Comscore Tracker

5 Pesan Buat Kamu yang Sering Diejek 'Salah' Masuk Jurusan

Tetap semangat menuntaskan masa studi ya! #IDNTimesLife

Ketika hendak menempuh pendidikan tinggi, biasanya kamu sudah diarahkan untuk memilih konsentrasi jurusan. Nah, dalam berbagai kampus terdapat belasan bahkan lebih jurusan yang bisa dipertimbangkan dengan segala aspek.

Namun di lain kesempatan biasanya ada saja yang menyenggol kamu dengan mengejek salah jurusan dan menyampaikan bahwa jurusan yang dipilih tidak bisa menjanjikan masa depan yang baik karena prospek yang minim atau sepi peminat.

Buat kamu yang sering mendapat perlakuan demikian, jangan patah semangat dan simak lima pesan berikut ini yuk!

1. Jangan biarkan ejekan itu menurunkan semangatmu

5 Pesan Buat Kamu yang Sering Diejek 'Salah' Masuk Jurusanilustrasi perempuan menunduk (unsplash.co/Abbie Bernet)

Meskipun kegiatan mengejek sudah jelas menjengkelkan, namun jangan sampai ejekan tersebut menghambat kamu dalam menjalani kuliah. Apalagi jika kamu dibuat hilang fokus dan kehilangan minat dalam belajar.

Kalau sudah begitu, cobalah untuk berbicara dengan orang-orang yang berada dalam satu jurusan untuk membahas motivasi mereka berada di jalan yang sama dengan kamu demi meningkatkan semangat dalam berkuliah kembali.

2. Kesenanganmu bukan tergantung standar orang lain

5 Pesan Buat Kamu yang Sering Diejek 'Salah' Masuk Jurusanilustrasi perempuan mengangkat tangan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Bila kamu senang-senang saja dengan jurusan yang kamu pilih saat ini, jangan sampai suara orang lain merusak kebahagiaan tersebut dan malah membuat kamu kehilangan semangat untuk menyelesaikan studi.

Cita-cita kamu adalah hak, oleh sebab itu jadikan ejekan tersebut sebagai sumber energi untuk lebih serius dalam belajar. Ingat pula bahwa standar orang lain tidak selalu sama denganmu.

Baca Juga: 5 Tips agar Tetap Realistis Saat Kamu Sadar Salah Jurusan Kuliah

3. Simpan energimu untuk melahirkan karya

5 Pesan Buat Kamu yang Sering Diejek 'Salah' Masuk Jurusanilustrasi pria menatap komputer (unsplash.com/Simon Abrams)

Dibandingkan capek-capek mengurusi ejekan yang tidak ada habisnya, lebih baik lagi jika energimu disimpan untuk serius dalam belajar atau dipakai sebagai media untuk menghasilkan karya.

Setiap jurusan memiliki alasan tersendiri mengapa harus terus dipelajari, maka manfaatkan celah tersebut untuk membangun sesuatu yang sekiranya bisa bermanfaat bagi diri kamu sendiri atau bila memungkinkan untuk orang sekitar dan khalayak luas.

4. Berikan orang lain pemahaman

5 Pesan Buat Kamu yang Sering Diejek 'Salah' Masuk Jurusanilustrasi orang berbincang (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Ketika diejek soal salah jurusan, kamu bisa memberi pemahaman kepada orang tersebut bahwa apa yang kamu jalani adalah keputusan bulat dan tidak akan merugikan orang lain dalam aspek apa pun. Pastikan pula ketika memberi pemahaman, kamu tidak turut mengejek pendidikan yang ditempuh orang tersebut.

Urusan orang yang mengejekmu itu berhenti atau tidak dalam mengolok-ngolok serta merendahkan suatu jurusan akan terus menjadi masalah dirinya sendiri. Kamu bisa memilih untuk membatasi intensitas berurusan dengan orang tersebut supaya tidak jadi beban.

5. Kamu sendiri yang menentukan langkah menuju masa depan

5 Pesan Buat Kamu yang Sering Diejek 'Salah' Masuk Jurusanilustrasi lorong (unsplash.com/Tom Parkes)

Tidak semua masa depan yang bagus itu bergantung pada jurusan, meskipun sebagian di antaranya bisa turut mendukung hal tersebut. Namun bukan berarti kamu jadi berkecil hati dan malah menjadi malas-malasan ketika menuntaskan masa belajar.

Justru kemauan dan tekad menjadi penyumbang yang berpengaruh dalam menentukan arah masa depanmu. Maka dari itu jangan malu memulai sesuatu sejak kamu duduk di bangku perguruan tinggi, seperti mempertajam kemampuan, mengembangkan relasi, dan mengikuti berbagai kesempatan magang.

Itulah kelima pesan bagi kamu yang kerap diejek salah jurusan karena dianggap kurang populer dan tak memiliki prospek. Ingat bahwa jika memang suatu jurusan tak memiliki kesempatan gemilang sama sekali, mungkin jurusan yang kamu ambil sudah tidak ada sejak dulu. Jadi jangan hiraukan ejekan orang lain, dan fokus terhadap apa yang kamu jalani saat ini ya!

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Sulit Menentukan Jurusan Kuliah untuk Diambil

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya