Comscore Tracker

5 Tips Struktur Chat Buat Dosen yang Sopan dan Benar, Ayo Terapin!

Kenalin dirimu dulu, itu hal paling penting!

Bagi sebagian orang, menghubungi dosen mungkin adalah hal yang dihindari karena merasa takut mendapat respon buruk. Padahal jika kamu tau struktur chat yang baik kepada dosen, kamu tidak perlu khawatir untuk mendapatkan respon yang tidak baik atau malah hanya dibaca saja.

Nah, jika kamu sudah yakin waktu yang tepat untuk mengirim pesan ke dosenmu, gunakan struktur chat seperti di bawah ini. Yuk, baca artikel selengkapnya di bawah ini.

1. Pertama, ucapkan salam terlebih dahulu. Jangan gunakan kebiasaan chat dengan teman

5 Tips Struktur Chat Buat Dosen yang Sopan dan Benar, Ayo Terapin!Pexels.com/Pixabay

Ketika mengirim pesan ke dosen, pertama kalai kamu harus memulainya dengan ucapan salam. Kamu bisa menggunakan salam yang menandakan waktu (pagi/siang/malam) maupun tradisi agama (Assalamualikum, Syalom, dll). Mengombinasikan keduanya juga tidak apa-apa.

Oleh karena itu, jangan pernah memulai chat dengan dosen dengan menggunakan kebiasaan ketika chat dengan temanmu. Misalnya menggunakan huruf "P", kata-kata gaul atau kebiasaan lainnya yang tidak etis.

2. Perkenalkan dirimu, mulai dari nama, jurusan/prodi, nim, kelas dan tahun angkatan

5 Tips Struktur Chat Buat Dosen yang Sopan dan Benar, Ayo Terapin!Pexels.com/Rawpixel

Agar pesanmu tidak dianggap sebagai spam atau hanya dibaca saja, selanjutnya perkenalkan identitas dirimu seperlunya saja. Misalnya, nama, jurusan/prodi, nim, kelas dan tahun angkatan saja. Informasi seperti ini tergolong cukup untuk bisa membuat dosen mengenali siapa pengirim chat tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Skripsimu Dipermudah oleh Sang Dosen Pembimbing

3. Sampaikan keperluanmu secara jelas dengan bahasa formal dan tidak disingkat

5 Tips Struktur Chat Buat Dosen yang Sopan dan Benar, Ayo Terapin!Pexels.com/Rawpixel

Sampaikan keperluanmu menggunakan bahasa formal dengan jelas dan tidak menggunakan singkatan. Hal ini bertujuan supaya dosen yang kamu kirimi pesan dapat membaca dan memahami apa yang ingin kamu sampaikan.

4. Hindari pemakaian emoticon, yang kamu chat adalah dosen bukan temanmu

5 Tips Struktur Chat Buat Dosen yang Sopan dan Benar, Ayo Terapin!Pexels.com/Pixabay

Jangan menggunakan emotikon karena terkesan kekanak-kanakan untuk orang yang berbeda jauh usianya dengan dirimu. Selain itu, terkadang menggunakan emoticon dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda dari dosen.

5. Tutup dengan ucapan terimah kasih dan salam penutup

5 Tips Struktur Chat Buat Dosen yang Sopan dan Benar, Ayo Terapin!Pexels.com/Rawpixel

Jangan lupa untuk mencantumkan ucapan terimah kasih dan salam penutup sebagai tanda hormat maupun sebagai penanda akhir dari kalimat pesan yang kamu kirim. Hal ini juga akan membuat dosenmu beranggapan bahwa kamu adalah anak yang sopan.

Nah, sekarang kamu gak perlu lagi takut untuk mengirimkan pesan ke dosenmu. Ikuti struktur kalimat di atas dan dijamin kamu tidak akan ditegur dengan alasan tidak sopan.

Baca Juga: Pakai Etika, Ini 5 Cara Biar Pesanmu Lekas Dibalas Narasumber

Irvin Pabane Photo Verified Writer Irvin Pabane

Kepala boleh saja melangit, tapi kaki, mata dan tangan harus tetap di bumi. Baca tulisan saya lainnya di linktr.ee/irvinpabane

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya