Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra 

Sastra gak melulu baca puisi, lho!

Banyak orang mengira bahwa menjadi anak sastra berarti harus berkutat dengan membaca buku sejenis novel di setiap harinya, menjadi anak "penyuka senja dan kopi", kehidupan sosial yang merakyat, ataupun cara berpakaian yang ala kadarnya.

Namun, apakah hanya image seperti itu yang lantas akan menjadikanmu sebagai mahasiswa sastra? Apakah sastra hanya mengandalkan kemampuan membaca?

Nah, biar gak mengawang-awang, berikut adalah 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum memasuki dunia kampus untuk anak sastra!

1. Seni berbicara yang baik akan memudahkanmu untuk menarik audiens

5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra Pexels/Andrea Piacquadio

Menjadi mahasiswa sastra bukan berarti kamu harus melupakan public speaking dan beralih kepada semua hal tentang membaca dan menulis. Di dunia ini, kamu juga akan belajar bagaimana menyampaikan suatu hal yang baik dan benar, secara formal maupun informal.

Kemampuan berbicara akan diasah lebih jauh saat kamu memasuki dunia kampus. Tidak hanya dalam hal menghafal, kamu juga dapat meng-improvisasi agar informasi yang disampaikan dapat dicerna oleh audien.

Tapi tenang, seni berbicara dapat kamu pelajari secara otodidak. Kamu hanya perlu melatihnya setiap saat agar terbiasa.

2. Mempunyai ketertarikan dan minat mempelajari bahasa  

5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra Pexels/Pixabay

Bahasa merupakan suatu elemen penting dalam kehidupan manusia. Digunakan sebagai media komunikasi antar sesama, berbentuk simbol maupun suara.

Menjadi mahasiswa sastra, kamu akan diajari bagaimana cara berbahasa yang baik dan benar sesuai dengan pedoman dan kaidah kebahasaan. Belajar mengenai tatanan kata agar menciptakan suatu bahasa yang dapat dimengerti, sekaligus mempelajari sejarah terciptanya bahasa tersebut.

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Bagi Lulusan Sastra Korea, Pekerjaannya Modern Banget!

3. Kemampuan analisa dan berpikir kritis

5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra Pexels/Pixabay

Sudah sewajarnya mahasiswa yang berada di kampus atau perguruan tinggi harus memiliki standar pemikiran yang lebih tinggi daripada saat masih berada di sekolah umum.

Tidak hanya menganalisa sebuah tulisan yang berada pada jurnal, puisi, teks drama, dan novel, mahasiswa jurusan sastra pun dituntut untuk memiliki kemampuan analisa dan kritis dalam menghadapi fenomena dan isu yang terjadi pada sosial.

Tidak jarang juga, kalian akan mendapatkan tugas analisa prosa yang akan dikaitkan terhadap masalah kehidupan sekitar, baik pada masa lampau maupun yang terjadi di masa kini.

Jadi, mahasiswa sastra tidak melulu mempelajari prosa. Kamu juga akan mendapatkan mata kuliah umum seperti filsafat, antropologi, psikologi, dan hal lain yang membahas masyarakat sosial. Kompleks deh!

4. Ketertarikan terhadap karya sastra dan para penulisnya 

5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra Pexels/Thought Catalog

Jika kamu belajar sastra, mau tidak mau kamu akan dibawa kepada penulis-penulis terkenal sekaligus latar belakang mereka. Contohnya, ketika kamu memilih sastra Inggris kamu akan mengenal kisah Shakespeare. Lalu jika kamu memilih sastra Indonesia, kamu akan mengenal pujangga seperti Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, dll.

Hal ini dapat menjadi daya tarik untukmu mempelajari dan membaca karya sastra mereka. Jadi kamu dapat memilih buku sesuai dengan gaya bahasa penulis kesukaanmu.

5. Kehidupan sastra itu bebas berekspresi dan membawamu menjadi diri sendiri 

5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra Pexels/Pixabay

Kamu akan terjun bebas ke dalam panggung atau sekadar menikmati pertunjukan teater. Biasanya sering ditemukan sastrawan yang menggelar sebuah festival yang berisi banyak sekali pertunjukan di dalamnya. Tidak hanya berkelibat dengan dunia drama maupun puisi, kamu juga akan dikenalkan terhadap dunia pewayangan sebagai identitas budaya Indonesia yang wajib dilestarikan, jika berada di sastra Indonesia. 

Jika kamu adalah mahasiswa sastra asing, pagelaran yang ditunjukkan akan mengacu pada identitas negara yang kamu pilih. Wawasanmu tentang budaya akan lebih luas, bahasa yang kamu dapatkan pun akan lebih bervariasi.

Jadi, apakah kamu sudah tidak sabar untuk bergabung menjadi mahasiswa sastra?

Baca Juga: Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Irfatul Jannah Photo Writer Irfatul Jannah

Seorang mahasiswa yang menjadikan overthink dan insomnia sebagai hobi dan kegiatan wajib sehari-hari.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya