Comscore Tracker

5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Diunduh Pecinta Buku

#EdFunFact: Ayo, buruan unduh aplikasinya di ponsel kalian

Bagi kalian yang hobi baca novel tapi tak punya badget lebih untuk membelinya di toko buku, kini tak perlu khawatir. Sekarang ini sudah banyak aplikasi-aplikasi di Play Store atau Apple Store yang menyediakan ribuan buku gratis untuk dibaca. Tak hanya novel tetapi juga buku-buku referensi kuliah untuk para mahasiswa. Wah, menarik bukan. Selain gratis, kita juga dapat membacanya dimana pun dan kapan pun. Lalu apa saja sih aplikasi-aplikasi tersebut? Yuk, simak!

 

1. iPusnas

5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Diunduh Pecinta Bukupopsci.com

Dengan aplikasi buatan Perpustakaan Nasional ini, kalian tak perlu lagi datang ke perpustakaan. Karena di sini kalian bisa menemukan banyak koleksi buku seperti layaknya kalian mencari buku di perpustakaan. Ada puluhan kategori buku mulai dari  budaya, kuliner, kesehatan, pendidikan hingga motivasi.

Novel dari penulis terkenal seperti Tere Liye pun bisa kalian jumpai di sini. Kalian perlu registrasi terlebih dahulu agar dapat meminjam buku. Untuk membacanya, gunakan fitur e-reader yang ada pada aplikasi. Setiap hari, kalian dapat meminjam maksimal 3 buah buku. Menarik bukan?

 

2. Wattpad

5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Diunduh Pecinta Bukuadspark.ph

Bagi kalian pencinta novel pasti tidak asing dengan aplikasi buatan negara Kanada ini. Ribuan novel mulai dari genre horor, romansa hingga sci-fi ada di sini.  Tak hanya membaca novel-novel kalian juga bisa menulis novel karya kalian sendiri loh. Dengan fitur create, kalian bisa membagikan cerita hasil kreasi kalian ke sesama pengguna aplikasi lainnya. Tak jarang banyak penulis terkenal yang berawal dari menulis di Wattpad. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan dengan koneksi internet saja.

 

3. iJakarta

5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Diunduh Pecinta Bukuid.techinasia.com

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yaitu iJakarta pada Oktober 2015 yang lalu. Peluncuran aplikasi ini mendapat dukungan dari berbagai penerbit buku seperti Gramedia, Mizan, Erlangga dan masih banyak lagi. Tampilan aplikasi ini hampir mirip dengan iPusnas. Kalian harus registrasi terlebih dahulu. Buku-buku yang ada di iJakarta bisa kalian pinjam  dengan batas waktu selama 4 hari. Setelah batas waktu peminjaman habis, buku secara otomatis akan dikembalikan.

 

4. Novel Nusantara

5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Diunduh Pecinta Bukuarchive.is

Aplikasi selanjutnya yang bisa kalian unduh yaitu Novel Nusantara. Tampilannya yang sederhana sehingga mudah digunakan. Kalian dapat menemukan koleksi novel dari penulis-penulis lokal dengan genre yang beragam. Selain itu, ada yang unik pada aplikasi ini. Aplikasi ini menerapkan sistem level yang didapatkan pembaca ketika sudah membaca banyak novel. Jika sudah mencapai level tertentu, kalian akan mendapatkan 'martabak' loh. Bukan makanan namun 'martabak' ini adalah semacam alat yang dapat digunakan untuk memberikan rating kepada para penulis yang kalian sukai.

 

5. Amazon Kindle

5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Diunduh Pecinta Bukutechgiri.com

Aplikasi ini wajib dimiliki, bila kalian menyukai novel-novel klasik seperti Pride and Prejudice. Tak perlu khawatir karena Amazon Kindle sudah dilengkapi dengan kamus, Google serta Wikipedia Kindle sehingga memudahkan pengguna mencari kosakata yang sulit dipahami. Dengan menekan dan menahan lama kata yang dipilih, maka akan keluar definisi atau penjelasan dari Google atau Wikipedia. Selain itu, Kindle juga menyediakan fitur dimana para pengguna dapat meminjam novel digital di perpustakaan terdekat.

Nah, sudah tahu kan? Siap download?

 

dwi lestari Photo Verified Writer dwi lestari

Masih newbie dalam hal tulis menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You