations 

6 Rekomendasi Buku buat Kamu Si Pencinta Alam dan Penyayang Hewan novel Migrations (instagram.com/_josiereads)

Migrations tidak punya latar waktu yang jelas, mirip dengan distopia. Franny, sang lakon, tinggal ketika hampir semua hewan di dunia punah karena perubahan iklim. Bersama tim risetnya, ia berkelana untuk mencari jejak burung laut terakhir di Antartika. 

Tak hanya kisah penjelajahan Franny menemukan spesies langka ini, kamu akan diajak menyelam ke dalam benak terdalam dan memori sang lakon. Setelah sukses dengan Migrations, McConaghy merilis Once There Were Wolves yang masih bertema lingkungan. 

6. The Man with the Compound Eyes 

6 Rekomendasi Buku buat Kamu Si Pencinta Alam dan Penyayang Hewan novel The Man with Compound Eyes (instagram.com/shelf.abroad)

Novel ini sebenarnya adalah analisa rasa duka, kehilangan, dan kesehatan mental yang dibalur isu konservasi alam. Pembaca akan mengikuti kehidupan Atile'i yang harus menjadi tumbal dari ritual budaya di pulau tempatnya tinggal, Wayo-Wayo. 

Namun, ia menolak untuk menyerah dan berusaha menyelamatkan diri. Ketika berjibaku dengan hidupnya, ia bertemu dengan seorang perempuan paruh baya yang berniat mengakhiri hidup usai kehilangan putranya. Namun, niatnya diinterupsi banjir sampah yang menghampiri rumahnya dan membawa Atile'i. Aneh, tetapi unik dan menyentuh. 

Sudah ada enam buku nonfiksi dan novel bertema konservasi lingkungan yang bisa mengakomodasi kebutuhan para pencinta alam dan penyayang hewan. Bisa juga kamu jadikan kado untuk orang terkasih, lho. Mau baca yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Alasan Harus Membeli Buku Orisinal dan Stop Buku Bajakan 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya