Comscore Tracker

Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxford

Ada 400 klub bergengsi di Oxford!

Oxford sudah tidak asing di telinga kebanyakan orang. Pamornya sebagai kampus terbaik di dunia telah melekat di ingatan semua orang. Jika ditanya, apa kamu ingin kuliah di Oxford? Hampir pasti jawabannya adalah Ya.

Lagi pula siapa yang tak mau menempuh pendidikan di kampus dengan segudang prestasi dan telah melahirkan tokoh-tokoh paling berpengaruh di dunia, salah satunya PM Inggris Theresa Mei. Lalu, selain sistem akademiknya yang bagus, apalagi yang membuat universitas ini digandrungi banyak orang? Mungkin salah satu jawabannya adalah klub-klub dan organisasi bergengsi yang ada di Oxford.

Selama menjadi mahasiswa Oxford, kamu akan ditawari dengan berbagai kegiatan klub dan organisasi yang telah terbukti sangat mendukung proses pembelajaran akademik maupun non-akademik mahasiswa di sana. Saat ini, ada lebih dari 400 klub dan organisasi mahasisiwa di Oxford University dengan berbagai macam kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Dari 400 klub dan organisasi tersebut, dikelompokkan menjadi delapan kategori.

1. Oxford Students’ Union (Serikat Mahasiswa)

Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxfordstudyinternational.com

Bagi siapa pun yang lolos seleksi masuk di Oxford dan telah resmi menjadi mahasiswa di sana, secara otomotis akan tercatat sebagai anggota Oxford Students’ Union. Serikat mahasiswa ini adalah organisasi demokratis, yang dikelola oleh mahasisiwa secara independen untuk mewakili, mendukung dan mengembangkan kehidupan mahasiswa Oxford.

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh serikat mahasiswa ini adalah kampanye tentang isu-isu seputar mahasiswa dan sosial.

2. Oxford University Sport

Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxfordsport.ox.ac.uk

Oxford memiliki 83 klub olahraga dengan tim-tim olahraga yang tak terhitung jumlahnya. Fasilitas olahraga Oxford yang berlokasi di Iffley Road terbilang sangat lengkap diantaranya kolam renang, gym, lapangan olahraga raket, lapangan tembak, dan banyak lagi.

Berkat latihan dan fasilitas yang disediakan oleh Oxford University Sport, tercatat para alumni Oxford telah meraih 158 medali olimpiade.

3. Clubs & Societies (Asosiasi Mahasiswa)

Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxfordexeter.williams.edu

Oxford sangat mendukung segala bentuk kegiatan yang dinilai mampu memberikan dampak positif bagi mahasiswanya. Mahasiswa akan diberikan keleluasaan untuk mendirikan organisasi atau asosiasi, apapun itu, asalkan didaftarkan secara resmi ke universitas.

Selanjutnya, pihak universitas akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan operasional asosiasi tersebut, dalam bentuk finansial, asuransi, dan mobil operasional (minibus).

Baca Juga: Yuk, Intip 5 Cara Belajar Mahasiswa Oxford ala Maudy Ayunda

4. Oxford Union

Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxfordoxford-union.org

Oxford Union adalah sebuah klub debat paling bergengsi di dunia. Klub ini telah berdiri selama hampir 200 tahun. Oxford Union bercita-cita untuk mempromosikan diskusi dan debat tidak hanya di Oxford saja, melainkan juga di seluruh dunia.

5. Common Rooms

Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxfordoxforduchina.org

Ada dua common rooms di Oxford. Junior Common Room (JCR) khusus untuk mahasiswa tingkat sarjana. Middle/Graduate Common Room (MCR/GCR) untuk mahasiswa pascasarjana. Kegiatan yang ada di common Rooms terdiri atas layanan konsultasi atau sharing tentang seluk beluk perkuliahan mahasiswa Oxford.

6. Media

Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxfordisismagazine.org.uk

Mahasiswa yang memilki passion di bidang jurnalistik dapat bergabung di tiga media Oxford yaitu Cherwell, Oxford Student, dan Isis Magazine. Cherwell adalah koran yang dikelola secara mandiri oleh mahasiswa, sedangkan Oxford Student adalah koran mingguan mahasiswa Oxford, yang sering disingkat menjadi The OxStu.

Sementara itu, Isis Magazine merupakan majalah independen mahasiswa tertua di Inggris, yang telah berdiri sejak 1892.

7. University Club for Graduates

Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxfordclub.ox.ac.uk

Ini adalah klub olahraga bagi para alumni Oxford. Gedungnya berlokasi di Mansfield Road. Fasilitasnya pun cukup lengkap. Mulai dari gym, lapangan sepak bola dan kriket, bar, kafe, hingga restoran.

8. Oxford’s Newcomers’ Club

Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxfordnewcomers.ox.ac.uk

Oxford’s Newcomers’ Club adalah klub yang dijalankan secara sukarela yang bertujuan untuk membantu keluarga mahasiswa baru yang sedang berkunjung ataupun suami juga istri mahasiswa dan staf yang menetap di area sekitar kampus untuk mengenal kehidupan di lingkungan Oxford.

Klub ini menawarkan tur kampus, kunjungan ke museum dan perjalanan singkat ke beberapa lokasi menarik yang ada di sekitar Oxford.

Informasi detail mengenai klub dan organisasi mahasiswa Oxford dapat diakses melalui website resmi Oxford University. Di sana, kamu dapat mengetahui apa saja kegiatan rutin dari masing-masing klub dan capaian apa yang telah diperoleh klub-klub itu. Gimana, makin pengen gak kuliah di Oxford?

Baca Juga: Takjub! 11 Potret Universitas Oxford yang Begitu Megah & Indah

Andes Septa Photo Community Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Indra Zakaria

Just For You