Comscore Tracker

5 Tips Belajar Melukis Watercolor untuk Pemula, Hasilnya Profesional!

#IDNTimesLife Cocok untuk mengisi waktu luang

Semenjak pandemik, ada saja aktivitas baru yang dikerjakan guna mengisi waktu luang di rumah. Selain berkebun, melukis juga jadi pilihan untuk sebagian orang. Melukis dengan menggunakan cat air atau watercolor painting adalah salah satunya.

Nah, sebelum memulai melukis, berikut tips belajar melukis watercolor untuk pemula. Langsung simak artikelnya!

1. Mengenal jenis kuas atau brush

5 Tips Belajar Melukis Watercolor untuk Pemula, Hasilnya Profesional!unsplash.com/hudsoncrafted

Hal pertama yang wajib kamu pahami adalah mengenal jenis brush atau kuas. Brush sendiri terdiri dari berbagai jenis. Sebaiknya, kamu mengenal dan memahaminya terlebih dahulu agar bisa memilih jenis brush terbaik untuk digunakan.

2. Mampu membedakan warna

5 Tips Belajar Melukis Watercolor untuk Pemula, Hasilnya Profesional!unsplash.com/designbytholen

Cat air memiliki jenis yang sangat beragam dan beberapa jenisnya bisa berubah warna saat mengering. Sebagai pemula, alangkah baiknya coba beberapa jenis warna yang akan dipakai, sehingga kamu mengetahui hasil akhir dari warnanya.

Caranya, campurkan cat dan air secukupnya. Lalu, jika belum memiliki koleksi cat air yang banyak, kamu bisa memadukan dua warna atau lebih untuk menciptakan warna baru. Mudah bukan? Kamu bisa menghemat karena gak perlu membeli banyak warna.

Baca Juga: 10 Inspirasi Motif Jaket Denim Estetik, Bisa Lukis atau Jahit Sendiri!

3. Memahami kualitas alat lukis

5 Tips Belajar Melukis Watercolor untuk Pemula, Hasilnya Profesional!unsplash.com/rifqialiridho

Walau pemula, tidak ada salahnya untuk tetap memperhatikan dan mengetahui kualitas terbaik dari alat lukis yang ingin kamu gunakan. Pasalnya, hasil akhir dari sebuah lukisan akan terlihat berbeda jika menggunakan jenis alat lukis dengan kualitas biasa.

Contohnya, kamu mulai menggambar dengan teknik yang sama di dua jenis kertas. Kertas pertama adalah kertas berkualitas premium dan satunya kertas biasa.

Kemungkinan besar, kertas biasa akan mudah menekuk dan mengeriting meskipun kamu melukis dengan cara yang sama. Tapi kembali lagi, kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan kamu ya!

4. Piring palet

5 Tips Belajar Melukis Watercolor untuk Pemula, Hasilnya Profesional!Pexelscom/cottonbro

Untuk memadukan dua warna yang berbeda, kamu memerlukan palet sebagai wadahnya. Kamu bisa memilih piring datar yang berbahan plastik berwarna putih. Selain mudah didapatkan, harga dari piring ini juga relatif lebih murah.

5. Gunakan kertas kecil terlebih dahulu

5 Tips Belajar Melukis Watercolor untuk Pemula, Hasilnya Profesional!Pexels.com/Jonathan Borba

Bagi pemula, melukis pertama kali akan terasa cukup nervous. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mulai melukis dengan kertas yang berukuran kecil. Meski terlihat sepele, hal ini bisa membantumu untuk mengurangi nervous saat melukis pertama kali.

Lalu, jangan lupa untuk membiasakan membuat sketsa terlebih dahulu ya! Ini agar ada batasan saat melakukan pewarnaan dan membuat lukisan menjadi lebih rapi.

Itu tadi adalah 5 tips belajar melukis watercolor untuk pemula. Semoga bermanfaat dan bisa kamu praktikkan, ya!

Baca Juga: Kisah Perupa Remaja Temanku Lima Benua, Melukis Wajah dalam 2 Menit

Topic:

  • Fahira Rahma
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya