Comscore Tracker

Punya Passion di Bidang Fashion? Yuk, Kuliah di 5 Jurusan Ini

Kembangkan kompetensi dengan berkuliah di jurusan ini!

Dunia fashion terus mengalami perkembangan yang begitu pesat dari tahun ke tahun. Perkembangan dunia fashion yang begitu cepat ini juga diiringi dengan tingginya tuntutan akan inovasi-inovasi dan kreativitas di bidang fashion, baik mengenai perpaduan gaya, desain, hingga tren-tren yang unik dan menarik.

Hal inilah yang pada akhirnya telah mendorong tingginya kebutuhan akan jasa seseorang yang mempunyai keahlian dan passion di bidang fashion. Apabila kamu termasuk salah satunya, ini adalah sebuah peluang besar yang cukup menjanjikan. Nah, bagi kamu yang ingin memanfaatkan peluang tersebut, kembangkan kompetensi dengan berkuliah di jurusan-jurusan yang berhubungan dengan dunia fashion berikut ini.

1. Fashion business

Punya Passion di Bidang Fashion? Yuk, Kuliah di 5 Jurusan Iniilustrasi fashion business (unsplash.com/bruce mars)

Bagi kamu yang senang berbisnis dan memiliki ketertarikan di dunia fashion, maka bergabung dengan jurusan ini bisa menjadi cara untuk kamu memandang dunia fashion. Di dalam jurusan fashion business ini, kamu akan mempelajari tentang teori dan teknis di industri fashion serta konsep kreatif. Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai tren fashion dan cara pengaplikasiannya ke dalam bisnis fashion.

Jurusan fashion business ini dapat kamu temukan Universitas Ciputra Surabaya, LaSalle College International Jakarta, dan lainnya. Selain itu, jurusan yang satu ini memiliki prospek kerja yang luas, di antaranya ialah kamu bisa berkarir sebagai fashion director, retail manager, event coordinator fashion show, maupun sebagai retail analyst.

2. Fashion design

Punya Passion di Bidang Fashion? Yuk, Kuliah di 5 Jurusan Iniilustrasi fashion design (unsplash.com/Darling Arias)

Jurusan selanjutnya yang dapat kamu ambil ialah fashion design. Jurusan fashion design itu sendiri adalah jurusan yang akan mempelajari mengenai cara menciptakan sebuah rancangan busana. Selain itu, kamu juga akan mempelajari cara 'menyulap' rancangan tersebut menjadi baju siap pakai.

Jurusan yang satu ini telah tersedia di Institusi Seni Budaya Indonesia Bandung dan juga di ESMOD Jakarta. Jurusan fashion design ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi seorang fashion entrepreneur. Apabila kamu telah menjadi seorang fashion designer yang andal, bukan tidak mungkin kamu dapat menjadi seorang trendsetter.

3. Desain komunikasi visual

Punya Passion di Bidang Fashion? Yuk, Kuliah di 5 Jurusan Iniilustrasi desain komunikasi visual (unsplash.com/UI8)

Untuk kamu yang tertarik dengan dunia fashion dan jago menggambar, jurusan yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sini kamu akan mempelajari bagaimana mendigitalisasi sebuah rancangan fashion.

Jurusan desain komunikasi visual ini dapat kamu temui di Universitas Sebelas Maret, Telkom University, dan lainnya. Untuk prospek kerjanya, lulusan jurusan ini memiliki peluang karir menjadi bagian tim kreatif dalam fashion show, ataupun menjadi desainer website dan majalah fashion.

Baca Juga: 10 Influencer Fashion Terpopuler di IG, Kylie Jenner hingga Mark Tuan

4. Kriya tekstil

Punya Passion di Bidang Fashion? Yuk, Kuliah di 5 Jurusan Iniilustrasi kriya tekstil (unsplash.com/Ivana Matijevac)

Di jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari mengenai bagaimana proses pembuatan kain, pembuatan warna dan motif pada setiap kain, serta mengetahui bagaimana proses pembuatan tekstur kain yang akan menciptakan material serat alam menjadi fungsional.

Beberapa universitas telah menyediakan jurusan ini. Adapun terkait kesempatan kerja, lulusan jurusan kriya tekstil memiliki peluang untuk menjadi seorang konsultan desainer, fashion designer, fabric desainer, dan masih banyak lagi. 

5. Fashion merchandising

Punya Passion di Bidang Fashion? Yuk, Kuliah di 5 Jurusan Iniilustrasi sepatu (unsplash.com/Jaclyn Moy)

Bila dilihat dari sudut pandang lainya, dunia fashion memiliki kaitan yang begitu erat dengan dunia ekonomi. Secara umum, jurusan yang satu ini bertujuan untuk menciptakan lulusan yang dapat melakukan pengembangan keahlian dalam bidang produksi komoditas fashion dan cara mengelola perusahaan yang bergerak di bidang fashion itu sendiri.

Profesi fashion merchandising harus bisa mengkalkulasikan daya beli dan ketersediaan barang yang siap dijual. Selain itu, lulusan fashion merchandising sangat cocok bekerja sebagai marketing di bidang fashion. Profesi ini biasanya memegang jabatan penting dalam perusahaan.

Nah, itulah beberapa jurusan yang mungkin bisa kamu ambil untuk dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam bidang fashion. Dengan begitu,  impian untuk dapat bekerja sesuai dengan passion di bidang fashion bukanlah suatu hal yang mustahil lagi.

Naili Surayya Photo Writer Naili Surayya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya