Comscore Tracker

5 Solusi Bijak saat Kamu Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah

Pikirkan lagi sebelum memutuskan pindah jurusan 

Apakah kamu merasa galau karena gak cocok dengan jurusan kuliah yang sudah kamu dan sedang dijalani? Lantas, kamu bingung dengan apa yang harus kamu lakukan?

Sebelum memutuskan untuk pindah jurusan, sebaiknya pikirkan lagi dulu. Cari tahu apa yang menyebabkan kamu merasa gak cocok setelah hampir setengah perjalanan mempelajari mata kuliah jurusanmu. Ada beberapa penyebab, seperti pilihan jurusan bukan keinginanmu sendiri, hanya ikut-ikutan teman atau untuk sekadar gengsi saja, dan bahkan bisa juga karena kamu belum terlalu mengenal diri kamu sendiri.

Nah, jika kamu sudah terlanjur mengalami beberapa hal tersebut. Jangan terburu-buru memutuskan sesuatu yang nantinya bisa membuatmu menyesal. Gak perlu bingung lagi, karena ada lima solusi berikut untuk kamu yang merasa salah memilih jurusan kuliah.

1. Pastikan lagi apakah kamu salah pilih jurusan atau hanya bosan 

5 Solusi Bijak saat Kamu Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliahilustrasi merenung (pexels.com/Armin Rimoldi)

Sebelum membuat kesimpulan bahwa kamu salah memilih jurusan kuliah. Sebaiknya, kamu cek lagi dan pastikan. Bisa jadi kamu hanya sekadar bosan dan gelisah karena belum bisa beradaptasi dengan materi yang dipelajari. Atau bisa juga belum terbiasa dengan lingkungan kampus yang mungkin baru untuk kamu.

Itu bisa menjadi faktor kamu merasa salah pilih jurusan. Jadi, yakinkan lagi diri kamu. Coba dengan cara mengikuti beberapa kegiatan yang bisa memberi dukungan dalam perkuliahan. Kemudian, seringlah berbaur dengan teman-teman di lingkungan kampus kamu.

2. Bergabunglah dengan organisasi yang sesuai minatmu 

5 Solusi Bijak saat Kamu Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliahilustrasi menari (pexels.com/Tim Gouw)

Coba cari tahu tentang beberapa organisasi atau kegiatan mahasiswa yang ada di kampus kamu. Jika ada organisasi kegiatan yang sesuai dengan minatmu, kamu sebaiknya ikut bergabung di dalamnya.

Misalnya, kamu adalah mahasiswa di fakultas ekonomi. Namun, kamu sangat tertarik dengan dunia seni tari. Kamu bisa bergabung dengan UKM bagian kesenian. Selain kamu akan belajar hal baru, kamu sudah pasti akan mendapatkan teman baru yang juga mempunyai minat sama seperti kamu.

3. Mencoba mengikuti program magang 

5 Solusi Bijak saat Kamu Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliahilustrasi karyawan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Untuk menambah ilmu yang bisa digunakan sebagai penunjang kariermu di masa depan, itu gak hanya dari ilmu yang kamu terima saat kuliah saja. Apabila kamu merasa salah memilih jurusan, kamu bisa mengikuti program magang. Coba saja bergabung sebagai karyawan magang yang sesuai dengan minatmu.

Mengikuti program magang di suatu perusahaan akan memberikanmu banyak pengalaman tentang dunia kerja. Kemudian, soft skill dan hard skill yang kamu miliki saat ini, pasti akan terus meningkat. Dan kamu pun juga akan mendapatkan penghasilan, lho.

Baca Juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lho

4. Gak perlu terburu-buru pindah jurusan, karena kamu bisa mengambil double degree 

5 Solusi Bijak saat Kamu Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliahilustrasi wisuda (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jika melihat kenyataan, sudah hampir setengah perjalanan lagi kuliahmu selesai. Nah, apakah kamu dalam kegelisahan yang seperti ini?

Tetap tenang, karena ada solusinya yaitu mengambil double degree. Kamu bisa mengambil jurusan kuliah yang sesuai dengan minatmu, tanpa harus keluar dari jurusan sebelumnya. Nantinya, setelah lulus kamu pun akan mendapatkan dua ijazah.

5. Cobalah mulai masuk ke dalam dunia kerja 

5 Solusi Bijak saat Kamu Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliahilustrasi bekerja (pexels.com/George Milton)

Banyak orang yang berkarier itu gak sesuai dengan jurusan ketika mereka kuliah dulu. Jadi, kamu gak perlu merasa khawatir tentang masa depan, jika saat ini kamu merasa salah memilih jurusan. Misalnya, ketika seseorang kuliah di jurusan akuntansi, namun saat bekerja dia mengambil profesi sebagai penyiar di televisi.

Meski, pada awal memulai pekerjaan tersebut kamu akan mengalami kesulitan dan tertinggal dari teman-temanmu yang mengambil jurusan kuliah dan karier yang sesuai. Kamu gak perlu minder, karena jika kamu memiliki minat dan bakat dalam profesi karier tersebut. Kamu pasti akan mampu mengimbangi dan mengejar ketertinggalan.

Gak perlu keluar, jika posisinya sudah setengah perjalanan. Lakukan solusi-solusi tersebut, karena belum tentu kamu salah jurusan. Bisa jadi hanya sedang merasa bosan dan belum bisa beradaptasi.

Baca Juga: 5 Keuntungan Bekerja Tak Sesuai Jurusan Kuliah, Gak Usah Disesali

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya