Comscore Tracker

5 Skill Data Engineering yang Wajib Dipahami oleh Pemula

Bisa andal apabila mampu menguasai semua skill tersebut

Era revolusi teknologi 4.0 kini membuat segala pekerjaan mengenai IT kian populer. Bahkan tak ketinggalan profesi data engineer pun turut memiliki prospek baik untuk ke depannya.

Meski nyatanya menjadi seorang data engineer tidaklah mudah, sebab membutuhkan banyak skill yang perlu dilatih. Jika kamu ingin menjadi seorang data engineer profesional, maka kamu dapat melatih kemampuan melalui beberapa skill handal yang berikut ini.

Baca Juga: 6 Tips Menghindari Soceng alias Social Engineering, Yuk Simak! 

1. Bahasa pemrograman secara dasar

5 Skill Data Engineering yang Wajib Dipahami oleh Pemulailustrasi programmer (unsplash.com/@sigmund)

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa data engineer sebetulnya merupakan spesialisasi dari profesi software engineering. Dengan demikian, maka tak heran jika seorang data engineer harus mampu menguasai data pemrograman seperti SQL, Phyton, Java, dan Scala.

Memiliki skill tersebut tentunya sangat baik untuk dapat mengambil data, menjalankan, bahkan hingga mengakses database yang dibutuhkan. Tentu dengan begitu, pekerjaan sebagai seorang data engineer dapat dilakukan dengan baik.

2. Tata kerja cloud computing dan data warehouse

5 Skill Data Engineering yang Wajib Dipahami oleh Pemulailustrasi para programmer (unsplash.com/@sigmund)

Istilah penguasaan database menjadi satu hal yang harus dikuasai oleh seorang data engineer. Alasannya karena memang profesi tersebut memiliki tugas untuk mengolah dan menyimpan data mentah, sehingga dapat kemudian diproses.

Dengan memahami soal tata kerja cloud computing dan data warehouse, maka profesi ini akan mampu melakukan akses dari berbagai lokasi platform. Selanjutnya tentu akan dilakukan query atau analisis.

Baca Juga: BRI Turut Aktif Ungkap Kejahatan Social Engineering Perbankan

3. Memahami keberadaan algoritma

5 Skill Data Engineering yang Wajib Dipahami oleh Pemulailustrasi programmer (unsplash.com/@jefflssantos)

Profesi data engineer sebetulnya memiliki beberapa fokus khusus, salah satunya adalah mengoptimalkan data. Tidak mengherankan apabila hal-hal seperti algoritma akan membantu para data engineer untuk memahami pekerjaannya dengan baik.

Keberadaan algoritma juga dapat membantu memperoleh checkpoints. Dengan demikian, masalah bisnis yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dapat terselesaikan dengan baik.

4. Memahani machine learning

5 Skill Data Engineering yang Wajib Dipahami oleh Pemulailustrasi programmer (unsplash.com/@grzegorzwalczak)

Ada banyak sekali skill yang perlu diperhatikan dalam menjadi seorang data engineer. Salah satunya dengan menguasai skill machine learning untuk dapat memahami data scientist yang dibutuhkan.

Algoritma yang terdapat pada machine learning dapat membantu dalam membuat beragam prediksi yang didasarkan pada historis atau pun data terkini. Dengan begitu, maka data engineer dapat mengembangkan data tersebut.

5. Kemampuan terkait API

5 Skill Data Engineering yang Wajib Dipahami oleh Pemulailustrasi mengobrol (unsplash.com/@brookecagle)

Mungkin istilah API masih cukup awam bagi beberapa orang. Pada dasarnya API merupakan interface perantara yang digunakan untuk menghubungkan beberapa aplikasi, sehingga dapat memperoleh data yang dibutuhkan.

Keberadaan API juga sangat memungkinkan para developer untuk dapat mengakses kamera atau hal lainnya melalui aplikasi langsung. Dengan begitu, tidak perlu membutuhkan perangkat lunak lagi.

Tentunya beragam skill tersebut bisa menjadi modal penting jika ingin menjadi seorang data engineer yang sukses. Dengan begitu, maka prospek karier ke depan pun jadi terbuka lebar. Semoga bisa semakin menajamkan keterampilannya, ya!

Baca Juga: 5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya