Comscore Tracker

5 Definisi Budaya Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya

Yuk, pelajari, sebab budaya selalu ada di kehidupan manusia

Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu, buddhayah yang memiliki arti budi atau akal. Oleh karena itu, budaya merupakan sesuatu yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Belajar tentang budaya sangat bermanfaat, lho. Hal tersebut dikarenakan budaya selalu ada dalam kehidupan manusia.

Mulai dari cara hidup manusia, cara bersosialisasi, hingga cara lainnya dalam menjalani kehidupan ini. Tertarik untuk semakin tahu, apa itu budaya? Berikut lima definisi budaya menurut para ahli, beserta dengan penjelasannya. Yuk, simak baik-baik, ya.

1. Koentjaraningrat 

5 Definisi Budaya Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannyailustrasi berpikir (pexels.com/SHVETS production)

Melansir Pengantar Antropologi Koentjaraningrat, budaya adalah hasil dari pemikiran manusia, bisa berupa karya, gagasan dan hal lainnya yang didapatkan dari proses belajar. Budaya merupakan sesuatu yang bisa dipelajari, serta bisa juga diturunkan dari generasi ke generasi.

Berdasarkan definisi tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa, segala hal yang dihasilkan atau diciptakan oleh manusia adalah budaya. Jadi, dapat dikatakan juga bahwa, budaya merupakan semua hal yang diciptakan oleh manusianya sendiri di dalam menjalani kehidupannya.

2. Edward Burnett Tylor 

5 Definisi Budaya Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannyailustrasi orang sedang berkumpul (pexels.com/mentatdgt)

Tokoh terkenal berikutnya yang mendefinisikan tentang budaya adalah Edward Burnett Tylor. Tylor juga dikenal sebagai Bapak Antropologi Budaya. Melansir Jurnal Kajian Kebudayaan Kistanto, menurut Tylor, budaya merupakan keseluruhan hal yang meliputi ilmu pengetahuan, kesenian, kepercayaan, adat istiadat, hukum, perilaku dan kebiasaan yang didapatkan oleh seseorang di mana dirinya sebagai anggota masyarakat.

Berdasarkan definisi tersebut, dapat dijelaskan bahwa, manusia dan budaya merupakan kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Hal itu dikarenakan, budaya adalah keseluruhan hal yang ada dalam kehidupan manusia.

Maka, di mana ada manusia, pasti di tempat tersebut ada budaya, serta sebaliknya juga sama. Begitu juga, ketika ditemukan benda-benda budaya kuno di suatu tempat, maka bisa dipastikan di tempat tersebut, pernah ada kehidupan manusia yang berkembang.

Baca Juga: Pencinta Seni dan Budaya Wajib Mampir ke 10 Museum di Bali Ini!

3. Ralph Linton 

5 Definisi Budaya Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannyailustrasi sedang berkomunikasi (pexels.com/Uriel Mont)

Pakar berikutnya yang mendefinisikan budaya adalah Ralph Linton. Melansir Jurnal Kajian Kebudayaan Kistanto, Profesor Antropologi pada Universitas Columbia tersebut, menyatakan bahwa budaya adalah sesuatu yang bisa dicapai melalui perilaku belajar, dan hasil belajar tersebut ditularkan dari satu orang ke yang lainnya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa budaya, mau berwujud seperti apa pun, itu merupakan tanggapan dari segala kejadian yang dialami manusia, dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Segala tingkah laku yang ditunjukkan oleh manusia, akan dipelajari.

Kemudian, hasil dari proses belajar tersebut akan diajarkan kepada orang lain, dan begitu seterusnya. Singkat kata, budaya adalah hasil karya dari manusia.

4. Clifford Geertz 

5 Definisi Budaya Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannyailustrasi orang saling menyapa (pexels.com/Kampus Production)

Definisi selanjutnya, dikemukakan oleh Clifford Geertz. Melansir Jurnal Sosiologi Agama Indonesia Riady, Geertz mendefinisikan budaya sebagai dokumen yang bersifat publik, sesuatu yang diciptakan oleh manusia, dan ditunjukkan melalui perilaku sosial.

Definisi tersebut menjelaskan bahwa komunikasi yang dijalankan oleh manusia menggunakan simbol-simbol. Dari simbol-simbol tersebut, manusia memperoleh berbagai makna, dan makna yang telah didapatkan membentuk sebuah budaya. Jadi, budaya merupakan aspek dalam kehidupan manusia yang bisa dipelajari dari cara berperilakunya, yang berdekatan dengan penggunaan simbol-simbol.

Dengan demikian, budaya juga menjadi sebuah sistem yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam bentuk simbol-simbol. Di mana dengan penggunaan simbol tersebut, manusia saling berkomunikasi dan belajar tentang sikap-sikap dalam menjalani hidup.

5. Goodenough 

5 Definisi Budaya Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannyailustrasi orang sedang berinteraksi (pexels.com/William Fortunato)

Definisi budaya berikutnya dikemukakan oleh Goodenough. Melansir Jurnal Humaniora Marzali, Goodenough mendefinisikan budaya sebagai sistem pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Sistem pengetahuan inilah yang digunakan manusia untuk berperilaku dan memahami tingkah laku dari orang lain.

Berdasarkan definisi tersebut, budaya memiliki sifat yang dinamis, sebab budaya bisa mengalami perubahan dari waktu ke waktu, serta bisa berkembang dari sebelumnya. Budaya juga digunakan oleh manusia dalam berinteraksi sosial.

Dari proses interaksi inilah, manusia bisa belajar budayanya sendiri maupun budaya dari masyarakat lain. Oleh karena itu, manusia juga sebenarnya bisa berperan dalam memodifikasi budaya dari hasil interaksi yang dilakukannya.

Itulah kelima definisi tentang budaya yang dikemukakan oleh para ahli, lengkap dengan penjelasannya, agar kamu bisa lebih mengerti dan memahami dalam mempelajarinya. Budaya adalah identitas bangsa, ciri dan fungsinya pun beragam. Namun, sebelum itu, ada baiknya kamu paham dulu terkait definisinya.

Budaya itu selalu ada di dalam kehidupan manusia. Inilah sebabnya, kamu perlu tahu tentang definisinya terlebih dulu. Sebab, budaya di setiap daerah itu berbeda. Setelah kamu mengetahui apa itu budaya, diharapkan dengan beberapa penjelasan tadi, kamu akan tahu, bagaimana cara berperilaku di suatu budaya tertentu.

Baca Juga: 5 Kuliner Betawi Hasil Akulturasi Budaya China, Rasanya Khas!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya