Comscore Tracker

7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Melamar Beasiswa, Yuk Coba!

Kepercayaan diri penting dimiliki saat mendaftar beasiswa

Saat ini, ada banyak kesempatan beasiswa untuk kuliah ke dalam maupun luar negeri. Ada kesempatan dan peluang yang besar, tentu jumlah orang yang tertarik untuk mendaftarkan diri juga tak sedikit.

Beasiswa pun seakan gak pernah sepi peminat. Sebab ketatnya persaingan itulah, banyak juga orang yang kemudian merasa gak percaya diri untuk mendaftar beasiswa. Padahal, proses aplikasi beasiswa butuh kepercayaan diri supaya dapat berhasil memenangkan beasiswa yang dilamar tersebut. Yuk, tingkatkan kepercayaan dirimu ketika melamar beasiswa, lewat tujuh tips berikut ini.

1. Renungkan semua kelebihan dirimu dan tuliskan ke dalam bentuk list

7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Melamar Beasiswa, Yuk Coba!ilustrasi menulis (pexels.com/vk.studio)

Coba cek diri sendiri, apakah kamu sudah mengenal dirimu sendiri dengan baik? Jangan-jangan, kamu kurang percaya diri karena selama ini tidak mengenal diri sendiri dengan baik.

Coba renungkan kelebihan apa saja yang kamu miliki. Kemudian, tuliskan semua kelebihan tersebut ke dalam bentuk list. Sekalipun kamu merasa memiliki banyak kekurangan, tapi ingatlah bahwa setiap orang pasti diciptakan Tuhan dengan kelebihan.

Dengan membuat list kelebihan tersebut, kamu akan menyadari bahwa dirimu memiliki kelebihan yang bisa jadi "nilai jual" dalam aplikasi beasiswamu. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan dirimu.

2. Lakukan self-talk positif

7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Melamar Beasiswa, Yuk Coba!ilustrasi orang sedang melakukan self-talk (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips selanjutnya untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika melamar beasiswa yaitu melakukan self-talk positif. Cobalah untuk berbicara dengan diri sendiri dan meyakinkan diri bahwa kamu mampu dan layak untuk lolos beasiswa.

Buat kamu yang belum terbiasa, hal ini mungkin terdengar sedikit aneh. Namun, kamu pasti bisa melakukannya, kok. Percayalah, melakukan self-talk dengan afirmasi positif dapat membuat kamu menjadi lebih percaya diri.

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Gak Merasa Berjuang Sendirian ketika Berburu Beasiswa

3. Kelilingi dirimu dalam lingkungan positif dan hindari circle negatif

7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Melamar Beasiswa, Yuk Coba!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Keira Burton)

Selama proses pencarian beasiswa, kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang positif. Orang-orang semacam ini akan memberikan semangat dan positive vibes pada dirimu, sehingga pada akhirnya dapat mengembangkan kepercayaan diri.

Sebaliknya, cobalah sebisa mungkin untuk menghindari circle toksik. Sebab, berkumpul dengan orang-orang tersebut gak hanya menebarkan negative vibes, tapi juga dapat menurunkan kepercayaan diri.

4. Mencari mentor

7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Melamar Beasiswa, Yuk Coba!ilustrasi mentor (unsplash.com/NeONBRAND)

Saat berburu beasiswa, gak ada salahnya mencari mentor. Orang-orang yang bisa kamu jadikan mentor, misalnya, dosen, kakak angkatan, atau teman yang pernah mendapatkan beasiswa, tentu yang bisa kamu percaya. Selain itu, saat ini sudah ada banyak jasa mentor beasiswa profesional yang bisa kamu jadikan opsi.

Mentor dapat membantu dan membimbing terkait urusan beasiswa. Namun, lebih dari itu, seorang mentor juga dapat memotivasimu saat berburu beasiswa. Dalam proses pencarian beasiswa, seseorang sangat mungkin akan merasa lelah, putus asa, dan bahkan gak merasa percaya diri lagi, saat aplikasi beasiswanya banyak ditolak. Di sinilah, mentor berperan penting untuk menyemangatimu dan memotivasi untuk lebih percaya diri.

5. Hindari membandingkan diri sendiri dengan orang lain

7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Melamar Beasiswa, Yuk Coba!ilustrasi bercermin (pexels.com/Min An)

Adakalanya saat sedang berburu beasiswa, kamu akan mendengar kabar dari teman, saudara, atau kenalan yang juga mendaftar beasiswa dan lolos. Sedangkan kamu sendiri mungkin merasa progresnya di situ-situ saja dan gak kunjung lolos. 

Bila yang terjadi demikian, ada baiknya untuk gak membandingkan dirimu dengan orang tersebut karena hal tersebut dapat menurunkan kepercayaan dirimu. Namun, kamu tetap perlu belajar darinya dan menjadikan pengalaman dan perjuangannya, sebagai bahan introspeksi, agar kamu juga dapat lolos beasiswa.

6. Rajin menyimak video, film, buku, atau cerita motivasi terkait keberhasilan mendapatkan beasiswa

7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Melamar Beasiswa, Yuk Coba!ilustrasi membaca buku (pexels.com/Zen Chung)

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri saat mendaftar beasiswa adalah dengan sering-sering menyimak buku, video, atau film terkait keberhasilan orang lain dalam mendapatkan beasiswa. Dari sana kamu akan bisa mendapat inspirasi untuk mengembalikan kepercayaan dirimu.

Selain itu, orang yang sudah pernah mendapat beasiswa sebelumnya pun biasanya berbagi tipsnya. Kamu pun bisa mengikuti tips demi tips tadi, agar peluang untuk lolos beasiswa semakin terbuka lebar.

7. Teruslah berproses meningkatkan kualitas diri

7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Melamar Beasiswa, Yuk Coba!ilustrasi belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bisa jadi, kamu gak percaya diri karena merasa kemampuan yang dimiliki terbatas. Misalnya, kamu merasa kemampuan berbahasa Inggrismu masih terlalu rendah untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri. 

Bila yang terjadi demikian, maka kamu harus terus meningkatkan kualitas diri dalam hal bahasa Inggir. Entah dengan belajar secara otodidak maupun pergi ke tempat les. Lambat laun, kemampuanmu pasti akan meningkat dan kamu pun akan jadi lebih percaya diri.

Ketujuh tips di atas bisa kamu coba, agar lebih percaya diri saat berburu beasiswa. Percayalah, kamu pasti bisa mendapatkannya dengan niat, kemampuan, dan kepercayaan diri yang tertanam dari dalam dirimu. Good luck!

Baca Juga: 5 Tips Lolos Beasiswa ke Luar Negeri buat Kamu yang Fresh Graduate

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya