Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud dengan Kolaborasi? Ini 5 Penjelasannya

Kolaborasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari

Kolaborasi merupakan sebuah kemampuan untuk bekerja sama dengan baik untuk mendapatkan satu tujuan bersama. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, setiap orang perlu memiliki kemampuan ini, baik dalam pekerjaan, pendidikan, kehidupan sosial, keluarga, maupun hubungan asmara.

Perkembangan zaman yang terus maju, menuntut setiap individu agar mampu berkolaborasi, apalagi jika memiliki tujuan untuk memecahkan sebuah masalah atau mengerjakan proyek tertentu. Namun, sebelum lebih jauh, apakah kamu sudah tahu tentang apa, sih kolaborasi itu? Berikut lima penjelasan dan fungsi dari kolaborasi.

1. Upaya bersama untuk memecahkan masalah 

Apa yang Dimaksud dengan Kolaborasi? Ini 5 Penjelasannyailustrasi orang sedang memecahkan suatu permasalahan (pexels.com/AlphaTradeZone)

Kolaborasi merupakan upaya yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk memecahkan suatu permasalahan. Diharapkan dengan adanya kerja sama yang baik, dapat menemukan solusi yang telah disepakati bersama, serta memiliki tujuan untuk kebaikan semua pihak.

Inilah yang menyebabkan kemampuan tersebut, sangat berfungsi jika digunakan dalam kegiatan pemecahan masalah. Seringlah berlatih untuk berdiskusi dengan orang lain. Jika kamu sudah terbiasa memecahkan masalah secara bersama, maka mudah untukmu beradaptasi dengan siapa saja, saat diharuskan untuk berkolaborasi.

2. Adanya komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang dalam kurun waktu tertentu 

Apa yang Dimaksud dengan Kolaborasi? Ini 5 Penjelasannyailustrasi menjalin komunikasi yang efektif (pexels.com/Jopwell)

Ketika, terjadi komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang dalam kurun waktu tertentu. Di mana proses komunikasi tersebut terjadi secara terus-menerus, itu yang dinamakan sebagai kolaborasi. Adanya kegiatan berinteraksi satu sama lain dalam sebuah lingkungan yang dijalin secara berkesinambungan.

Kolaborasi merupakan jenis kegiatan berinteraksi, karena dilakukan oleh beberapa orang. Komunikasi yang berjalan baik secara terus-menerus menunjukkan, bahwa kolaborasi yang dijalani sudah berhasil. Maka, ini juga berfungsi untuk membangun komunikasi efektif dengan banyak orang, dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: BTS Kolaborasi Bareng Anderson Paak hingga Squid Game Season 2 

3. Kegiatan bekerja sama untuk meraih tujuan yang sama 

Apa yang Dimaksud dengan Kolaborasi? Ini 5 Penjelasannyailustrasi orang bekerja sama (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Dalam lingkungan kerja, sekolah, maupun sosial, pasti akan selalu ada program-program untuk bisa mencapai tujuan tertentu, guna kebaikan bersama. Nah, kegiatan seperti itu disebut dengan kolaborasi, di mana semua pihak berusaha, agar timnya bisa meraih tujuan yang sama.

Kehidupan sosial merupakan aspek yang secara nyata sangat membutuhkan kemampuan ini. Terdapat kegiatan pembagian tugas bagi setiap anggotanya. Setiap orang wajib bertanggung jawab pada tugas yang diberikan kepadanya. Dengan begitu, kolaborasi juga berfungsi untuk melatih sikap disiplin dan tanggung jawab dalam diri.

4. Kemampuan melihat dan memahami berbagai sudut pandang secara bijak 

Apa yang Dimaksud dengan Kolaborasi? Ini 5 Penjelasannyailustrasi memahami sudut pandang orang lain secara bijaksana (pexels.com/fauxels)

Perbedaan sudut pandang dari masing-masing orang adalah hal yang wajar dan dibolehkan. Kemampuan seseorang dalam proses berpikir yang melibatkan dirinya melihat dan memahami sudut pandang berbeda, dengan penuh kebijaksanaan disebut dengan kolaborasi.

Berkolaborasi tak hanya terkait kegiatan bekerja sama dengan orang lain saja. Namun, juga terkait kemampuan bekerja sama dalam proses berpikir, di mana kamu perlu memandang berbagai sudut pandang, baik yang sama maupun yang berbeda dengan bijaksana. Sehingga, kemampuan ini berfungsi untuk menemukan solusi dari segala perbedaan yang ada.

5. Kemampuan menyesuaikan diri dengan kompetensi dan karakter orang lain 

Apa yang Dimaksud dengan Kolaborasi? Ini 5 Penjelasannyailustrasi tiga laki-laki sedang berdiskusi (pexels.com/Thirdman)

Kolaborasi juga merupakan sebuah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perbedaan kompetensi dan karakter orang lain. Tujuan diadakannya kolaborasi, pasti agar bisa mencapai satu tujuan yang sama sesuai waktu yang sudah tetapkan. Dalam sebuah kelompok, terdapat beberapa orang yang memiliki kompetensinya masing-masing, serta karakter diri yang berbeda juga.

Ketika, kamu mampu menyesuaikan diri dengan hal-hal tersebut, itu tandanya kamu telah berhasil dalam berkolaborasi. Semakin banyak perbedaan yang ada, jika kamu merasa nyaman dan minim kesalahpahaman saat sedang bekerja sama, maka kemampuan kolaborasimu sudah gak diragukan lagi. Teruslah latih dan kembangkan lagi, karena kolaborasi berfungsi menyatukan perbedaan dengan saling menumbuhkan kepercayaan dan menunjukkan rasa hormat satu sama lain.

Kegiatan membangun sebuah kelompok dalam pekerjaan, pendidikan atau lingkungan yang lainnya, alangkah baiknya jika semua orang mau mulai belajar kemampuan ini. Bukan tanpa alasan yang pasti, sebab berkolaborasi memang sangat dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Sejatinya, manusia adalah makhluk sosial yang akan saling membutuhkan. Maka, dari pernyataan tersebut, sudah cukup menjelaskan bahwa kolaborasi menjadi keterampilan penting untuk dimiliki. Menjalani hidup pun pasti ada saja masalah-masalah yang muncul. Nah, kolaborasi adalah salah satu kemampuan yang bisa diarahkan dan digunakan dalam hal pemecahan masalah.

Baca Juga: 8 Lagu Kolaborasi NCT Dream x Pinkfong, Ada Glitch Mode Versi Anak

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya