Comscore Tracker

5 Hal dalam Skripsimu Ini Bikin Dosbing Bangga!

Sudah saatnya kamu bangkit dan kerjakan skripsimu lagi!

Mengerjakan tugas akhir atau skripsi memang terkadang sering membuat kamu lelah, bosan dan rasanya ingin berhenti saja. Nah, salah satu penyebabnya adalah kamu tidak merasa dihargai ketika dikritik atau dikoreksi oleh dosen pembimbingmu, lho.

Solusinya gampang, kok. Kamu cukup mengatasinya dengan membuat skripsimu lebih terlihat profesional dan bisa bikin dosen pembimbingmu bangga. Simak kelima hal berikut ini ya! Dan siap-siap skripsimu akan berubah jadi lebih ciamik.

1. Judul yang menarik dan punya dampak besar untuk kemajuan ilmu pengetahuan

5 Hal dalam Skripsimu Ini Bikin Dosbing Bangga!Ilustrasi penyusunan rencana (unsplash.com/Scott Graham)

Sudah tentu hal pertama yang akan dilihat oleh dosen pembimbing dari skripsi kamu adalah judul, kan. Ternyata judul yang menarik bisa membuat dosenmu lebih tertarik, lho!

Apalagi jika judul skripsimu yang mempunyai dampak besar untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Dijamin dosenmu akan bangga denganmu dn akhirnya mereka akan lebih proaktif dan mendukungmu untuk segera menyelesaikannya.

Asyiknya lagi, jika skripsimu yang menarik dan punya dampak besar itu selesai dikerjakan, kemungkinan besar bisa dijadikan sebuah jurnal dan bisa menjadi acuan banyak orang, lho!

2. Mempunyai sumber pustaka terkini dan tepercaya

5 Hal dalam Skripsimu Ini Bikin Dosbing Bangga!Ilustrasi pustaka lengkap (unsplash.com/Susan Q Yin)

Selain judul skripsi, hal lain yang sering dilihat oleh dosen pembimbing (dosbing) adalah sumber pustakamu. Dosbing akan melihatnya dari tahun daftar pustaka itu diterbitkan dan melihat pustakanya tepercaya ataukah tidak.

Mereka akan lebih bangga denganmu bila menggunakan pustaka terbaru dan dari sumber yang tepercaya, lho. Seperti pustaka tahun sekarang dan pustaka yang bersumber dari penulisnya langsung, bukan dari kutipan orang lain.

Nah, hal itu menunjukkan bahwa skripsimu bukan lagi sekadar tugas yang harus kamu selesaikan saja. Melainkan sebuah tugas penelitian yang punya peran juga untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Baca Juga: 5 Kegiatan untuk Sumber Inspirasi Temukan Judul Skripsi, Valid!

3. Metode penelitian yang rinci dan kredibel

5 Hal dalam Skripsimu Ini Bikin Dosbing Bangga!Ilustrasi membuat metode yang rinci (unsplash.com/Campaign Creators)

Ketika konsultasi dengan dosbing pasti sering ditanyakan tentang ini, bukan? Pertanyaan yang selalu mereka tanyakan untuk mengukur tingkat keakuratan penelitian yang kamu lakukan.

Dosen biasanya akan senang apabila metode penelitin yang dituliskan bisa lebih rinci dan kredibel atau ada sumber acuannya. Alhasil, penelitianmu akan terlihat lebih dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan

Selain itu, metode yang kamu tulis secara jelas dan rinci kelak akan memudahkan orang lain yang ingin mempraktikkan hal yang sama, lho! Jika metode yang kamu lakukan benar, hasilnya juga akan sama dengan hasil yang sudah pernah kamu lakukan.

4. Belum pernah diteliti sebelumnya

5 Hal dalam Skripsimu Ini Bikin Dosbing Bangga!Ilistrasi terbaru (unsplash.com/Nick Fewings)

Skripsi memang sebuah media kamu untuk berlatih melakukan penelitian. Biasanya dosen kamu tetap membiarkan kamu untuk meniru dan sedikit memodifikasi dari penelitian yang sudah pernah dilakukan.

Namun, alangkah lebih baiknya bila penelitian yang akan kamu lakukan untuk skripsimu adalah penelitian hang baru dan belum pernah dilakukan oleh siapa pun.

Dijamin dosbing kamu bisa sangat bangga, lho. Kamu juga akan bisa memperoleh nilai plus dari mereka.

Memang butuh riset yang cukup dalam untuk menemukan penelitian yang baru dan belum pernah diteliti sebelumnya. Namun jangan menyerah, hal itu bukan hal yang mustahil untuk dilakukan, kok.

5. Memiliki ide yang innovatif dan solutif

5 Hal dalam Skripsimu Ini Bikin Dosbing Bangga!Ilustrasi inovatif (unsplash.com/Max Felner)

Salah satu tujuan kamu dalam menyusun skripsi adalah menyelesaikan masalah, kan. Nah, biasanya dosenmu akan selalu menanyakan perihal ini juga, lho. 

Mereka akan bangga jika ide dari skripsimu lebih solutif dan inovatif. Terkadang biaya yang dikeluarkan untuk penelitian juga tidak murah. Butuh banyak effort dan tenaga untuk melakukannya juga. 

Carilah ide skripsi dari suatu masalah yang kamu temukan. Kembangkan dengan cara yang lebih kreatif supaya jadi sebuah solusi dan bisa diaplikasikan di kehidupan.

Kelima hal di atas bisa banget kan, jadi motivasimu buat ngerjain skripsi. Kamu bisa terapkan dan buat dosenmu senyum bahagia, lho. Selamat berjuang!

Baca Juga: Nyusun Skripsi? Ini Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Norman Wijaya Photo Verified Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya