Comscore Tracker

Mau Sukses Belajar IELTS Secara Mandiri? 6 Hal Ini Wajib Kamu Punya!

Biar lebih efektif dan hasilnya maksimal!

Mungkin kamu sudah tahu kalau IELTS (International English Language Testing System) saat ini banyak digunakan sebagai persyaratan masuk universitas atau melamar kerja di luar negeri. Biasanya, berbagai universitas dan perusahaan di luar negeri mematok standar nilai tertentu untuk IELTS.

Karenanya, gak heran jika banyak orang yang ingin mendapatkan skor IELTS setinggi mungkin. Berbagai lembaga pun bermunculan menawarkan jasa bimbel IELTS. Sayangnya, mereka umumnya mematok harga mahal. Selain itu, ikut bimbel IELTS pun punya waktu belajar yang kurang fleksibel, sehingga terkadang kurang cocok buat kamu yang saat ini sedang sibuk bekerja.

Buat kamu yang gak mau ikut bimbel, kamu bisa belajar IELTS secara mandiri dan dapat skor tinggi. Tapi, kamu harus punya beberapa hal berikut.

1. Niat untuk mau berlatih IELTS secara disiplin dan konsisten

Mau Sukses Belajar IELTS Secara Mandiri? 6 Hal Ini Wajib Kamu Punya!ashford.edu

Hal mendasar yang kamu perlukan saat berlatih IELTS tentunya adalah niat. Kamu harus punya keinginan yang kuat untuk terus berlatih secara konsisten dan disiplin. Ingat, practice makes perfect!

2. Optimisme yang tinggi

Mau Sukses Belajar IELTS Secara Mandiri? 6 Hal Ini Wajib Kamu Punya!Unsplash/Alex Samuels

Meski terdengar klise, tapi rasa optimis sangat penting kamu miliki saat belajar IELTS. Mendapatkan skor IELTS tinggi mungkin bukan perkara mudah buat semua orang. Meski terlihat sulit, kamu harus berpikir positif bahwa kamu akan mendapatkan skor sesuai yang kamu inginkan. Pikiran positif juga bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan motivasi belajarmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Ikut Kursus Dulu Sebelum Tes IELTS

3. Kejujuran terhadap diri sendiri

Mau Sukses Belajar IELTS Secara Mandiri? 6 Hal Ini Wajib Kamu Punya!verywellmind.com

Hal lain yang gak kalah penting saat belajar IELTS secara mandiri adalah kejujuran. Seperti tes-tes lainnya, mengerjakan setiap section soal IELTS dibatasi oleh waktu. Saat berlatih mengerjakan soal, apakah kamu benar-benar mengukur waktu sesuai peraturan? Selain itu, apakah kamu juga yakin kalau kamu gak menyontek jawaban saat berlatih mengerjakan soal?

4. Rencana jadwal latihan yang jelas

Mau Sukses Belajar IELTS Secara Mandiri? 6 Hal Ini Wajib Kamu Punya!freepik.com

Kalau kamu ikut bimbingan IELTS di tempat les, mungkin kamu akan punya jadwal latihan yang jelas. Kalau kamu mau belajar secara mandiri, tentu kamu juga harus membuat jadwal yang juga jelas. Kamu harus mengalokasikan waktumu dengan baik dan adil untuk berlatih di setiap section IELTS, yaitu listening, reading, writing, dan speaking.

Jangan sampai kamu hanya banyak berlatih di satu atau dua section, sedangkan section yang lain mendapatkan porsi latihan yang lebih sedikit. Ingat, nilai akhir IELTS-mu adalah akumulasi dari berbagai section tersebut (band score), dan biasanya universitas akan mensyaratkan nilai  minimal untuk setiap section.

5. Sumber materi IELTS yang memadai

Mau Sukses Belajar IELTS Secara Mandiri? 6 Hal Ini Wajib Kamu Punya!britishcouncil.mu

Kalau kamu ikut les IELTS, mungkin kamu gak perlu cemas soal materi belajar IELTS. Pasalnya, kamu akan mendapatkan modul atau referensi literatur belajar dari guru lesmu. Tapi saat belajar IELTS secara mandiri, kamu harus proaktif mencari sendiri berbagai materi belajarmu.

Mencari buku dan referensi bagus itu penting. Kamu bisa mendapatkan berbagai buku ini di toko buku, baik di toko online atau offline. Berbagai materi persiapan IELTS penting untuk kamu pegang sebagai bahan belajar, supaya kamu terbiasa dan familier dengan tipe-tipe soal yang muncul di IELTS. Mungkin buku-buku itu harganya relatif mahal, tapi kalau kamu bandingkan dengan ikut kursus intensif tentu ini lebih murah.

Selain lewat buku, kamu bisa belajar IELTS secara online. Di banyak website dan YouTube, saat ini ada banyak contoh soal dan pembahasan IELTS yang bisa kamu akses secara gratis. Jadi, jangan malas untuk memaksimalkan belajarmu lewat internet, ya!

6. Alat bantu atau teman yang siap mendukung latihanmu

Mau Sukses Belajar IELTS Secara Mandiri? 6 Hal Ini Wajib Kamu Punya!britishcouncil.pl

Meski belajar secara mandiri, kamu juga harus tetap punya alat bantu atau teman yang siap mendukung proses belajarmu. Alat bantu bisa berupa cermin atau alat perekam suara yang bisa membantumu untuk berlatih di speaking section. Sementara itu, orang lain bisa membantu kita untuk berlatih di speaking atau writing section.

Buat kamu pejuang IELTS, apakah kamu sudah punya beberapa hal di atas? Demi masa depan yang cerah, yuk tetap semangat mengejar skor IELTS!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Ikut Simulasi Dulu Sebelum Tes Resmi IELTS

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya