Comscore Tracker

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di London

#EdFunFact Cocok buat kamu yang hobi nulis!

Creative Writing. Dari namanya saja, sudah bisa diketahui kalau jurusan satu ini berhubungan dengan dunia tulis-menulis. Creative Writing memang pas buat kamu yang tertarik mempelajari teknik penulisan fiksi dan non-fiksi.

Hanya saja, belum ada universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Creative Writing. Di Tanah Air, Creative Writing umumnya hanya dijadikan sebagai mata kuliah di jurusan sastra.

Pilihan lainnya, kamu bisa mencoba ke luar negeri seperti ke United Kingdom (UK). Di negeri asal Harry Potter ini, ada lebih dari 60 kampus yang menyediakan jurusan S1 Creative Writing. Nah, 10 di antaranya ada di London lho!

Tertarik berkuliah S1 Creative Writing sambil tinggal di ibukota Inggris? Inilah 10 universitas yang bisa kamu tuju di London.

1. Brunel University London

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londonbrunel.ac.uk

Brunel University London berlokasi di Uxbridge, West London. Seperti di jurusan Creative Writing pada umumnya, di sini kita akan belajar tentang penulisan puisi, cerita pendek, drama hingga jurnalisme.

Universitas ini juga menyediakan jurusan joint honours di mana Creative Writing dikombinasikan dengan bidang ilmu lainnya. Seperti, jurusan Theater and Creative Writing, Games Design and Creative Writing, dan English with Creative Writing.

2. University of Westminster

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londontutoryou.eu

Creative Writing and English Language dan Creative Writing and English Literature adalah dua jurusan Creative Writing yang ada di Universitas Westminster. Apa bedanya kedua jurusan itu?

Sambil mengasah skill menulis kreatif, Creative Writing and English Language mengajarkan struktur, sejarah dan penggunaan bahasa Inggris. Sedangkan kurikulum Creative Writing and English Literature lebih condong ke pengetahuan seputar Sastra Inggris.

Universitas Westminster juga memiliki jurusan Theatre Studies and Creative Writing. Jurusan ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisa penampilan teater dari masa ke masa.

3. University of Greenwich

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londongre.ac.uk

Kalau kampus satu ini lokasinya di Greenwich yang dekat dengan pusat London. Di Universitas Greenwich, ada jurusan yang spesifik untuk mempelajari Creative Writing. Ada pula jurusan buat kalian yang ingin mempelajari Creative Writing dan Sastra Inggris sekaligus.

Baca Juga: Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxford

4. Kingston University London

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londonkingston.ac.uk

Kingston University London bertempat di Royal Borough of Kingston Upon Thames, South West London. Ada tiga pilihan jurusan Creative Writing di sini. Yaitu, Creative Writing and Film Culture, Drama and Creative Writing, dan English and Creative Writing.

5. Birkbeck, University of London

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londonen.wikipedia.org

Birkbeck, University of London berada di Bloomsburry, London. Selain jurusan Creative Writing, universitas ini juga memiliki jurusan Creative Writing and English Literature.

6. London Metropolitan University

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londonlondonmet.ac.uk

Creative Writing memang banyak dikombinasikan dengan Sastra Inggris di berbagai universitas. Salah satu universitas yang memiliki program studi Creative Writing and English Literature adalah London Metropolitan University.

7. London South Bank University

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londoniecabroad.com

Inilah universitas lainnya yang menyediakan jurusan Creative Writing and English Literature. London South Bank University berada di Newington, London.

8. Middlesex University

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londonmdx.ac.uk

Jurnalisme biasanya dijadikan sebagai mata kuliah di jurusan Creative Writing. Namun, Middlesex University di London menggabungkan Creative Writing dan jurnalisme ke dalam satu program studi.

Jurusan Creative Writing and Journalism di universitas ini masih mengajarkan penulisan fiksi kok. Tetapi, dibandingkan jurusan Creative Writing lainnya, jurusan ini menyediakan porsi yang lebih besar untuk jurnalisme.

9. University of Roehampton

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londononeclass.com

Jurusan Creative Writing di Universitas Roehampton adalah salah satu yang tertua di London. Beragam modul disediakan di jurusan ini seperti travel writing, penulisan naskah, penerbitan buku dan internet hingga seluk-beluk stand up comedy.

10. St. Mary’s University

10 Universitas untuk Kuliah S1 Creative Writing di Londonstudylondon.ac.uk

St. Mary’s University yang berlokasi di Twickenham, West London, memiliki jurusan Creative and Professional Writing. Ada juga jurusan Drama and Creative Writing bagi yang ingin mendalami pembuatan teater.

Dari 10 universitas di atas, adakah yang ingin kamu tuju?

Baca Juga: 10 Toga Wisuda Paling Unik dari Berbagai Universitas di Dunia!

Faidah Rahim Photo Verified Writer Faidah Rahim

"My philosophy is that worrying means you suffer twice." - Newt Scamander -

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya