Comscore Tracker

5 Kesalahan dalam Menulis yang Harus Dihindari

Penting diketahui agar makin ahli dalam menulis 

Bagi yang punya hobi menulis, kegiatan yang satu ini memang bikin seru. Saking asyik menulis, kadang bisa sampai lupa waktu. Namun dalam proses menulis, ada beberapa hal yang mungkin tidak kamu sadari yang bisa menghambat proses menulis.

Nah, supaya kamu bisa membuat karya tulis yang sempurna, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar terhindar dari kesalahan dalam menulis.

1. Menunggu mood atau datangnya inspirasi 

5 Kesalahan dalam Menulis yang Harus Dihindariilustrasi menunggu inspirasi (pexels.com/Pixabay)

Memang benar jika mood dan inspirasi adalah sesuatu yang penting dalam sebuah proses menulis. Tapi itu bukan berarti segalanya. Mood seseorang selalu berubah dan sumber inspirasi juga tidak bisa datang setiap hari.

Jadi, jika kamu menunggu datangnya mood atau inspirasi, bisa-bisa kamu tidak akan pernah memulai untuk menulis. Pada dasarnya, disiplin jauh lebih efektif untuk membuatmu tetap produktif dalam menghasilkan tulisan.

2. Mengabaikan kerangka penulisan 

5 Kesalahan dalam Menulis yang Harus Dihindariilustrasi menulis (pexels.com/Ylanite Koppens)

Bagi yang sudah sering menulis, aktivitas menulis memang menyenangkan. Kata demi kata meluncur apa adanya seperti air. Hanya perlu diingat, jangan sampai melupakan outline atau kerangka. Kerangka penulisan atau outlining sangat penting, baik menulis fiksi atau pun non fiksi.

Outline memudahkan untuk tetap on the track pada proses menulis yang panjang sekali pun. Outline bisa jadi rem bagimu ketika tulisanmu terasa melenceng dari topik. Bahkan, outline akan membuatmu mampu menulis dengan lebih cepat, lebih efektif dan lebih produktif.

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Menekuni Hobi Menulis

3. Lupa pada fokus 

5 Kesalahan dalam Menulis yang Harus Dihindariilustrasi menulis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menulis termasuk salah satu aktivitas yang membutuhkan fokus dan konsentrasi. Tanpa fokus yang terarah, ribuan ide yang ada di benak menjadi tak berguna, bahkan bisa jadi tidak ada satu pun idemu yang akan menjadi sebuah tulisan.

Salah satu kesalahan penulis adalah kurangnya fokus dan terlalu banyak ide yang ingin ditulis. Pilihlah salah satu ide dan selesaikan hingga benar-benar tuntas dengan fokus.

4. Tidak membaca genre yang sejenis 

5 Kesalahan dalam Menulis yang Harus Dihindariilustrasi membaca (pexels.com/Thought Catalog)

Bacalah karya sejenis dengan genre sama seperti yang sedang kamu tulis. Hal ini membuatmu jadi punya perbandingan, sekaligus dapat terhindar dari plagiat.

Membaca karya orang lain dengan genre sejenis juga bisa menjadi cara bagimu untuk menemukan keunggulan cerita yang kamu buat. Kamu bisa menghasilkan karya tulisan yang istimewa, beda dari yang lain, bahkan bisa terasa sempurna.

5. Tidak pernah membaca buku atau mengikuti kelas menulis  

5 Kesalahan dalam Menulis yang Harus Dihindariilustrasi membaca (pexels.com/Aline Viana Prado)

Menulis dan membaca adalah dua aktivitas yang saling berkaitan. Pastikan kamu mencintai buku dan sering membacanya untuk membuat kualitas dan produktivitas tulisanmu jadi semakin baik.

Tak sedikit penulis hebat yang lahir dari proses autodidak, tapi tidak ada salahnya juga jika kamu mengambil kelas menulis untuk menambah pengetahuan tentang kelemahan dan kekuatan yang kamu miliki.
Dengan mengikuti arahan yang diberikan penulis berpengalaman, kamu jadi memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar.

Setelah mengetahui berbagai kesalahan dalam menulis tersebut, diharapkan proses menulismu berjalan lancar. Selamat menulis!

Baca Juga: 5 Tips Mudah untuk Memulai Menulis, Tetap Konsisten!  

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Menulis=menambah wawasan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya