Comscore Tracker

IMS 2020: Akses Pendidikan Harusnya Tidak Lihat Latar Belakang Daerah

IMS2020 Ketimpangan akses pendidikan di kota besar dan kecil

Jakarta, IDN Times - Co-founder dan Chief of Product Ruangguru Iman Usman menceritakan pengalamannya saat tumbuh di Padang. Kala itu, ketika ingin memasuki jenjang Universitas, Padang hanya mampu mengirim 45 orang untuk bisa masuk Universitas Indonesia (UI).

"Saya masih ingat dulu saya besar dan lahir di Padang dulu di sekolah saya di provinsi saya ketika saya mau masuk UI tahun 2009 dari satu sekolah itu yang masuk ke UI dari 1 provinsi Sumatera Barat yang masuk UI ke cuma 45," kata Iman saat menjadi pembicara di Indonesia Millenials Summit 2020, di There Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (17/1).

Dia melihat hal ini sebagai sebuah ketimpangan, apalagi jika dibandingkan dengan SMA di Jakarta yang dapat mengirim jumlah yang sama serupa dengan Provinsi Sumatera Barat.

"Bukan cuma buat orang-orang yang privilege, bukan lagi buat orang-orang yang di kota besar," kata dia.

Maka dari itu Ruangguru sudah dapat memberikan akses yang luas soal pendidikan melalui teknologi dan tidak membedakan dari mana orang itu berasal.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times  juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/a5PUopi6Jm0

Baca Juga: IMS 2020: Ternyata Ini Alasan Nadiem Makarim Gandeng Netflix

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya