Comscore Tracker

5 Brain Hacks yang Dapat Membuat Kamu Lebih Pintar, yuk Dicoba!

Jadi lebih mudah belajar!

Orang yang pintar identik dengan orang yang berprestasi di bidang akademik, karier, berwawasan luas, cepat belajar, dan banyak hal positif lainnya yang terkait dengan otak. Untuk menjadi lebih pintar, tidak selalu berkaitan dengan mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kepintaran dapat ditingkatkan, salah satunya dengan brain hacks. Brain hacks adalah praktik membawa otak dan kapasitasnya ke tingkat yang lebih tinggi dan ini tidak selalu berhubungan dengan belajar.

Berikut ini akan dibahas kumpulan brain hacks penting dari laman Lifehack dan Neuro, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otak dan membuat kamu menjadi lebih pintar.

1. Menutrisi otak

5 Brain Hacks yang Dapat Membuat Kamu Lebih Pintar, yuk Dicoba!ilustrasi ikan (pixabay.com/bigtorica)

Memberikan nutrisi adalah hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk menjaga fungsi otak. Sama seperti bagian lain dari tubuh yang membutuhkan nutrisi agar dapat berfungsi secara maksimal, otak juga demikian.

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan otak adalah asam lemak, terutama Omega 3 untuk meningkatkan fungsi kognitif. Jadi, pastikan kamu mendapatkan pasokan asam lemak yang baik dengan meningkatkan asupan makanan sumber asam lemak, seperti almon, daging sapi, dan semua jenis ikan. Ini semua menjadi bahan bakar bagi otak untuk berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Atur ulang jam sirkadian

5 Brain Hacks yang Dapat Membuat Kamu Lebih Pintar, yuk Dicoba!ilustrasi tidur (unsplash.com/Tania Mousinho)

Banyak orang tidak mendapatkan tidur yang cukup dan alasan besar dari hal ini adalah cahaya buatan dan minuman berenergi yang memengaruhi jam sirkadian tubuh. Jam sirkadian adalah mekanisme internal yang mengatur pola tidur dan bangun. Jam sirkadian dapat menjadi kacau karena kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Namun, ini juga dapat diatur ulang dengan meningkatkan waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari, mengurangi kafein, dan membatasi gula dari makanan.

Dengan menyelaraskan kembali jam alami, kamu dapat memulai hari dengan perasaan semangat, otak yang berfungsi maksimal sepanjang hari, dan kemudian tertidur nyenyak di penghujung hari. Cara lain untuk mendapatkan istirahat yang lebih baik adalah dengan mematikan TV, lampu, dan perangkat seluler setidaknya satu jam sebelum tidur.

Baca Juga: Ketahui 6 Gangguan Tidur Ritme Sirkadian yang Bisa Kamu Alami

3. Belajar membaca cepat

5 Brain Hacks yang Dapat Membuat Kamu Lebih Pintar, yuk Dicoba!ilustrasi membaca buku (pexels.com/John Ray Ebora)

Pengetahuan dapat menjadi kekuatan. Namun, ada begitu banyak informasi di luar sana, bagaimana kamu bisa mendapatkannya sebanyak mungkin? Jawabannya adalah dengan teknik membaca cepat. Bagi kebanyakan orang, belajar membaca cepat bisa sangat mengubah hidup.

Membaca cepat cukup mudah dipelajari dan memungkinkan kamu menyimpan lebih banyak informasi dengan kecepatan tinggi. Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik detail akan melekat pada memori untuk aplikasi saat dibutuhkan. Untuk banyak orang, membaca cepat adalah langkah pertama terbaik untuk fungsi otak yang lebih baik.

4. Mengulang

5 Brain Hacks yang Dapat Membuat Kamu Lebih Pintar, yuk Dicoba!ilustrasi membaca buku di atas kasur (pexels.com/Monstera)

Begini teorinya: saat kamu melakukan sesuatu cukup lama, itu akan menjadi kebiasaan. Jadi, kamu perlu melakukan sesuatu yang sama setiap harinya untuk meningkatkan fungsi dan kapasitas otak.

Misalnya, setiap pagi atau sebelum tidur, kamu membaca situs favorit yang memberikan manfaat, seperti situs berita, teknologi, sains, kesehatan, dan sebagainya. Tindakan berulang ini memberi kamu informasi baru setiap harinya dan memberikan manfaat yang tak terhingga.

5. Gunakan pena dan kertas untuk menulis

5 Brain Hacks yang Dapat Membuat Kamu Lebih Pintar, yuk Dicoba!ilustrasi menulis catatan (unsplash.com/Luke Southern)

Dibanding mengetik dengan laptop atau HP, kamu perlu mulai membiasakan menulis sesuatu dengan pena dan kertas. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang dapat mengingat lebih banyak hal dengan lebih baik jika menuliskannya dibandingkan jika mencatatnya di HP.

Koneksi otak dan tubuh menjadi lebih kuat ketika kamu mengambil tindakan menuliskan pikiran dengan tanganmu sendiri. Jadi, mulai sekarang, biasakan untuk membawa alat tulis ke mana pun dan gunakan untuk mencatat apa pun yang kamu bisa.

 

Lewat brain hacks ini, kamu dapat menggunakan otak secara maksimal dan dapat membuat kamu lebih pintar beberapa tingkat. Jadi, selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Cara Asyik Meningkatkan Kerja Otak dengan Brain Gym, Simpel Banget!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya