Comscore Tracker

7 Jurusan Kuliah Unik Ini Beneran Ada, Lho!

Ada jurusan yang membuat tertarik?

Di perguruan tinggi banyak jurusan yang disediakan dan banyak jurusan yang sudah dikenal banyak orang seperti jurusan kedokteran, ilmu komunikasi, psikologi, sastra, dan masih banyak jurusan lainnya.

Namun, masih ada jurusan yang jarang diketahui, dan bidang yang dipelajari juga unik. Mau tahu jurusan apa saja yang unik itu. Berikut beberapa jurusan yang terbilang unik.

1. Beatles, Musik Populer, dan Masyarakat

7 Jurusan Kuliah Unik Ini Beneran Ada, Lho!liverpool.ac.uk

Band Legendaris asal Liverpool, Inggris The Beatles kini menjadi sebuah jurusan di Liverpool Hope University, kota asal The Beatles. 

Buat penggemar Beatles pasti akan senang bisa belajar mengenai band kesukaanya. Selain belajar mengenai dunia permusikan The Beatles dan kepopuleranya di industri musik kalian juga memperlajari musik populer lainnya dan bagaimana bisa menjadi populer di masyarakat. Lulusannya tentu akan memiliki peluang bekerja di industri musik.

2. Edukasi Petualangan

7 Jurusan Kuliah Unik Ini Beneran Ada, Lho!unsplash.com

Suka naik gunung atau menelusuri alam? Jika iya, ada sebuah jurusan yang cocok untukmu, yaitu adventure education sebuah jurusan yang tersedia di Plymouth State University. 

Di sana akan diajarkan bagaimana cara berpetualang seperti mendirikan tenda, filosofi petualangan, dan bagaimana menemukan jati diri dengan berpetualang.

Prospek karier yang bisa dijalani menjadi pemandu wisata alam atau pengajar pendidikan petualang di alam.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Memberi Pencerahan Saat Bingung Pilih Jurusan Kuliah

3. Manajemen Industri dan Teknologi Bowling

7 Jurusan Kuliah Unik Ini Beneran Ada, Lho!unsplash.com/Karla Rivera

Bagi yang hobi bermain bowling dan ingin mengetahui berbagai hal mengenai industri bowling bisa mendaftar ke Universitas Vincennes, yang berlokasi di Amerika.

Dengan menempuh kuliah selama 4 semester atau 2 tahun kamu akan belajar menjadi ahli di industri per-bowling-an.

4. Seni Pewayangan

7 Jurusan Kuliah Unik Ini Beneran Ada, Lho!drama.uconn.edu

Kalian yang menyukai seni pertunjukan drama dengan boneka atau seni pewayangan ada sebuah jurusan di University of Connecticut, yaitu puppet arts yang mengajarkan mengenai pertunjukan seni menggunakan boneka.

Kalian juga bisa menempuh pendidikan sampai jenjang gelar master. Sebagai lulusan dari jurusan ini pekerjaan yang cocok tentunya berkaitan dengan seni pertunjukkan boneka, dan kalian juga bisa menjadi pengajar, pembuat boneka, atau tampil di film atau tv.

5. Ilmu dan Teknologi Selancar

7 Jurusan Kuliah Unik Ini Beneran Ada, Lho!unsplash.com/Vladimir Kudinov

Untuk anak pantai yang hobinya berselancar kalian bisa mempelajari semua tentang olahraga berselancar di Cornwall College.

Kalian akan belajar peselancar tangguh dan berbagai pengetahuan berselancar. Setelah lulus kalian bisa menjadi pengajar, membuka bisnis selancar sendiri, atau bekerja di industri selancar yang kalian sukai ini.

6. Ilmu Pemakaman

7 Jurusan Kuliah Unik Ini Beneran Ada, Lho!cypresscollege.edu

Yang satu ini sangat unik yaitu sebuah jurusan kuliah yang mempelajari tentang cara pemakaman. Di luar negeri, ilmu pemakaman cukup populer khususnya di negara barat banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini salah satunya Cypress College.

Di sana akan diajarkan  teknik pembalseman, administarasi pemakaman, dan tata cara pemakaman.

7. Pengemasan

7 Jurusan Kuliah Unik Ini Beneran Ada, Lho!canr.msu.edu

Di Michigan State University ada sebuah jurusan unik yang mengajarkan mengenai pengemasan. Pengajaran yang diberikan mengenai cara pengemasan menggunakan teknologi, pengemasan menggunakan bahan kaca, plastik, kertas, dan logam, dan berbagai hal lainnya yang menyangkut dengan pengemasan.

Pekerjaan yang menanti lulusan jurusan pengemasan, yaitu Insinyur pengemasan, perancang bentuk kemasan, analisis perilaku konsumen, operator pengemasan, dan penguji kemasan produk.

Ternyata tidak hanya unik para lulusannya pun memiliki peluang kerja yang besar. Bidang yang dipelajari juga masih jarang yang menguasai.

Baca Juga: 5 Hal Unik Teknik Pengairan, Jurusan Langka di Indonesia

Ifan Wijaya Photo Community Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You