Comscore Tracker

5 Cara Menghindari Distraksi saat Belajar dan Bekerja, Coba Terapkan!

Cocok untuk kamu yang sering hilang konsentrasi

Saat bekerja atau belajar, banyak hal yang bisa membuat kamu terdistraksi, salah satunya notifikasi dari media sosial. Sayangnya, hal ini menyebabkan pekerjaan atau pembelajaran gak kunjung selesai, karena konsentrasi dan fokus pun akan hilang ketika terdistraksi.

Lebih parahnya, pekerjaan kamu pun akan semakin menumpuk. Oleh sebab itu, simak beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari distraksi saat belajar maupun bekerja berikut ini.

1. Susun jadwal atau timeline untuk bekerja dan belajar

5 Cara Menghindari Distraksi saat Belajar dan Bekerja, Coba Terapkan!Ilustrasi menyusun timeline (unsplash.com/airfocus)

Dilansir Psychology Today, Nir Eyal, seorang dosen Stanford University menyebutkan bahwa menyusun jadwal disebut pula sebagai timeboxing, yaitu menyusun apa saja yang akan dilakukan beserta waktunya. Tujuannya adalah agar kamu memahami dan mengingat apa saja yang akan dilakukan di hari tersebut.

Hal ini penting biar gak ada alasan bagi kamu untuk terdistraksi dengan kegiatan lain, sebelum menyelesaikan apa yang terjadwal di timeboxing tersebut. Gak masalah kalau kamu ingin scroll media sosial, namun pastikan untuk gak meninggalkan dan melupakan agenda di timeboxing.

2. Atur notifikasi di ponsel

5 Cara Menghindari Distraksi saat Belajar dan Bekerja, Coba Terapkan!Ilustrasi mengatur notifikasi aplikasi di ponsel (unsplash.com/Nubelson Fernandes)

Salah satu hal yang memberikan distraksi paling besar ketika bekerja atau belajar adalah notifikasi di ponsel. Oleh sebab itu, gak ada salahnya kamu mengatur kembali pengaturannya, misal dengan menghapus aplikasi yang sudah jarang dipakai.

Selain itu, kamu juga bisa mematikan notifikasi beberapa aplikasi, misalnya Instagram, Twitter, TikTok, dan aplikasi semacamnya. Dilansir Thought Catalog, Daniel DiPiazza, seorang author di bidang bisnis, menyebut bahwa mencoba fokus dari gangguan notifikasi ponsel memang akan cukup sulit.

Sehingga, sebaiknya matikan saja notifikasi di ponsel untuk beberapa aplikasi yang gak dipakai untuk bekerja dan belajar. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan.

3. Selesaikan pekerjaan sesegera mungkin, jangan ditunda!

5 Cara Menghindari Distraksi saat Belajar dan Bekerja, Coba Terapkan!Ilustrasi menunda pekerjaan (unsplash.com/Magnet.me)

Selanjutnya, segera selesaikan pekerjaan dan jangan sampai menundanya. Ketika kamu memiliki hal yang harus dikerjakan, segera selesaikan pada saat itu juga. Jangan sampai kamu menunda dan menumpuk pekerjaan tersebut.

Dilansir Lifehack, Ericson Ay Mires, seorang passionate writer dan motivator, mengatakan bila salah satu faktor datangnya distraksi adalah karena terlalu sering menunda pekerjaan. Pekerjaan yang ditunda tersebut akhirnya menumpuk sehingga membuat kamu sulit fokus di satu pekerjaan dan menyebabkan kekacauan dalam pikiran.

Baca Juga: 5 Tanda Menerapkan Cara Belajar yang Salah, Sekadar Menghafal!

4. Lewati terlebih dahulu hal yang sulit dikerjakan dan belum kamu pahami

5 Cara Menghindari Distraksi saat Belajar dan Bekerja, Coba Terapkan!Ilustrasi pekerjaan yang sulit (unsplash.com/Christina@wocintechchat.com)

Saat belajar dan bekerja, biasanya terdapat beberapa hal yang sulit untuk diselesaikan serta belum kamu pahami dengan baik. Untuk kasus ini sebaiknya lewati terlebih dahulu bagian tersebut, lalu lanjutkan ke bagian atau pekerjaan lainnya yang memang lebih mudah untuk diselesaikan.

Ericson Ay Mires menyampaikan bahwa mendahulukan pekerjaan yang bisa kamu lakukan tanpa harus berpikir terlalu keras bisa membuat kamu lebih cepat menyelesaikan seluruh pekerjaan. Jika kamu hanya berkutat di bagian yang sulit, mungkin kadar fokusmu akan semakin terkuras sehingga kamu akan menjadi malas dan terdistraksi ketika mengerjakan bagian lainnya.

5. Berkoordinasi dengan rekan kerja, keluarga, atau pihak lainnya yang berada di sekitarmu

5 Cara Menghindari Distraksi saat Belajar dan Bekerja, Coba Terapkan!Ilustrasi berkoordinasi dengan rekan kerja (unsplash.com/Mimi Thian)

Selain faktor yang bersifat internal, terdapat pula faktor eksternal yang sering kali membuat seseorang terdistraksi. Ketika melakukan WFO, biasanya distraksi datang dari rekan kerja, sedangkan ketika WFH, distraksi biasanya datang dari keluarga yang ada di sekitarmu.

Faktor eksternal memang sulit diatasi jika hanya seorang diri. Nir Eyal menyarankan untuk berdiskusi dengan rekan kerja atau keluargamu. Sebutkan jadwal yang kamu butuhkan untuk fokus bekerja dan ruang sendiri tanpa distraksi. 

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari distraksi saat belajar ataupun bekerja. Bagi kamu yang mudah terdistraksi, sebaiknya segera lakukan beberapa cara di atas agar tetap fokus dan disiplin, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Harus Belajar Mengungkapkan Apa yang Kamu Rasakan

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya