Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Gak Gagal Lagi di Seleksi Beasiswa

Yuk, belajar dari kegagalan kemarin

Beasiswa memang menjadi angin segar bagi mahasiswa atau yang sudah lulus dan ingin melanjutkan studi tapi terkendala biaya. Dengannya, kita  bisa berkuliah tanpa harus membayar uang UKT dan biaya hidup karena semua sudah ditanggung. Kita hanya perlu fokus pada akademik agar dapat menyelesaikan perkuliahan dengan baik.

Meskipun begitu, mendapatkan beasiswa bukanlah perkara mudah. Gak hanya kemampuan akademik saja, kebanyakan beasiswa juga mensyaratkan kemampuan bahasa asing, soft skill, aspek kepemimpinan dan lain-lain.

Sering kali, seseorang gagal mendapatkannya pada percobaan pertama. Jika kamu adalah salah satu di antaranya, kamu gak perlu berkecil hati, apalagi menyerah karena kegagalan adalah hal yang sangat lumrah.

Kamu harus mencoba mendaftar kembali pada tahun selanjutnya demi terwujudnya cita-citamu. Berikut lima tips yang harus kamu lakukan supaya gak gagal lagi di percobaan selanjutnya.

1. Evaluasi kesalahan yang mungkin menjadi penyebab kegagalanmu dulu

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Gak Gagal Lagi di Seleksi Beasiswailustrasi mempersiapkan dengan matang (freepik.com/trachards)

Kegagalan adalah pengalaman sekaligus pembelajaran yang berharga. Hal ini bukanlah akhir, melainkan bagian dari proses untuk menuju keberhasilan dengan syarat kamu harus tetap mencobanya kembali.

Setelah mengalami kegagalan kamu boleh bersedih ataupun merasa kecewa asalkan jangan berlarut-larut. Berlarut dalam kesedihan gak akan menyelesaikan apa pun dan justru membuatmu semakin terpuruk.

Saat kesedihanmu sudah hilang, hal yang harus dilakukan adalah evaluasi. Coba cermati segala kemungkinan yang membuatmu gagal. Setelah itu, kamu harus bisa memperbaikinya agar kamu menjadi seseorang dengan kompetensi yang lebih baik pada saat mendaftar kembali nantinya. 

2. Sharing pengalaman dengan orang yang sudah berhasil lolos beasiswa

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Gak Gagal Lagi di Seleksi Beasiswailustrasi sharing (freepik.com/gpointstudio)

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan sharing atau berbagi pengalaman dengan beberapa orang yang sudah berhasil lolos. Ini merupakan salah satu trik jitu agar kamu bisa mengikuti jejaknya. Belajarlah dari keberhasilan beberapa orang, kemudian carilah hal-hal yang membuat mereka berhasil dalam seleksi.

Kamu bisa meniru cara belajar yang dilakukan oleh mereka, mulai dari proses persiapan seleksi berkas, tes akademik, hingga wawancara. Saat mereka memberikan berbagai macam tips, kamu harus memperhatikan dengan baik dan berusaha sungguh-sungguh untuk menjalankannya.

Baca Juga: Lagi Cari Beasiswa Kuliah di Luar Negeri? Cara ini Patut Dicoba!

3. Kamu juga perlu sharing dengan orang yang pernah gagal di seleksi beasiswa

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Gak Gagal Lagi di Seleksi Beasiswailustrasi sharing (freepik.com/tirachardz)

Sharing dengan orang yang berhasil memang penting, tapi berbagi pengalaman dengan orang yang pernah gagal juga gak kalah penting. Belajar dari kegagalan orang lain merupakan strategi yang cukup efektif agar kamu gak melakukan hal yang serupa. Selain berbagi pengetahuan, kamu juga bisa berbagi rasa yang sama agar bebanmu sedikit berkurang.

Kalau kamu sudah mendapatkan tips dan trik dari orang yang berhasil, kali ini kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal yang sebaiknya kamu hindari. Kedua informasi tersebut sama pentingnya untuk bekal persiapanmu. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, maka peluangmu untuk berhasil akan semakin besar.

4. Siapkan strategi dan persiapan yang lebih matang dari tahun kemarin

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Gak Gagal Lagi di Seleksi Beasiswailustrasi belajar (pixabay.com/kaboompics)

Setelah mendapatkan banyak informasi, hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan strategi baru yang lebih baik dari tahun lalu. Selain itu, kamu juga harus melakukannya dengan lebih matang. Kalau tahun kemarin persiapanmu hanya sebulan, tahun ini harus lebih lama dan lebih efektif untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kamu juga bisa melibatkan orang lain yang lebih berpengalaman dalam proses persiapanmu, misalnya dosen atau senior di kampus. Semakin banyak orang yang terlibat, semakin banyak koreksi yang nantinya kamu dapatkan sehingga akan meminimalkan kesalahan yang kamu lakukan.

5. Terakhir, jangan lupa berdoa agar jalanmu dimudahkan

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Gak Gagal Lagi di Seleksi Beasiswailustrasi berdoa (freepik.com/jcomp)

Setelah melakukan usaha terbaik, sebagai manusia biasa kamu harus selalu berdoa kepada Tuhan agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Meminta doa kepada orang-orang terdekat juga penting, seperti kedua orang tua, saudara dan teman dekat. Semakin banyak orang yang mendoakanmu akan semakin baik.

Usaha yang matang disertai dengan doa akan membantumu mendapatkan kepercayaan diri pada saat seleksi nanti. Jika kamu percaya diri, otomatis kamu bisa menjawab pertanyaan para pewawancara dengan tegas, lugas dan yakin. Kepercayaan diri juga akan memancarkan aura positif yang membuatmu menjadi seseorang yang mengesankan.

Demikian lima tips untukmu supaya gak gagal lagi di seleksi beasiswa nanti. Tips ini juga bisa dilakukan untuk kamu yang baru akan mencoba mendaftar beasiswa untuk pertama kalinya. Semangat dan semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1, Coba Yuk!

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Verified Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya