Comscore Tracker

Cara Belajar Asyik Lewat Aplikasi yang Sering Digunakan di Ponselmu

Bisa dilakukan di mana saja loh!

Saat ini masih banyak sekolah dan kampus yang diliburkan karena pandemi COVID-19 masih berlangsung. Mau tak mau kamu harus bisa belajar secara online.

Belajar online gak harus kaku dengan terus-menerus memakai laptop, smartphone Android atau iPhone-mu juga bisa loh! Bahkan aplikasi yang sering kamu gunakan di ponselmu juga bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan. Bisa ya? Bisa dong. Kamu yang generasi millenials dan Gen Z harus bisa mengeksplorasi ilmu di sekitarmu, termasuk di dunia digital untuk pengembangan diri.

Tidak usah berlama-lama, mari simak bagaimana cara belajar asyik melalui aplikasi yang sering digunakan di ponselmu pada list  berikut!

1. Selalu ikut seminar online via Zoom

Cara Belajar Asyik Lewat Aplikasi yang Sering Digunakan di PonselmuUnsplash/Allie

Zaman sekarang ini, video conference tidak hanya bisa dilakukan melalui komputer. Bermodalkan smartphone Android dan iPhone saja sudah bisa melakukan video conference melalui aplikasi Zoom.

Zoom merupakan salah satu aplikasi video conference yang populer di dunia dan mudah digunakan. Banyak seminar online atau webinar yang diadakan melalui aplikasi ini. Bahkan, belajar atau kuliah online bersama guru atau dosenmu sering menggunakan aplikasi ini.

Bagaimana dengan paket data internetnya? Kini, tak perlu khawatir lagi untuk mengikuti kuliah dan seminar online sesering mungkin. Gunakan by.U alias kartu SIM digital pertama di Indonesia. Harga kuota datanya dijamin murah dan terjangkau banget! Kamu bisa membelinya hanya dengan sentuhan jarimu pada aplikasi by.U yang tersedia di Play Store dan App Store.

Pembayarannya juga eksklusif lho karena hanya menggunakan e-money yang tersedia di ponselmu. Banyak pilihan paket data utama yang terjangkau, baik unlimited dan menggunakan kuota. Paket unlimited termurahnya seharga 30 ribu rupiah untuk masa berlaku 7 hari. Sedangkan paket kuota termurahnya seharga 10 ribu rupiah dengan kuota sebesar 10 GB dengan masa berlaku 1 hari.

2. Menonton video pembelajaran di YouTube

Cara Belajar Asyik Lewat Aplikasi yang Sering Digunakan di Ponselmuting.com

Para millennials dan Gen Z paling gemar nih nonton video lewat YouTube. Eh, jangan lupa menonton video pembelajaran juga ya! Video pembelajaran ini sangat berguna ketika kamu tidak bertatap muka dengan guru atau dosenmu secara langsung. Tinggal subscribe channel yang menyediakan materi pelajaranmu dan aktifkan notifikasinya supaya kamu tidak ketinggalan.

Jangan takut streaming video pembelajaran berlama-lama sampai kamu paham karena kuota data by.U berlimpah loh. Ditambah lagi ada kuota topping yang bisa kamu beli sesuai kebutuhanmu. Kuota topping YouTube yang paling gila yaitu 100 GB dengan masa berlaku 1 hari seharga 10 ribu rupiah lho!

Kalau kamu capek streaming YouTube terus-terusan dan takut kuota terbuang sia-sia, kamu bisa beli kuota 3 GB dengan masa berlaku 30 hari seharga 12.500 rupiah.

Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin, Gratis dan Mudah Dipahami

3. Pengetahuan menarik yang tersedia di timeline Instagram-mu

Cara Belajar Asyik Lewat Aplikasi yang Sering Digunakan di PonselmuUnsplash/alex bracken

Jangan cuma ada foto sohib dan idolamu di timeline Instagram-mu. Follow juga akun Instagram yang menyajikan info dan pengetahuan, apalagi tentang materi pelajaranmu. Contoh akun tersebut adalah NASA Goddard, National Geographic, The Smitshsonian, The British Library, dan sebagainya.

Bisa juga kamu mengikuti live Instagram yang membahas tentang ilmu pengetahuan. Hal ini bertujuan supaya kamu tidak menghabiskan waktumu dengan sia-sia. Ingat, tugas pelajar dan mahasiswa adalah belajar, hehehe.

Gak tanggung-tanggung, By.U juga menyediakan kuota data untuk Instagram loh! Harganya murah banget, yaitu 5 ribu rupiah dengan kuota topping 3 GB yang berlaku selama 30 hari. Kuota tersebut jelas untuk pemakaian Instagram aja, tidak ada ketentuan yang tidak jelas dan tambahan biaya. Simpel kan?

4. Belajar dan berdiskusi via grup WhatsApp

Cara Belajar Asyik Lewat Aplikasi yang Sering Digunakan di PonselmuUnsplash/Christian Wiediger

Selain untuk bergosip dengan sohibmu, WhatsApp juga bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan loh! Kamu bisa membuat group chat untuk belajar melalui WhatsApp, seperti grup kelasmu. Apalagi jika ada tugas sekolah atau kuliah, kamu bisa buat grup kelompok belajar di aplikasi tersebut.

Sumber belajarnya dapat berupa dokumen, gambar, video, dan voice note yang dikirimkan di grup tersebut. Ditambah lagi kamu bisa saling berdiskusi menggunakan video call sampai delapan orang. Selain itu, seminar online juga sering diadakan di aplikasi ini melalui sebuah grup dengan kapasitas maksimal 256 orang.

Paket data by.U juga fleksibel banget loh! Kamu yang hanya perlu memakai aplikasi ini pun terbantu dengan adanya kuota topping untuk WhatsApp. Kamu bisa membelinya seharga 8.500 rupiah dengan kuota 2 GB yang berlaku selama 30 hari. 

5. Browsing segala informasi yang belum kamu ketahui di Google Chrome

Cara Belajar Asyik Lewat Aplikasi yang Sering Digunakan di PonselmuPexels/Deepanker Verma

Di mana kamu mempunyai smartphone, di situ pula kamu tidak luput dari browsing atau berselancar di dunia maya. 

Salah satu browser populer yang sering kamu gunakan adalah Google Chrome. Biasanya, pada browser tersebut sudah diatur saat dibuka pertama kali dengan tampilan search engine Google. Kamu bisa mengetikkan kata kunci informasi yang kamu inginkan, lalu buka hasil pencarian yang sesuai.

Jika kamu mengetahui alamat website yang ingin kamu buka, tinggal ketik di bagian address bar browser-mu. Materi pelajaranmu pun bisa kamu cari dengan kedua cara tersebut.

Setelah membaca list di atas, apakah kamu sudah terinspirasi untuk memanfaatkan ponselmu menjadi sarana belajar? Jangan lupa gunakan provider by.U untuk mengakses ilmu pengetahuan #SemuanyaSemaunya secara digital. Jika kamu melakukannya secara rutin, dijamin kamu akan memiliki wawasan yang luas!

Baca Juga: Meski Hanya Semalam, 6 Cara Ini Bantu Kamu Mengingat Materi Belajar

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya