Comscore Tracker

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!

Kosakata yang menambah pengetahuan nih!

Belajar kosakata baru merupakan salah satu cara agar proses belajar bahasa asing kita semakin baik. Apalagi, jika tidak lupa untuk mengulangnya di setiap waktu.

Seperti saat ingin memasak, terdapat kumpulan bumbu dapur yang bisa kita cari penyebutannya dalam bahasa asing. Salah satunya dalam bahasa Arab. 

Melalui artikel ini, kamu tidak hanya mengingat kembali berbagai macam bumbu dapur, tapi juga bisa belajar bahasa dengan mengetahui nama-nama bumbu dapur dalam bahasa Arab berikut ini. 

1. Untuk menyebutkan 'bawang merah' dalam bahasa Arab, cukup menggunakan satu kata yaitu بَصَلٌ (bashol)

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi bawang merah (pexels.com/Miguel A.Padrinan)

2. Begitu pun dengan 'bawang putih' yang dalam bahasa Arab disebut dengan ثُوْمٌ (tsuum). Pemberi rasa gurih dan aroma yang kuat dalam masakan!

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi bawang putih (pexels.com/Nick Collins)

3. Kalau 'jahe' dalam bahasa Arab disebut dengan زَنْجَبِيْلٌ (zanjabiil). Ampuh menyedapkan masakan dan menghilangkan bau amis pada olahan

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi jahe (pexels.com/Alesia Kozik)

4. قَرَنْفُلٌ (qooronful) atau 'cengkih' merupakan bumbu dapur yang sering digunakan pada masakan berkuah seperti semur, gulai, dan kari

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi cengkih (pexels.com/Afif Kusuma)

5. Juga sering digunakan untuk masakan berkuah,  كُرْكُمٌ (kurkum) atau 'kunyit' berguna sebagai pewarna alami dalam makanan

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi kunyit (pexels.com/Karl Solano)

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Bumbu, Bikin Dapur Makin Rapi

6. Kalau كُرَّاثٌ (kurrosun) atau 'daun bawang' sering kita jumpai di makanan Indonesia. Wangi yang diciptakan mampu menambah cita rasa masakan

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi daun bawang (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

7. قِرْفَةٌ (qirfah) atau 'kayu manis' merupakan rempah aromatik yang berguna menambahkan rasa manis dan sedikit pedas pada makanan

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi kayu manis (pexels.com/Mareefe)

8. فَلْفَلٌ (falfal) atau 'lada' biasanya dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga aromanya!

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi lada (pexels.com/Pixabay)

9. Selain menambah aroma pada masakan, حَشِيْشَة اَلِّيْمُوْن (hasyisyat alliimuun) atau 'serai' juga digunakan untuk wedang atau minuman

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi serai (pixabay.com/WonderfulBali)

10. Agar masakan terasa gurih, kamu bisa menambahkan بُنْدُق (bunduq) atau 'kemiri' sebagai salah satu bumbu masakan, ya!

10 Nama-Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Arab, Hafalkan sambil Masak Yuk!ilustrasi kemiri (pixabay.com/Engin_Akyurt)

Selain 10 bumbu di atas, masih banyak lagi macam bumbu dapur yang sering digunakan. Apalagi pada masakan Indonesia yang punya beragam ciri khas ini. Jangan lupa dihapalkan ya beragam kosakata di atas!

 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tanaman Jahe, Bumbu Dapur yang Beraroma Khas

Maisix Dela Desmita Photo Verified Writer Maisix Dela Desmita

https://lynk.id/maisixdela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya