Comscore Tracker

7 Teknik Dasar Sinematografi yang Sering Dipakai dalam Pembuatan Film

Pecinta film wajib tahu

Untuk kamu para pecinta film, tentunya sudah tidak asing dengan istilah teknik sinematografi. Yap, apalagi kalau bukan teknik-teknik yang dipakai oleh sinematografer dalam merekam video, untuk mendapatkan hasil yang menarik dan memanjakan mata penonton.

Tapi tahukah kamu, dilansir dari Adorama, ternyata ada banyak sekali teknik sinematografi yang dipakai dalam pembuatan suatu film. Termasuk 7 teknik sinematografi berikut ini, paling dasar dan sering dipakai oleh para sinematografer andal.

1. Over-the-shoulder shot

https://www.youtube.com/embed/1wqr8IgkavA

Sesuai namanya, over-the-shoulder shot adalah pengambilan gambar yang dilakukan dari belakang bahu karakter sementara karakter lain atau latar belakang sebagai objeknya.

Teknik sinematografi ini adalah yang paling sering dipakai dalam pembuatan film, khususnya film naratif. Hal ini dibutuhkan agar adegan percakapan antar karakter terlihat sealami mungkin bagi penonton.

2. Medium shot

https://www.youtube.com/embed/ZavBTKXUTjg

Medium shot adalah teknik pengambilan gambar dari jarak menengah dimana menyorot karakter dari bagian pinggang ke atas. Medium shot biasanya digunakan dalam adegan yang menyorot kegiatan si karakter sehari-hari seperti berjalan dan berbincang.

Tidak sedikit juga yang menggunakan teknik ini untuk fight scene.

3. Close up shot

https://www.youtube.com/embed/nxc6kwBYFSM

Close up shot digunakan untuk menyorot bagian kepala hingga leher karakter untuk membuat penonton terlibat dan merasakan apa yang sedang dirasakan si karakter. Bahkan tanpa dialog pun penonton masih bisa melihat apa yang sedang terjadi pada si karakter melalui ekspresi wajahnya.

Baca Juga: Bikin Merinding, 10 Potret Pembuatan Film 1917 yang Niat Abis

4. Extreme close up shot

https://www.youtube.com/embed/Rwg1pfqboO4

Hampir serupa dengan close up shot, extreme close up shot digunakan untuk mendapatkan intensitas emosi yang tengah dirasakan oleh karakter dalam suatu adegan dengan lebih maksimal. Cocok sekali untuk membangun suasana dan menambahkan drama serta intensitas.

Teknik ini bisa dilakukan dengan menyorot wajah si karakter atau beberapa bagian tubuh saja seperti mata atau bahkan tangan. Teknik ini juga bisa digunakan pada objek seperti jam dinding yang berdetak.

5. Panning shot

https://www.youtube.com/embed/Rd7fp7u_vlk

Selanjutnya ada panning shot, teknik yang satu ini adalah teknik pengambilan gambar dimana pergerakan kamera dilakukan secara horizontal dengan halus dan perlahan. Teknik ini kerap kali digunakan karena terbilang mudah.

Selain itu, hasil pengambilan gambarnya terlihat lebih akurat dan natural.

6. Tracking shot

https://www.youtube.com/embed/QijbOCvunfU

One tracking shot adalah teknik pengambilan gambar dimana kamera bergerak melalui suatu adegan dalam waktu yang relatif lama. Biasanya kamera akan mengikuti suatu objek seperti pemain atau properti lainnya.

Tidak sedikit juga yang menggunakan teknik ini untuk sekedar menunjukkan dengan lebih rinci apa yang terjadi dalam scene tersebut. Alat penting yang digunakan untuk teknik one tracking shot ini adalah dolly atau sejenis bagan beroda tempat menaruh kamera yang bergerak pada jalur khusus.

Tidak sedikit juga yang memakai steadicam dan drone seperti yang dipakai pada film Atonement dan 1917.

7. Long shot

https://www.youtube.com/embed/laU2MI6X48I

Baca Juga: 5 Film Unik yang Mengisahkan Seluk-beluk Pembuatan Film

Teknik long shot digunakan agar penonton dapat melihat objek lebih luas atau dikenal juga dengan istilah landscape format size. Teknik sinematografi yang satu ini biasanya dipakai untuk adegan pembuka maupun penutup sebuah film.

Agar terlihat lebih hidup, biasanya si karakter yang menjadi objek utama akan berjalan mendekat ke arah kamera hingga bagian tubuh atasnya terekam.

Nah, itu tadi adalah 7 teknik dasar sinematografi yang sering digunakan dalam pembuatan film. Selain hobi nonton terpuaskan, dapat ilmu baru juga!

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya