Comscore Tracker

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitri

Belajar bahasa Inggris enggak sesulit yang dibayangkan

Gita Savitri Devi memang seorang YouTuber  sekaligus content creator yang banyak membagikan tentang cover lagu, opini, kritik, tips, hingga travel. Video yang dibagikan oleh Gita di channel YouTube pribadinya selalu memberi pembelajaran positif dan mengajarkan kita untuk bersikap toleransi serta berpikir kritis. Pantas saja jika influencer satu ini menjadi content creator berpengaruh masa kini. 

Konten yang pernah dibagikan Gita salah satunya adalah tips belajar bahasa Inggris. Buat kamu yang lagi bingung gimana sih cara belajar bahasa Inggris yang gampang dan pengen pinter berbahasa Inggris kayak Gita Savitri ini. Yuk, simak tips belajar bahasa Inggris dari Gita Savitri yang worth it banget. 

1. Bisa karena biasa

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitriinstagram.com/gitasav

Buat diri jadi familiar dengan bahasa Inggris. Contohnya dari kegiatan sehari-hari aja kita menyetting gadget ke bahasa Inggris. Nonton video apapun dalam bahasa Inggris, entah itu video YouTube atau film. 

Nonton video atau film tanpa subtitles bahasa Indonesia. Jika perlu, lebih baik pakai closed caption, dan pelajari berbagai aksen bahasa Inggris. 

2. Cari tempat les bahasa Inggris

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitriinstagram.com/gitasav

Gita Savitri menjelaskan,  belajar bahasa Inggris di tempat les itu sebenarnya enggak wajib, tapi lumayan bisa membantu. Dalam video yang diunggah di channel YouTube Gita Savitri Devi, ia menceritakan bahwa dirinya pernah tiga kali pindah tempat les bahasa Inggris.

Dari kedua tempat les sebelumnya Gita merasa masih belum puas terhadap kemampuan dia dalam bahasa Inggris, sehingga di tempat yang ketigalah Gita baru merasa puas dan memiliki keberanian untuk bicara bahasa Inggris karena ada native speaker langsung.

Gita menyebutkan jika pengaruhnya tersebut disebabkan oleh atmosfer dalam kelas tersebut lebih mendorong kita untuk berani ngomong bahasa Inggris, dan jika salah pun kita akan dikoreksi secara manusiawi tanpa menyalahkan, serta pengaruh teman yang tidak mendiskriminasi. 

3. Manfaatkan internet untuk belajar bahasa Inggris gratis

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitriinstagram.com/gitasav

Manfaatkan sumber belajar bahasa Inggris di internet, entah itu website atau download ebook tentang belajar bahasa Inggris. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan sosial media kita untuk bejajar bahasa Inggris, seperti YouTube, Twitter, Instagram, dengar podcast luar negeri. 

Selanjutnya, akses website bahasa Inggris gratis, seperti learnenglish.british.council.org. Di website ini kalian akan mendapat tema kebutuhan kalian, seperti grammar, english for student, english for teacher, english fir bussiness. Learning app juga bisa membantu untuk belajar bahasa Inggris seperti Duolingo, Babbel, dan lain-lain. 

4. Belajar lewat buku

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitriinstagram.com/gitasav

Belajar lewat buku agar proses belajar lebih terstruktur. Ini buat kalian yang tipe belajarnya suka sistematis. Kalian bisa beli bukunya, boleh kalau mau, atau cari ebook dan pdf yang bisa dicari di internet secara gratis. 

Baca Juga: 5 Kiat Jitu agar Sukses Interview Kerja dalam Bahasa Inggris

5. Membaca berbagai artikel

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitriinstagram.com/gitasav

Baca artikel juga penting untuk meningkatkan reading comprehension kita. Karena reading comprehension bukan cuma terkait dengan penguasaan bahasa, tetapi juga functional literacy kita.

Karena bahkan orang Indonesia sendiri, native speaker ngomong bahasa Indonesia comprehension-nya itu masih zero. Karena mungkin dia tidak membiasakan baca, karena itu dia masih gampang terkena hoax. Oleh karena itu, membaca artikel bahasa Inggris itu penting buat mengasah critical thinking kita. 

6. Menulis dalam bahasa Inggris 

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitriinstagram.com/gitasav

Selanjutnya biasakan menulis dalam bahasa Inggris untuk melatih membuat struktur kalimat. Dalam bahasa Inggris ada yang namanya input sama output. Inputnya itu adalah kita mendengar, melihat, terus kita membaca.

Dan output-nya adalah kita menulis. Dengan menulis bahasa Inggris, kita juga bisa mengasah skill kita dalam building sentence dan itu penting banget cara membuat building sentence yang rapi. Karena kadang saat kita lagi berbicara dengan nulis itu beda. Meskipun itu kita bisa menulis caption foto di Instagram, nulis status di Twitter, menulis di blog, atau nulis diary. 

7. Pakai kamus Inggris-Inggris daripada Inggris-Indonesia

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitriinstagram.com/gitasav

Poin selanjutnya, kalau kalian mau mencari kata dalam kamus Inggris-Indonesia, Gita lebih menyarankan untuk pakai Inggris-Inggris. Kamus yang sering Gita Savitri pakai adalah dictionary.cambridge.org, menurut Gita penjelasannya mudah dicerna dan mereka suka memberikan sinonim-sinonim  maksud kata yang dicari. 

8. Jangan takut bicara bahasa Inggris

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitriinstagram.com/gitasav

Gita juga menjelaskan kunci agar bisa berbahasa Inggris adalah "jangan takut bicara bahasa Inggris".

"what you need to do is speak english everytime."

Coba ngomong sama diri sendiri pakai bahasa Inggris, minta teman untuk menjadi partner bicara, atau cari orang asing yang bisa diajak bicara bahasa Inggris. 

9. Kalo bisa, pergi ke luar negeri

Bisa Karena Biasa, 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Gita Savitriinstagram.com/gitasav

Nah, tips terakhir dari Gita yaitu, jika kalian mempunyai kesempatan, kalian bisa pergi ke luar negeri untuk melatih listening dan speaking. Menurut Gita, sebenarnya ada banyak banget benefit yang bisa didapatkan kalau kamu ke luar negeri.

"Survival kita buat berani ngomong bahasa Inggris akan keluar saat kita sadar, kita itu harus survive."

Oleh karena itu, saat dalam keadaan survive kita akan dipaksa untuk bisa mempertahan diri agar berani nanya tentang arah yang mau dituju atau tempat yang mau dikunjungi. Hal ini akan meminimalisir kita agar tidak nyasar saat berada di luar negeri. Malu bertanya sesat di jalan. 

Sekarang sudah tahu kan cara belajar bahasa Inggris yang mudah dengan memanfaatkan fasilitas yang kita punya. Itulah 9 tips belajar bahasa Inggris ala YouTuber Gita Savitri Devi. Keren kan tips dari Gita Savitri tadi? Selamat mencoba ya, readers

Baca Juga: 7 Cara Memaksimalkan Media Sosial untuk Belajar Bahasa Inggris

Erna Tresnawati Photo Verified Writer Erna Tresnawati

A simple person with complicated mind. || ig: @erna.tresna | Ernaissance

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya