Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Perpusnas Cocok Jadi Spot untuk Mengerjakan Tugas

Kamu biasanya ngerjain tugas di lantai berapa, nih?

Rasa-rasanya, kafe dan perpustakaan adalah tempat yang banyak dijadikan orang untuk mengerjakan tugas. Jika bosan dengan suasana kafe yang itu-itu aja, maka kamu harus coba datangi Perpustakaan Nasional atau Perpusnas.

Terletak di daerah Jakarta Pusat, lokasinya pun sangat strategis dan dekat dengan lapangan IRTI Monas. Masih ragu untuk mengerjakan tugas di sini? Berikut lima alasan mengapa Perpusnas cocok jadi tempat buat nugas.

1. Menyediakan banyak sumber referensi

5 Alasan Kenapa Perpusnas Cocok Jadi Spot untuk Mengerjakan Tugasruang baca di Perpusnas (perpusnas.go.id)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia merupakan perpustakaan milik negara, sehingga memiliki koleksi buku yang sangat lengkap. Bahkan tidak hanya buku saja, ada juga memiliki koleksi audiovisual yang terletak di lantai operasional tersendiri, tepatnya di lantai 8.

Perpusnas menyediakan berbagai genre buku, mulai dari umum sampai yang langka sekalpun. Kamu juga bisa menemukan naskah kuno sampai bacaan ringan seperti halnya majalah di sini.

Dikutip laman resmi Perpusnas, terdapat lebih dari 200 ribu koleksi. Jumlah tersebut merupakan koleksi dalam berbagai macam bentuk, termasuk audiovisual maupun jurnal elektronik. Dengan banyaknya koleksi buku yang dimiliki Perpusnas ini, kamu akan mendapatkan banyak sumber referensi dalam mengerjakan tugas.

2. Memiliki spot yang nyaman dan tenang

5 Alasan Kenapa Perpusnas Cocok Jadi Spot untuk Mengerjakan Tugaspotret ruang executive lounge di Perpusnas (perpusnas.go.id)

Layaknya perpustakaan pada umumnya, Perpunas juga punya suasana yang tenang. Di Perpusnas, ada banyak spot yang bisa dipilih untuk membaca ataupun mengerjakan tugas. Pemilihan tempat tersebut tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengunjung.

Jika ingin bekerja ataupun berkegiatan di tempat yang benar-benar hening dan tertutup, kamu bisa mengakses ruangan khusus dengan bilik tersendiri. Ruangan seperti itu tersebar di beberapa lantai. Selain itu, disediakan juga ruang diskusi yang bisa dimanfaatkan, jika dibutuhkan.

Baca Juga: Yuk, Daftar Perpusnas, Bisa Baca Buku Gratis dan Cari Referensi Tugas Kampus Kamu!

3. Menyuguhkan pemandangan kota Jakarta, sehingga bisa mencari ide dan inspirasi dengan baik

5 Alasan Kenapa Perpusnas Cocok Jadi Spot untuk Mengerjakan Tugasruang terbuka di lantai 24 Perpusnas (perpusdajawatengah.id)

Hal menarik lainnya di Perpusnas adalah kamu dapat melihat pemandangan kota Jakarta dari balik kaca besar. Menyenangkan bukan mengerjakan tugas dengan disuguhkan panorama kota Jakarta? Dengan begitu, ide dan inspirasi menulis bisa muncul.

Perpusnas terletak persis di seberang Monumen Nasional. Oleh karena itu, kamu bisa menikmati tugu Monas yang terpampang begitu jelas.

Jika cukup penat bertugas, kamu bisa sejenak pergi ke lantai 24. Selain bisa menikmati layanan koleksi budaya Nusantara, kamu juga bisa menikmati executive lounge. Di lantai tersebut, terdapat ruang terbuka untuk melihat kota Jakarta secara langsung, termasuk menikmati kemegahan Monas.

4. Menyediakan layanan internet gratis

5 Alasan Kenapa Perpusnas Cocok Jadi Spot untuk Mengerjakan Tugaspetunjuk lantai perpusnas (twitter.com/Ersa Tri Wahyuni)

Layanan internet menjadi hal penting dalam mengerjakan tugas. Sebab, kamu akan mengakses berbagai macam paltform ataupun situs web yang menunjang.

Nah, Perpusnas menyediakan Wi-Fi yang bisa diakses secara gratis oleh pengunjungnya. Jadi, kamu kita tidak perlu khawatir jika tidak memiliki kuota data atau gawaimu tidak menangkap sinyal. 

Password Wi-Fi ditulis di meja resepsionis peminjaman buku ataupun pelayanan informasi di setiap lantainya. Setelah gawaimu terhubung dengan Wi-Fi milik Perpusnas, kamu bisa bebas berselancar di internet tanpa takut kuota data habis.  

5. Terdapat musala untuk beribadah dan kantin untuk makan

5 Alasan Kenapa Perpusnas Cocok Jadi Spot untuk Mengerjakan Tugaspotret ruang kantin perpusnas (twitter.com/Kiki Handriyani)

Fasilitas yang ditawarkan di gedung Perpusnas cukup lengkap, termasuk kantin dan musala untuk beribadah umat Muslim. Musala berada di lantai 6. Sementara kantin berada di lantai 4 bersama dengan area pameran.

Menu makanan yang ditawarkan di kantin pun cukup beragam. Jika kamu ingin hanya sekedar membeli minum atau camilan, bisa mengunjungi toko kecil yang terdapat di dekat pintu masuk kantin.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi gedung Perpusnas dan mengerjakan tugas di sana? Jika berdomisili di Jakarta, tentu kamu memiliki akses yang lebih mudah untuk menjangkau tempat ini. 

Baca Juga: 17 Mei Hari Ultah Perpusnas: Ini Sejarahnya

Riani Shr Photo Verified Writer Riani Shr

Menulis adalah salah satu upaya menyembuhkan yang ampuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya