Comscore Tracker

Bahasa Gaul Cepu dan Artinya, Viral di Media Sosial!

Rahasia bocor karena ada yang cepu?  

Pernahkah kamu mendengar istilah cepu atau malah kamu baru pertama kali mendengarnya saat ini? Sepertinya cepu sudah gak asing lagi digunakan sebagai bahasa gaul anak muda dalam media sosial seperti Instagram, Twitter bahkan TikTok. Bukan hanya viral di media sosial, dalam pergaulan sehari-hari pun kata cepu juga sering di gunakan, lho!

Bagi kamu yang belum tahu, dalam bahasa gaul cepu memiliki makna yang cukup negatif dan biasanya ditujukan kepada seseorang, terutama orang terdekat yang gak bisa menjaga rahasia. Apakah kamu sudah terbayang makna dari kata cepu? Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Teman yang Cepu, Hindari Curhat Hal Pribadi dengan Dia!

1. Pengertian cepu

Bahasa Gaul Cepu dan Artinya, Viral di Media Sosial!ilustrasi pria duduk (pexels.com/Monstera)

Bukan sekadar kata yang dibuat dan viral di media sosial. Namun kata cepu ternyata juga masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nih. Pertama, cepu memiliki makna kata benda yaitu cembul yang dibuat dari kayu (perak dan sebagainya). Selain itu cepu dalam KBBI juga memiliki arti informan polisi. Gak hanya berhenti di situ, uniknya lagi bagi yang belum tahu jika Cepu juga merupakan nama kecamatan di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Pengertian cepu dalam bahasa gaul memiliki kaitan erat dengan makna informan polisi. Dalam pengertiannya, informan polisi adalah seseorang atau pihak-pihak yang membantu memberikan suatu informasi rahasia kepada polisi terhadap pengungkapan suatu kasus.

Nah, gak bisa dimungkiri jika seiring berjalannya zaman maka makin banyak istilah atau bahasa gaul yang bermunculan. Inilah makna cepu dalam bahasa gaul diibaratkan sebagai seorang teman dekat yang sudah kamu percaya, tapi malah menyebarkan rahasia yang kamu miliki kepada orang lain.

2. Cepu sering dikaitkan dengan fitur close friend di Instagram

Bahasa Gaul Cepu dan Artinya, Viral di Media Sosial!ilustrasi memegang handphone (pexel.com/cottonbro)

Kata cepu yang viral di media sosial ini juga sering dikaitkan dengan fitur close friend yang ada di platform Instagram, fitur ini berfungsi untuk memungkinkan kamu mengunggah story di Instagram dengan hanya memperlihatkan kepada teman dekat yang sudah kamu pilih, sesuai dengan nama fiturnya.

Jika kamu mengaktifkan fitur ini maka hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat postingan story yang kamu buat.

Lalu apa hubungan cepu dan fitur close friend Instagram? 

Hal ini bermula dari kejadian viral yang pernah dialami oleh beberapa artis karena menjadi korban cepu dalam post story yang mereka unggah dengan fitur close friend.

Belajar dari hal ini, tentu saja menjadi pengingat untuk kamu agar lebih berhati-hati dalam membagikan sesuatu di media sosial. Walaupun niatmu hanya ingin membagikan kepada teman dekat atau orang yang kamu percaya, tapi gak menutup kemungkinan jika di antara orang yang kamu pilih bisa jadi ada yang cepu sehingga membuat rahasiamu bocor.

Gak mau kan hal ini terjadi? Jadi lebih bijaklah dalam menggunakan sosial media, ya! Begitu pun pengingat bagi kita biar gak memiliki sifat cepu, jika mengetahui teman dekat kita melakukan suatu kesalahan maka lebih baik untuk menasihatinya secara langsung tanpa mempermalukannya di depan orang banyak

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Masuk ke Close Friend Instagram Seseorang

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya