Comscore Tracker

5 Alasan Ilmu sebagai Persiapan Bekal Melangkah ke Masa Depan

Karena sesuatu gak hanya diketahui, tapi juga harus dipahami

Ilmu adalah sebuah pengetahuan akan sesuatu hal. Ilmu bisa kamu dapatkan dengan terus belajar. Tak hanya melalui pendidikan formal saja, melainkan dari segala hal yang ada dan terjadi dalam hidup ini, juga bisa membuatmu semakin berilmu. Semakin banyak mengetahui dan memahami suatu bidang, maka kamu akan mampu menghadapi perubahan zaman dengan penuh kebijaksanaan.

Inilah sebabnya, mengapa ilmu sebagai persiapan bekal untukmu melangkah menuju masa depan yang indah. Perlu kamu ketahui, bahwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sebenarnya gak pernah lepas dari yang namanya ilmu. Hal tersebut karena setiap kegiatan yang kamu lakukan, pasti akan selalu membutuhkan pemahaman.

Nah, agar kamu gak hanya sekadar mengetahui ilmu saja, tapi juga mampu mengerti, serta memahami. Berikut ada beberapa alasan yang semakin meyakinkanmu bahwa ilmu memang menjadi sebuah persiapan menuju masa depan.

1. Semakin berilmu, semakin mampu membedakan sesuatu hal 

5 Alasan Ilmu sebagai Persiapan Bekal Melangkah ke Masa Depanilustrasi berpikir (pexels.com/Sora Shimazaki)

Kehidupan ini sangat bermacam-macam isinya, mulai dari karakter manusianya hingga aktivitas yang dijalaninya, bahkan pola pikir saja bisa berbeda. Maka dari itu, penting sekali untukmu memiliki ilmu. Tanpa ilmu, kamu akan mudah sekali tergerus oleh segala hal yang ada, termasuk perihal perbedaan.

Seseorang yang memiliki ilmu, dia akan mampu membedakan sesuatu, baik yang benar maupun yang salah. Dengan ini, kamu dapat mengerti dan memahami sebuah tindakan maupun respons yang diberikan orang lain. Sangat bermanfaat baik bagi kehidupan, karena kamu gak akan mudah terjebak dalam keraguan serta ketidaktahuan.

2. Meningkatkan kualitas hidup 

5 Alasan Ilmu sebagai Persiapan Bekal Melangkah ke Masa Depanilustrasi belajar untuk meningkatkan kualitas (pexels.com/cottonbro)

Tingkatan kualitas diri dan hidup yang dijalani, itu bisa kamu dapatkan dengan selalu menambah ilmu dan pengetahuan. Selalu saja ada yang baru dari sebuah ilmu, meski hanya mempelajari satu bidang saja, akan semakin memperluas wawasanmu akan hal tersebut. Wawasan menjadi hal yang perlu untuk menuju kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Semakin luas wawasanmu, maka menghadapi perkembangan zaman yang begitu pesat ini, kamu gak akan terombang-ambing oleh keadaan. Inilah yang mampu membuatmu bertahan di tengah persaingan. Teruslah tingkatkan ilmu pengetahuanmu, supaya kualitas hidupmu juga bisa semakin meningkat.

Baca Juga: Gen Z Harus Tahu! 5 Potensi Besar Dibalik Jurusan Ilmu Pertanian

3. Lebih berharga dari harta yang kamu punya 

5 Alasan Ilmu sebagai Persiapan Bekal Melangkah ke Masa Depanilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Seseorang yang memiliki harta banyak, itu akan sia-sia saja, jika dirinya tak memiliki ilmu untuk menggunakan hartanya secara bijak. Bahkan, harta yang kamu miliki bisa semakin berkurang, hingga habis-habisan nantinya. Inilah alasannya, mengapa ilmu disebut sebagai persiapan bekal di masa depan.

Kekayaan itu gak akan mampu membuatmu bertahan dalam keadaan tertentu. Akan tetapi, dengan memiliki ilmu pengetahuan, serta wawasan, kamu akan mendapatkan kekuatan untuk berupaya menghasilkan kekayaan yang berkelanjutan dan pastinya bisa untuk jangka panjang. Semakin paham, kan bahwa ilmu itu penting dan lebih berharga daripada harta.

4. Mendorongmu untuk semakin maju dengan penuh kepercayaan diri 

5 Alasan Ilmu sebagai Persiapan Bekal Melangkah ke Masa Depanilustrasi percaya dengan kemampuan diri (pexels.com/Alena Darmel)

Dalam kehidupan sehari-hari, ilmu juga memiliki peran yang penting, terlebih bagi perkembangan dan kemajuan hidupmu. Berbagai kesuksesan dan keberhasilan yang selama ini kamu raih, itu gak terlepas dari ilmu yang kamu ketahui dan pahami. Inilah mengapa, kamu perlu menyadari sejak dini bahwa menuntut ilmu jangan pernah sampai terhenti.

Semakin kamu tahu dan paham akan sebuah bidang, pasti kepercayaan dirimu akan semakin meningkat, saat sedang bekerja dalam bidang yang kamu tekuni. Kamu menjadi lebih terarahkan dan selalu mampu menemukan solusi dari setiap permasalahan yang terjadi. Ini jelas akan mendorongmu untuk semakin maju dengan rasa percaya diri yang tinggi.

5. Menjadikanmu pribadi yang penuh kebijaksaan 

5 Alasan Ilmu sebagai Persiapan Bekal Melangkah ke Masa Depanilustrasi orang yang penuh kebijaksaan (pexels.com/ELEVATE)

Dalam menjalani kehidupan, baik saat berkarier, bersosialisasi, bahkan hingga menjalin hubungan asmara, pasti akan ada waktunya untukmu mengambil sebuah keputusan. Bagi kamu yang berilmu, kamu gak akan memutuskan sesuatu tanpa mempertimbangkannya terlebih dulu.

Nah, inilah alasan berikutnya mengapa ilmu itu disebut sebagai bekalmu melangkah menuju masa depan. Semakin berilmu, maka kamu bisa semakin berpikir dewasa dan penuh dengan kebijaksaan, karena segala keputusan yang kamu ambil, selalu melalui tahap pertimbangan yang matang, di mana gak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Ilmu dapat membuatmu menjadi sosok yang lebih bijak dan waspada dalam segala hal, tanpa menunjukkan kecurigaan kepada siapa saja. Kamu akan mampu melihat dan menilai segala situasi, dan mampu berperilaku positif, tanpa menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain.

Sangat beralasan bukan, jika banyak orang menyebut ilmu sebagai bekal melangkah ke masa depan? Hal tersebut dikarenakan dalam hidup ini, manusia tak bisa menjalani hari tanpa ilmu. Hampir semua aspek dalam kehidupan membutuhkan ilmu pengetahuan, supaya ketika mendapatkan informasi, kamu gak hanya sekadar mengetahui, tapi juga mampu memahaminya.

Ketika kamu memahami sesuatu, maka hal ini juga dapat menghindarkanmu dari rasa kecewa yang berlebih. Apalagi meraih keberhasilan di masa depan, proses jatuh bangun pasti akan tetap ada. Dengan ilmu yang kamu punya, ketika kamu mengalami kegagalan, kamu gak akan terpuruk, karena kamu tahu bagaimana caranya untuk bangkit dan kembali melangkah. Yuk, semangat terus dalam menuntut ilmu, supaya bisa meraih masa depan sesuai harapan dan cita-citamu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Mengikuti Online Course, Tambah Ilmu!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya