Comscore Tracker

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!

Bahasa Indonesia mencapai 199 juta pengguna, lho!

Bahasa merupakan sarana komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk saling berinteraksi dan bersosialisasi. Dengan adanya bahasa manusia bisa memahami apa yang disampaikan dan diinginkan oleh lawan bicaranya.

Jumlah bahasa yang ada di dunia sangatlah beragam, hampir mencapai 6000-7000 bahasa. Tentu saja bahasa tersebut memiliki dialek yang berbeda-beda dengan satu daerah dan daerah lainnya. Berikut sepuluh bahasa paling populer di dunia dari segi penutur asli dan merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Langsung simak uraiannya!

1. Bahasa Inggris - 1,13 miliar penutur

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!Pixabay.com/BijaST

Diurutan pertama, bahasa dengan jumlah pengguna terbanyak adalah bahasa Inggris. Saat ini, bahasa Inggris adalah bahasa bisnis internasional dan merupakan bahasa resmi utama di antara negara-negara lain di Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Irlandia, Nigeria, Australia, dan Namibia. Bahasa Inggris menyebar melalui penjajahan, perdagangan, dan interaksi. 

2. Mandarin - 1,12 miliar penutur  

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!ThoughtCo.com

Bahasa Cina Mandarin adalah bahasa lisan terpopuler kedua di dunia dengan total 1,12 miliar penutur. Mandarin adalah bagian dari rumpun bahasa Sino-Tibet yang tersebar di sebagian besar Asia. Dari asalnya di Cina, lima bahasa Cina utama (Mandarin, Yue yang meliputi Kanton, Min, Wu, dan Hakka) juga digunakan secara luas di Taiwan, Singapura, dan Malaysia.

3. Hindi - 615 juta penutur 

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!YouTube.com

Akar bahasa Hindi berasal dari bahasa Sanskerta, bahasa awal yang digunakan oleh pemukim Arya di barat laut India sekitar tiga ribu tahun yang lalu. Selama berabad-abad, bahasa Hindi dipengaruhi oleh Dravida, Turki, Portugis, Persia, Arab, dan Inggris. Dengan 615 juta penutur di seluruh dunia, bahasa Hindi adalah bahasa dominan di India, dan juga digunakan di Nepal, AS, Afrika Selatan, Yaman, dan Mauritius.

4. Spanyol - 534 juta penutur

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!Thoughtco.com

Bahasa Spanyol muncul di Semenanjung Iberia (sekarang, Spanyol dan Portugal) dari interaksi antara orang Celtic yang berbahasa Celtic dan orang Romawi yang berbahasa Latin. Setelah invasi Arab Afrika Utara dan suku-suku Jerman, dialek Kastilia muncul yang membawa bahasa Spanyol standar. Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi di Spanyol dan banyak negara Amerika Latin seperti Argentina, El Salvador, Chili, Meksiko, Guatemala, dan Kosta Rika.

5. Prancis - 280 juta penutur 

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!Idntimes.com

Bahasa Prancis dituturkan oleh sekitar 280 juta orang di seluruh dunia. Secara historis, bahasa Prancis diadopsi oleh kelompok Frank Jerman yang menyerang, dan dipengaruhi oleh unsur-unsur Jermanik, Latin, dan bahasa Galia. Selain asalnya di Prancis, bahasa Prancis juga digunakan di Belgia, Luksemburg, Swiss, Kanada, Pantai Gading, Mali, dan Haiti.

Baca Juga: 7 Pasang Kata Bahasa Inggris yang Diartikan Sama di Bahasa Indonesia

6. Bahasa Arab - 274 juta penutur 

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!Twitter.com/@penggemarbarap

Bahasa Arab adalah bagian dari bahasa Semit yang berasal dari Jazirah Arab. Suku nomad di Jazirah Arab memfasilitasi penyebaran bahasa ini saat mereka berpindah dari satu daerah ke daerah lain. Bahasa Arab digunakan secara luas di Timur Tengah dan beberapa negara Asia, termasuk Uni Emirat Arab, Irak, Arab Saudi, Yaman, Sudan, Qatar, Afghanistan, Iran, dan Indonesia.

7. Bengali - 265 juta penutur

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!Youtube.com

Bahasa Bengali dituturkan oleh sekitar 265 juta orang di seluruh dunia. Bahasa ini adalah Indo-Arya dan diturunkan dari dialek Sanskerta dan Magadhi Prakrit yang digunakan di Bengal. Bengali adalah bahasa resmi di Bangladesh dan digunakan secara luas di India dan Sierra Leone serta di Inggris, AS, dan Timur Tengah.

8. Rusia - 258 juta penutur

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!Twitter.com/@faktabahasa

Bahasa Rusia adalah Slavia, dari keluarga linguistik Indo-Eropa. Ini dikembangkan dari dialek Polania, yang populer di Kyiv, ibu kota negara Slavia Timur pertama 1.000 tahun yang lalu, Kyivan Rus. Bahasa Rusia adalah bahasa resmi Rusia dan juga digunakan di Ukraina, Latvia, Armenia, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Lituania, negara-negara bekas Uni Soviet.

9. Portugis - 234 juta penutur 

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!Twitter.com/@akubahas_id

Bahasa Portugis adalah bahasa kesembilan yang paling umum digunakan di dunia. Bahasa Portugis adalah bahasa Roman yang berkembang di wilayah barat Semenanjung Iberia (sekarang Portugal dan Spanyol). Ini adalah bahasa resmi di Portugal serta Angola, Brasil, Cape Verde, Timor Leste, Mozambik, dan Guinea-Bissau sebagai hasil penjajahan Portugis.

10. Bahasa Indonesia - 199 juta penutur

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!Twitter.com/@kemdikbud_RI

Bahasa Indonesia adalah dialek Bahasa Melayu dan satu-satunya dari rumpun bahasa Austronesia yang muncul dalam daftar sepuluh bahasa yang paling banyak digunakan. Selama berabad-abad digunakan di Indonesia sebagai lingua franca, yang berarti bahasa yang digunakan penutur asli dari berbagai bahasa untuk berkomunikasi. Pada tahun 1945, ketika Indonesia dinyatakan merdeka dari Belanda, bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi negara

Pada intinya semua bahasa digunakan sebagai sarana komunikasi untuk bertukar informasi. Sebagai bangsa Indonesia kita patut bangga, karena bahasa Indonesia masuk sebagai bahasa yang banyak digunakan di dunia.

Baca Juga: 7 Kata Bahasa Italia Ini Sama Persis dengan Bahasa Spanyol

Nur Kholid Photo Verified Writer Nur Kholid

Mari berproses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya