Comscore Tracker

7 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin, Gratis dan Mudah Dipahami

Cocok untuk kamu yang ingin studi ke luar negeri!

Salah satu bahasa yang banyak digunakan oleh penduduk dunia adalah Mandarin, bahasa resmi Tiongkok dan Taiwan. Diperkirakan, bahasa Mandarin dipakai oleh 15 persen dari seluruh populasi manusia. Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi ke Tiongkok atau Taiwan, ada baiknya untuk menguasai bahasa Mandarin.

Tidak hanya belajar dari buku, film, atau lagu, kamu juga bisa belajar bahasa Mandarin dari aplikasi, lho! Coba unduh aplikasi ini ke gadget-mu, dijamin semakin lancar!

1. HelloChinese

7 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin, Gratis dan Mudah Dipahamiredferret.net

Ingin belajar bahasa Mandarin dengan cara yang fun dan asyik? Coba unduh HelloChinese, aplikasi yang diluncurkan pada 11 Juli 2015 dan berhasil meraih lebih dari 5 juta unduhan di Google Play Store. Karena tipenya game-based, kamu tidak akan bosan dan semakin termotivasi untuk belajar.

Ada berbagai tipe games, seperti mendengarkan (listening), menerjemahkan, mengeja kata-kata, dan grammar. HelloChinese akan menjelaskan huruf hànzì kata per kata beserta arti dan pelafalannya. HelloChinese juga mendukung karakter Mandarin tradisional maupun yang disederhanakan. Kamu pun bisa belajar percakapan sehari-hari dalam bahasa Mandarin, misalnya cara memesan makanan.

2. Drops: Learn Mandarin Chinese

7 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin, Gratis dan Mudah Dipahamiapple.com

Bosan harus menghafal huruf Mandarin terus-menerus? Dengan Drops: Learn Mandarin Chinese, kamu bisa belajar dengan cara yang menyenangkan. Drops menyediakan kosa kata praktis yang mudah melekat di ingatan. Hal ini didukung dengan grafik yang memanjakan mata dan ada mini-games juga, lho!

Drops memiliki 99 topik dengan 1700 kata dalam bahasa Mandarin. Kamu bisa memakainya secara gratis maupun berbayar. Paket berlangganan dibanderol dengan harga US$2.99 atau Rp42,9 ribu per bulan. Menariknya lagi, Drops juga menyediakan puluhan aplikasi untuk belajar bahasa lain, seperti Prancis, Jerman, sampai Tagalog!

3. Learn Chinese - Listening and Speaking

7 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin, Gratis dan Mudah Dipahamiplay.google.com

Aplikasi lain yang bisa dicoba adalah Learn Chinese - Listening and Speaking yang dikembangkan oleh Poro Zhongwen. Di dalamnya disediakan lebih dari 750 dialog per hari dengan berbagai topik pembicaraan, mulai dari salam, perkenalan, belanja, pembicaraan dengan keluarga, sampai percakapan bisnis.

Pembicaraan ini tersedia dalam file audio yang diucapkan oleh penutur asli. Kamu juga bisa memahami arti kosakata baru dan dan makna kalimat lengkap. Menariknya, jika kamu sedang mengemudi, kamu bisa tetap belajar dengan mendengarkan daftar putar. Aplikasi ini bisa digunakan oleh pemula, tingkat menengah, dan lanjutan.

4. Learn Chinese & Learn Mandarin Free

7 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin, Gratis dan Mudah Dipahamiplay.google.com

Aplikasi bernama Learn Chinese & Learn Mandarin Free dari pengembang ChineseSkill juga perlu kamu coba. Dengan aplikasi ini, kamu bisa belajar alfabet dan tata bahasa Mandarin. Totalnya, ada lebih dari 150 tata bahasa, 300 pola kalimat, 1.000 kata kunci dan frasa, serta 1.500 karakter Mandarin yang penting dan sering digunakan.

Kurikulum yang diajarkan dengan aplikasi ini akan membantumu lulus Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) atau tes kecakapan bahasa Mandarin di level 1-2. Setelah mengunduh, tidak diperlukan koneksi internet, sehingga kamu bisa menghemat paket data dengan belajar offline. Ada pula rekaman audio dari penutur asli untuk belajar listening.

Baca Juga: 7 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

5. Learn Chinese AI-Super Chinese

7 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin, Gratis dan Mudah Dipahamiapk.support

Learn Chinese AI-Super Chinese mengandalkan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Pelajaran yang ada di dalamnya diambil dari kehidupan nyata dan disajikan dengan cara yang asyik. Kamu bisa belajar lebih cepat berkat video animasi dan cerita visual, sehingga kamu tidak mudah bosan.

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 800 pelajaran yang dibagi menjadi 12 level dengan lebih dari 50 tema menarik. Kamu bisa mengetahui tingkat kemahiranmu dengan tes kecakapan berbasis AI. Berkat kecanggihannya, aplikasi ini berhasil meraih lebih dari 1 juta unduhan di Google Play Store, padahal baru dirilis pada 5 Juni 2019 lalu.

‎6. Chineasy

7 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin, Gratis dan Mudah Dipahamichineasy.com

Sesuai dengan namanya, kamu bisa belajar bahasa Mandarin dengan mudah memakai Chineasy. Kamu bisa enjoy belajar, tak peduli apakah kamu seorang pemula atau tidak. Dengan Chineasy, kamu bisa mempelajari karakter, percakapan, hingga budaya Tiongkok. 

Aplikasi ini mendukung bahasa Mandarin versi tradisional dan simplified sekaligus. Chineasy tersedia dalam versi gratis maupun premium. Pembayaran per bulan sekitar US$4.99 atau Rp71,‎6 ribu. Sementara, pembayaran per tahun US$39.99 atau sekitar Rp574 ribu. Do you want to try?

7. Daily Chinese

7 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin, Gratis dan Mudah Dipahamiplay.google.com

Dan yang terakhir, kamu bisa menjajal aplikasi Daily Chinese yang dikembangkan oleh Mojay, LLC. Di dalamnya ada lebih dari 9.000 kata dan idiom yang bisa kamu pelajari. Tampilannya yang minimalis dan clean akan membuatmu lebih fokus pada pelajaran.

Ada sistem pengulangan untuk memastikan kamu tidak lupa dengan apa yang sudah dipelajari dan mengetahui progress dari waktu ke waktu. Aplikasi Daily Chinese tergolong baru, tepatnya dirilis pada 14 Juni 2019 dan baru diunduh sebanyak 10 ribu kali di Google Play Store.

Nah, itulah 7 aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Mandarin. Jangan lupa diunduh dan dicoba, ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Perekam Panggilan Terbaik, Bisa untuk Menyimpan Bukti

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya