Comscore Tracker

Mengenal Jenis Tangga Nada Diatonis

Tak hanya sekadar mendengar, yuk belajar tekniknya!

Rasanya hampir semua orang menyukai musik. Hanya saja, aliran musiknya pasti berbeda-beda. Dalam musik itu sendiri tersusun atas banyak elemen, salah satunya adalah tangga nada. Tangga nada sendiri bisa dibagi ke dalam dua kategori, yaitu nada pentatonis dan juga nada diatonis. 

Tangga nada diatonis sendiri bisa diartikan sebagai tangga nada yang memiliki tujuh nada berlainan di dalam satu oktaf, biasanya diakhiri dengan pengulangan satu nada. Nah, untuk lebih mengenal tangga nada ini, yuk simak pembahasannya supaya kamu lebih paham tentang musik. 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Tangga Nada Diatonis Mayor? 

Tangga nada diatonis sendiri bisa dibagi ke dalam dua kategori, mayor dan minor

Mengenal Jenis Tangga Nada Diatonisilustrasi bernyanyi (pixabay.com/RonPorter)

Tangga nada diatonis memiliki jarak antar nada yakni satu dan setengah. Misalnya saja C mayor yang berawal do dan A minor yang berawal dari la. Nah, tangga nada diatonis ini juga disebut sebagai landasan dari teori musik yang paling awal. Apalagi jika kamu ingin menggeluti musik yang berasal dari Eropa. 

Dalam jenisnya, tangga nada diatonis juga bisa dibagi menjadi dua bagian yakni tangga nada diatonis mayor dan minor. Yang paling umum digunakan dalam musik adalah tangga nada diatonis mayor, yang memiliki jarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Salah satu contohnya adalah C mayor yang tersusun dari do, re, mi, fa, sol, la, si, do. 

Jadi, kamu sudah mengerti tentang tangga nada diatonis, 'kan? Bagi kamu yang memang tertarik untuk mempelajari musik, lebih baik sedari dini sudah mulai mengambil kursus supaya landasan awalnya sudah mengerti dan bisa diterapkan dalam hobimu. 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Tangga Nada Minor Harmonis? 

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya