Comscore Tracker

5 Trik Belajar dengan Produktif, Lakukan Manajemen Energi dan Waktu!

Optimalkan waktu belajar jangan lakukan multitasking!  

Bisa belajar banyak hal dalam waktu yang singkat merupakan impian semua orang. Dengan mengoptimalkan waktu yang dimiliki, proses belajar akan terasa lebih maksimal dan menyeluruh. Hal yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh setiap pelajar.

Dengan mengoptimalkan waktu belajar, maka kamu masih punya kesempatan untuk bisa melakukan hobi dan kegiatan bermanfaat lainnya. Lantas, bagaimanakah cara untuk lebih produktif dalam belajar? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Istirahat setiap 90 menit  

5 Trik Belajar dengan Produktif, Lakukan Manajemen Energi dan Waktu!ilustrasi istirahat belajar (pexels.com/Karolina Grabwoska)

Mengoptimalkan waktu belajar, bukan berarti kamu gak boleh berhenti sebelum pekerjaanmu tuntas. Alih-alih akan cepat selesai, hal tersebut malah akan menghilangkan fokusmu. Sehingga, penting untuk menyisipkan waktu istirahat di sela-sela belajar. Dilansir dari Themuse, Tony Schwartz, presiden dari Energy Project, menyebutkan bahwa, tubuh manusia memiliki siklus energi yang beroperasi pada interval 90 menit sepanjang hari.

“Rahasia kontra-intuitif untuk kinerja hebat yang berkelanjutan adalah hidup seperti pelari cepat. Dalam praktiknya, itu berarti bekerja dengan intensitas tinggi saat pagi hari, gak lebih dari 90 menit pada setiap sesinya, dan kemudian istirahat,” ujarnya.

Ketika kamu belajar selama 1,5 jam atau lebih, maka tingkat kewaspadaan akan turun dan pikiranmu akan mengembara ke hal-hal lainnya. Sehingga, untuk mengembalikan energi tersebut, kamu bisa sekadar melihat sosial media atau berjalan-jalan keluar untuk mengembalikan fokus sebelum mulai belajar lagi. Lakukan cara tersebut secara berulang!

2. Fokus dan hindari distraksi  

5 Trik Belajar dengan Produktif, Lakukan Manajemen Energi dan Waktu!ilustrasi tanda jangan mengganggu (pexels.com/cottonbro)

Kamu pasti akan merasa kesal ketika sedang fokus belajar, tiba-tiba ada yang mengganggu. Gak cuman bisa buang-buang waktu, hal tersebut juga bisa bikin mood kamu berubah jadi buruk. Akan lebih buruk lagi, jika kamu termasuk seseorang yang susah balikin mood. Maka ketika hendak belajar lebih produktif, kamu perlu untuk menjauhi segala sumber distraksi atau melakukan sesuatu.

Menyikapi hal tersebut, Andrew Marsh, seorang CEO dari Fifth Column Games, dikutip dari Themuse, memberikan tips dengan menempatkan “cone of silence” di tiap meja karyawannya, untuk menandakan bahwa mereka sedang fokus dan gak bisa diganggu kecuali untuk sesuatu yang darurat. 

“Saya menggunakan cone of silence ketika sedang mengerjakan proyek kompleks yang perlu saya fokuskan. Mampu fokus secara intens tanpa gangguan adalah alat produktivitas yang berharga bagi semua orang,” tuturnya.

Nah, kamu juga bisa sontek cara tersebut dengan membuat tulisan di kertas “sedang fokus belajar” yang ditempel di pintu kamarmu atau cara lainnya. Sehingga, orang-orang sekitar gak akan mengganggu atau memanggil kamu ketika waktu tersebut.

3. Kelola energi dan waktu dengan baik  

5 Trik Belajar dengan Produktif, Lakukan Manajemen Energi dan Waktu!ilustrasi mengelola waktu belajar (pexels.com/Monstera)

Untuk bisa belajar dengan produktif, kamu bukan hanya harus memperhatikan waktu, melainkan juga energi yang dikeluarkan. CEO dari Themuse, Kathryn Minshew, menyebutkan bahwa penting untuk memperhatikan kapan dalam hari tersebut waktu untuk produktif (jam berapa, kondisi bagaimana), dan fokuskan saat tersebut untuk belajar.

Kamu bisa mengeluarkan energimu dengan penuh saat jam-jam sibuk dan kondisi pikiran sedang baik untuk belajar. Namun, jangan sampai di waktu yang sama kamu juga melakukan kegiatan berat lainnya seperti les, kerja kelompok, dan sebagainya. Jadi sebaiknya, hindari melakukan dua tugas berat dalam waktu produktif belajar kamu.

Baca Juga: 5 Doa Sebelum Belajar Katolik Singkat, biar Belajar Lebih Lancar

4. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan  

5 Trik Belajar dengan Produktif, Lakukan Manajemen Energi dan Waktu!ilustrasi belajar yang menyenangkan (pexels.com/Andrea Picquadio)

Jangan jadikan produktif belajar sebagai beban. Sebaliknya, ciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar kamu bisa menikmatinya dan pembelajaran bisa terserap secara optimal. Dilansir dari Exam Study Expert, William Wadsworth, seorang psikolog dan study coach, menyebutkan bahwa, kamu bisa membuat waktu belajar jadi nyaman dengan mendengarkan musik atau meminum kopi.

Selain itu, pastikan juga ruangan tempat belajarmu rapi dan bersih, serta pilih alat tulis yang layak. Hati dan pikiran yang senang bisa menambah mood belajar kamu jadi lebih baik. Sehingga, proses belajar dengan produktif bisa dilakukan.

5. Jangan lakukan multitasking  

5 Trik Belajar dengan Produktif, Lakukan Manajemen Energi dan Waktu!ilustrai melakukan satu pekerjaan (pexels.com/Andrea Picquadio)

Melakukan multitasking memang akan mempercepat penyelesaian pekerjaan. Namun hal tersebut gak selamanya berdampak baik, karena kerap kali membuat seseorang sulit fokus. Wadsworth mengemukakan bahwa, untuk bisa produktif belajar akan lebih baik jika kamu memberikan perhatian dan konsentrasi penuh kepada satu pekerjaan saja. 

Setiap kali kamu mengalihkan perhatian dari tugas yang belum selesai ke tugas lainnya, maka kamu akan turut membawa ‘sisa perhatian’ dari tugas pertama. Secara gak langsung, itu akan menghabiskan energi dan fokus kamu. Sehingga, baik tugas pertama maupun kedua, semuanya gak akan bisa diselesaikan secara optimal.

Alih-alih melakukan multitasking, sebaiknya ketika kamu memiliki banyak hal yang perlu dipelajari, lakukanlah satu per satu. Pelajari hal yang paling mendasar terlebih dahulu, sebelum mempelajari sesuatu yang lebih kompleks.

Produktif belajar akan memberikan dampak baik bagi pemahaman kamu. Sehingga, lakukan caranya dengan tepat agar bisa menyerap pembelajaran lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Simpel untuk Lebih Disiplin Belajar, Terapkan, yuk!

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya