Comscore Tracker

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametan

Culametan met met...

Video pendek Culametan seorang gadis kecil asal Kabupaten Bandung ini sedang viral di dunia maya. Bahkan banyak orang yang menjadikannya sebagai lagu TikTok mereka. Video tersebut dibuat oleh seorang gadis SMP bernama Risa.

Dengan wajah, suara, logat, dan perawakannya yang imut, ditambah kata-katanya yang lucu, ia berhasil membuat video tersebut viral. Dalam kaidah Bahasa Sunda, 'culametan' memiliki arti sifat orang yang suka meminta-minta makanan kepada orang lain, namun ketika ia diminta oleh orang lain, tidak mau memberi.

Selain culametan. ada banyak julukan sifat-sifat buruk manusia dalam Bahasa Sunda? Cek, yuk!

1. Balaga

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/gedungsate

Jika ada salah seorang temanmu yang memiliki sifat banyak gaya karena unggul dalam kemampuan tertentu, ia bisa disebut balaga dalam Bahasa Sunda.

Lebih mudahnya, arti balaga adalah banyak gaya karena merasa memiliki suatu hal yang lebih daripada orang lain.

2. Cologog

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/disbudpar.bdg

Cologog memiliki arti seseorang yang tidak memiliki kesopanan. Namun, cologog mempunyai kriteria tersendiri untuk orang yang tidak sopan tersebut.

Orang yang suka meminta atau mengambil barang orang lain, masuk rumah orang lain tanpa izin karena merasa sudah saling mengenal, dalam Bahasa Sunda bisa disebut dengan cologog.

Walaupun merasa sudah saling mengenali satu sama lain, namun kita haruslah selalu meminta izin ketika mengambil dan memasuki rumah orang lain.

3. Codéka

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/budayasaya

Codéka adalah orang yang memiliki kelakuan buruk atau tidak baik kepada orang lain. Kelakuan buruk tersebut mengarah kepada suatu hal yang mencelakakan orang lain.

Sebagai contoh, saat sekolah, kamu suka sekali bercanda dengan menarik kursi orang lain ketika ia akan duduk. Mungkin tujuanmu hanya bercanda, namun candaan atau perbuatan tersebut dapat menimbulkan hal yang sangat buruk bagi kesehatan temanmu. 

Baca Juga: 7 Kata Bahasa Jawa yang Sulit Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia

4. Nurustunjung

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/angklungudjo

Apakah kamu pernah bertemu orang yang suka berbuat seenaknya namun sama sekali tidak memikirkan dan memedulikan risiko atas apa yang telah ia perbuat? Atau teman yang sudah kamu bela saat ia susah, namun malah menjauhimu saat ia sedang dalam masa senang?

Mengesalkan sekali, bukan? Nah, dalam Bahasa Sunda orang tersebut dapat dikatakan sebagai orang yang nurustunjung. Alias tidak tahun malu.

5. Baragajul

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/paribasasunda

Orang yang memiliki sifat di mana ia tidak mau menuruti aturan atau norma yang ada, hidupnya selalu dipenuhi dengan hal-hal yang buruk, dimulai dari cara berbicara, cara berpakaian, cara berteman, dan lainnya biasa disebut "baragajul" dalam Bahasa Sunda.

Lebih mudahnya jika diartikan secara harfiah, baragajul memiliki arti berandal.

6. Agul

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/paribasasunda

Pasti dari setiap kita selalu bertemu dengan orang yang suka memamerkan apa yang dia punya. Seperti harta, kekayaan, keturunan, hingga keahlian yang dia miliki.

Orang tersebut melakukan hal seperti yang telah disebutkan karena ingin bahkan haus akan sanjungan orang lain.

Dalam Bahasa Sunda, ia biasa disebut dengan "agul". Atau dalam Bahasa Indonesianya, secara sederhana dapat diartikan sebagai sombong karena ingin disanjung.

7. Basangkal

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/paribasasunda

Basangkal dalam Bahasa Sunda ditujukan kepada anak-anak yang tidak menurut bahkan tidak mematuhi orang tuanya. Kata ini bisa disamakan dengan “bandel” dalam Bahasa Indonesia.

8. Nalaktak

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/paribasasunda

Senang sekali ya, jika melihat anak-anak bahkan orang dewasa bergerak aktif. Namun, beberapa golongan orang senang melakukan kegiatan aktif yang justru membahayakan atau mencelakakan dirinya dan orang lain.

Jika ingin menyebutnya dalam Bahasa Sunda, kita cukup menyebut bahwa ia adalah tipe orang yang "nalaktak". Perbuatannya selalu mencelakakan diri sendiri maupun orang lain.

9. Korét/Pedit

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/paribasasunda

Jika culametan ditujukan untuk orang yang suka meminta namun sangat pelit jika diminta hanya dalam soal makanan, korét atau pedit ditujukan untuk orang yang sangat pelit dalam berbagai hal.

10. Baketut

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametanflickr.com/anuurang

Pernakah kamu melihat orang yang wajahnya tidak pernah tersenyum, selalu cemberut, galak, atau ekspresi lain yang tidak mengenakan hati?

Orang Sunda biasa menyebutnya sebagai baketut. Di mana orang tersebut memiliki mimik wajah yang selalu masam atau tidak enak untuk dilihat.

11. Bangkawarah

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/syahnazs

Codéka dan bangkawarah memiliki arti yang hampir mirip, orang yang suka melakukan hal tidak baik. Bedanya, codéka merupakan kelakuan tidak baik atau buruk yang mencelakakan orang lain.

Bangkawarah adalah semua kelakuan tidak baik yang dilakukan oleh orang, di mana ia seperti tidak pernah diajari untuk berkelakuan baik atau mengikuti norma yang ada. Jika diartikan secara sederhana dalam Bahasa Indonesia bangkawarah memiliki arti yang sama dengan ‘kurang ajar’.

12. Culangung/Calutak

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/disbudpar.bdg

Cologog dan culangung atau calutak memiliki arti yang sama, yaitu orang yang tidak memiliki kesopanan. Namun kriteria ketidaksopanannya sangatlah berbeda.

Pada culangung atau calutak, biasa ditujukan kepada orang muda yang tidak memiliki kesopanan terhadap orang yang lebih tua.

13. Aduan

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametanflickr.com/diantn

Kata ini sudah tidak asing di telinga kebanyakan masyarakat Indonesia, dan bahkan memiliki arti yang sama.

Aduan merupakan sifat di mana seseorang yang suka mengadukan masalah orang lain ke yang lainnya. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk mengundang permusuhan di antara orang-orang tersebut.

14. Barangasan

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametaninstagram.com/hengkykurniawan

Barangasan adalah sifat seseorang yang mudah sekali marah. Hal yang tidak mengenakan walau kecil sekalipun, emosi marah tersebut akan mudah keluar dan memuncak.

Orang dengan sifat ini cukup sering ditemukan dalam kehidupan bersosialisasi antar manusia.

15. Badeur dan Bangor

15 Kata Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda Selain Culametanflickr.com/Kesultanan dan Kerajaan di Indonesia

Badeur dan bangor memiliki arti yang sama, yaitu nakal. Namun, badeur merupakan sifat orang nakal yang tidak bisa dinasihati. Sementara bangor merupakan sifat orang nakal yang tidak bisa dilarang saat ingin melakukan hal apa saja sekalipun itu berbahaya.

Bagaimana, Bahasa Sunda cukup rumit, bukan? Padahal masih ada banyak sifat-sifat buruk manusia lainnya dalam Bahasa Sunda. Dan banyak di antara kata-kata tersebut jika diartikan ke Bahasa Indonesia memiliki arti yang sama. Namun berbeda peruntukan.

Sebagai anak muda, kita haruslah melestarikan bahasa daerah, menjunjung tinggi Bahasa Indonesia, dan jangan lupa untuk menguasai bahasa asing. Salam culametan met met!

Baca Juga: Peringati Bahasa Ibu, 10 Meme Sunda Ini Bikin Ngakak Abis! 

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

EDITH # "Never discourage anyone...who continually makes progress, no matter how slow." - Plato

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya