Comscore Tracker

5 Prinsip Cerdas dalam Belajar, Jangan Tunggu Sampai Pekan Ujian! 

Belajar sistem kebut semalam itu gak bagus, lho

Kamu yang sekarang duduk di bangku sekolah maupun kuliah, belajar mungkin sudah jadi keharusan dan kebiasaan yang hampir tiap hari dilakukan. Sayangnya, gak jarang kamu menemukan kesulitan-kesulitan saat belajar, bukan? Apalagi ketika menghadapi pekan ujian, tentunya kamu dituntut untuk memahami materi pelajarannya agar dapat menyelesaikan soal-soal ujian.

Namun, tahukah kamu bahwa belajar hanya ketika menjelang pekan ujian tidak selalu bagus untukmu. Ada baiknya kamu perlu membiasakan dengan lima prinsip ini, agar belajarmu lebih efektif.

1. Memahami konsep, bukan hanya hafal materinya

5 Prinsip Cerdas dalam Belajar, Jangan Tunggu Sampai Pekan Ujian! ilustrasi belajar (unsplash.com/averye457)

Menghafal mungkin menjadi metode yang paling mudah untuk dilakukan. Berharap materi yang kamu hafalkan nantinya keluar saat ujian. Namun kenyataannya, cara ini tidak cukup efektif. Persoalannya adalah tidak semua materi pelajaran bersifat hafalan, melainkan kamu juga perlu memahami konsep dan materinya terlebih dahulu.

Tanamkan dalam dirimu, bahwa mulai sekarang kamu perlu mempelajarinya dengan memahami konsepnya bukan menghafalnya. Walaupun cara ini sedikit lebih sulit, tapi hal tersebut bisa lebih berguna bagimu. Kamu akan terbiasa berpikir kritis dan logis, sehingga tanpa dihafal sekalipun secara otomatis kamu akan menguasainya. 

2. Belajar rutin bukan sistem kebut semalam 

5 Prinsip Cerdas dalam Belajar, Jangan Tunggu Sampai Pekan Ujian! ilustrasi belajar (pexels.com/cottonbro)

Apakah kamu tipe orang yang terbiasa dengan sistem belajar kebut semalam? Jika iya, sebaiknya coba mulai kamu tinggalkan. Cara ini tentu terlalu memaksakan dirimu, lho.

Kamu dituntut untuk begadang semalam sebelum ujian, bahkan bisa saja hal itu tidak baik bagi kesehatanmu. Justru kamu perlu istirahat yang cukup, agar lebih siap menghadapi ujian esok harinya.

Kamu bisa mulai membiasakan dirimu untuk belajar rutin secara terjadwal. Misalnya luangkan 30 menit sehari untuk memperdalam materi pelajaran. Dengan begitu, otakmu akan terbiasa menerima materi yang sedang kamu pelajari. Lakukanlah dengan konsisten agar hasilnya maksimal, sehingga kamu pun lebih percaya diri dan merasa ujian bukan hal yang menakutkan lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Kemandirian Mampu Membantumu Lewati Ujian Hidup

3. Buat rangkuman bukan hanya membaca materinya

5 Prinsip Cerdas dalam Belajar, Jangan Tunggu Sampai Pekan Ujian! ilustrasi belajar (pexels.com/MART PRODUCTION)

Ada banyak materi dan kamu diuntut untuk menguasainya. Belajar dengan membaca buku-bukunya kadang tidak selalu efektif. Butuh waktu yang lama untuk membacanya satu per satu dan belum tentu apa yang kamu baca bisa semua kamu ingat dan pahami.

Buatlah rangkuman dalam catatan buku kecil. Catat poin-poin penting dari materi yang perlu kamu kuasai. Tidak perlu menulisnya semua, kamu hanya perlu fokus pada garis besar materinya saja. Dengan begitu materi pelajaran akan lebih teringat di otakmu.

4. Sharing dengan teman bukan hanya fokus belajar sendiri

5 Prinsip Cerdas dalam Belajar, Jangan Tunggu Sampai Pekan Ujian! ilustrasi diskusi (pexels.com/mentatdgt)

Belajar sendiri memanglah dapat membuatmu lebih fokus mendalami materinya. Namun bila hal ini terus kamu lakukan, tentu sewaktu-waktu membuatmu merasa bosan. Kamu dapat mengalami suntuk dan materi-materi pelajaran yang perlu kamu kuasai pun menjadi sangat sulit dipahami.

Carilah teman belajar yang cocok denganmu. Belajar bersama teman pasti terasa lebih menyenangkan. Kamu dapat saling belajar dan mengajarkan satu sama lain. Cara ini tentu cukup efektif untuk membantumu menguasai suatu materi yang menurutmu sulit. Dengan begitu, kamu juga telah membantu temanmu sekaligus.

5. Latihan soal bukan hanya paham materinya

5 Prinsip Cerdas dalam Belajar, Jangan Tunggu Sampai Pekan Ujian! ilurstrasi lembar jawaban ujian (unsplash.com/Nguyen Dang Hoang Nhu)

Membayangkan soal-soal ujian memanglah menakutkan. Namun yang jelas, gak ada gunanya jika hanya menebak-nebaknya. Segalanya mungkin saja terjadi saat kamu membuka soal ujian. Boleh jadi saat ujian lebih banyak soal yang mudah atau malah justru sebaliknya.

Tetapkanlan jadwal latihan mengerjakan soal-soal secara rutin. Hal ini membuatmu terbiasa untuk menyelesaikan soal yang sulit sekalipun. Dengan begitu ketika ujian kamu tidak lagi panik karena kamu sudah mempelajari banyak soal sebelumnya. Soal-soal ujian pun dapat dengan mudah kamu selesaikan.

Jika belum terbiasa dengan cara-cara di atas, kamu hanya perlu mencobanya. Tidak semuanya sulit dan boleh jadi malah menyenangkan untuk dilakukan. Kamu dapat lebih menikmatinya dengan menyesuaikan sesuai dengan versimu sendiri. Melalui cara belajar yang efektif, maka hasilnya pun pasti maksimal. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Fakta Chinese Government Scholarship, Beasiswa Studi ke Tiongkok

Muhamad Suharjo Photo Writer Muhamad Suharjo

Hallo, selamat datang dan selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya