Comscore Tracker

5 Tips Sukses Hadapi TOEFL dari Rumah, Tantang Diri dengan Skor Tinggi

Jangan lupa untuk persiapkan seluruh alat yang dibutuhkan

Kegiatan sekolah tatap muka hingga kelas-kelas kursus dan pelatihan, semua telah menyesuaikan diri agar tetap memenuhi kebutuhan masyarakat meski secara virtual. Gak terkecuali tes TOEFL, salah satu bentuk ujian terstandarisasi Bahasa Inggris yang kini hadir dengan fasilitas TOEFL at Home berbasis internet dan dapat dilakukan dari rumah masing-masing peserta. 

TOEFL at Home yang diadakan secara daring menimbulkan tantangan tersendiri bagi para peserta. Setiap peserta tentunya akan mengusahakan yang terbaik agar meraih skor tinggi.

Selain karena adanya kebutuhan untuk mencapai target tertentu, biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti tes juga gak sedikit. Melansir rilis dari yec.co.id, berikut ini beberapa tips agar kamu siap menghadapi TOEFL at Home dan memperoleh nilai semaksimal mungkin.

1. Belajar di mana saja dan kapan saja

5 Tips Sukses Hadapi TOEFL dari Rumah, Tantang Diri dengan Skor TinggiIlustrasi belajar (pexels.com/Julia M Cameron)

Salah satu usaha utama untuk mempersiapkan dirimu menjelang tes adalah dengan belajar. Kegiatan belajar gak selalu harus dilakukan dengan rumit dan mahal, lho!

Kamu bisa belajar secara sederhana sekaligus berhemat dengan membaca buku berbahasa Inggris, menonton film atau series berbahasa Inggris tanpa terjemahan, atau mengikuti kuis-kuis singkat yang tersedia di akun media sosial. Mudah sekali untuk dilakukan, bukan?

2. Tantang diri dengan skor prediksi

5 Tips Sukses Hadapi TOEFL dari Rumah, Tantang Diri dengan Skor TinggiIlustrasi ujian (unsplash.com/sarah_noltner)

Sebelum mengikuti tes, pastikan bahwa kamu telah menguasai setiap materi agar kamu tenang selama mengerjakan tes. Nah, menjelang ujian, kamu juga bisa mencoba mengambil program English Proficiency Online Test (EPOT) yang disediakan oleh YEC.CO.ID.

Program ini setara dengan TOEFL Prediction dan telah diikuti oleh lebih dari 1.900 peserta. Ketika kamu memutuskan untuk mengambil EPOT, anggap saja kamu sedang simulasi melakukan tes TOEFL at Home.

Setelah mengetahui skor prediksimu, kamu akan mengetahui materi mana saja yang perlu dipelajari lebih dalam dan bisa lebih fokus dan merancang rencana pembelajaranmu. Dengan begitu, yakin deh bila skor TOEFL kamu akan bisa maksimal.

3. Persiapkan perangkat dan peralatan tes sebelum hari H

5 Tips Sukses Hadapi TOEFL dari Rumah, Tantang Diri dengan Skor TinggiIlustrasi ujian (unplash.com/Annie Spratt)

TOEFL at Home yang diadakan sepenuhnya di rumah membutuhkan perangkat yang memadai serta koneksi internet yang stabil. Sebelum hari ujian, kunjungi situs web yang menyediakan fasilitas pengecekan kecepatan internet.

Selain itu, persiapkan semua kebutuhan perangkatmu seperti charger, mouse, dan peralatan lain seperti papan tulis dan spidol yang kamu butuhkan menjelang hari tes TOEFL at Home. Setelah itu, jangan lupa tidur yang cukup agar kamu gak kelelahan dan terburu-buru ketika ujian berlangsung.

Baca Juga: 6 Idiom yang Pasti Muncul dalam Test TOEFL, Ketahui dan Pelajari!

4. Ikuti kursus bahasa Inggris

5 Tips Sukses Hadapi TOEFL dari Rumah, Tantang Diri dengan Skor TinggiIlustrasi TOEFL (dok. eyc.co.id)

Selanjutnya, kamu bisa mengikuti kursus persiapan TOEFL/IELTS di berbagai lembaga pendidikan. Selain itu, bisa juga berlatih secara mandiri dengan mengerjakan soal-soal di buku-buku latihan TOEFL/IELTS dan mengunduh dari internet.

Meskipun demikian, mengambil kursus lebih disarankan untuk memperoleh hasil lebih baik sebab kita bisa bertanya lebih banyak kepada pengajar dan persiapan pun lebih terjadwal. Di samping itu, kita bisa lebih mengetahui lembaga yang dipilih merupakan lembaga resmi penyedia kursus persiapan TOEFL/IELTS karena nantinya diberikan juga materi khusus, misalnya cara-cara mengerjakan soal di setiap bagian ujian.

"YEC.CO.ID menyadari bahwa kebutuhan pengguna akan kursus Bahasa Inggris telah beralih, khususnya selama pandemik ini. Dengan hadirnya fasilitas TOEFL at Home, kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan program dan kelas yang relevan seperti EPOT,” ujar Samantha Luhukay, Public Relations PT Yureka Edukasi Cipta.

5. Belajar membaca cepat

5 Tips Sukses Hadapi TOEFL dari Rumah, Tantang Diri dengan Skor TinggiIlustrasi membaca (freepik.com/jcomp)

Ada banyak bacaan cukup panjang yang akan kita temui pada bagian soal reading. Maka dari itu, penting untuk belajar membaca cepat dan mengerti inti atau hal penting dari bacaan tersebut.

Selain itu, dalam soal ujian biasanya terdapat bacaan berita atau artikel yang kadang kala perbendaharaan kosakatanya berbeda dari percakapan sehari-hari. Oleh karenanya, perbanyaklah membaca berita, artikel, dan buku-buku akademik berbahasa Inggris untuk menambah kosakata. Hal itu akan berguna agar kita bisa lebih memahami soal dan pertanyaan diajukan.

Itu dia beberapa tips untuk sukses menghadapi tes TOEFL dengan peluang mendapatkan skor semaksimal mungkin. Semoga bermanfaat dan bisa membantumu, ya!

Baca Juga: 7 Tips Agar Percaya Diri saat akan Menghadapi Tes IELTS atau TOEFL

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya