Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kursus Bahasa Arab Online, Pembelajarannya Interaktif!

Gak perlu jauh-jauh, cukup di rumah aja!

Saat ini bahasa Arab menjadi bahasa yang cukup diminati bagi sebagian kalangan pelajar di Indonesia, khususnya di dunia pesantren. Tentu saja, belajar bahasa itu membutuhkan yang namanya seorang guru. Bukan apa-apa, hanya saja agar proses belajarmu lebih terarah dan terbimbing.

Namun, apabila kamu belum memiliki kesempatan untuk belajar ke pesantren, saat ini ada lho kursus bahasa Arab yang dapat kamu akses secara online. Yang pastinya, tanpa mengurangi esensi dari sebuah pembelajaran, kamu dapat menghemat waktu, biaya dan juga tenaga. Nah, masih bingung mau kursus bahasa Arab di mana? Ini dia lima rekomendasi tempat kursus yang bisa kamu lakukan secara online. Keren-keren, lho!

1. Kursus Arabic From Home (AFH)

5 Rekomendasi Kursus Bahasa Arab Online, Pembelajarannya Interaktif!Kursus Arabic (instagram.com/afh_arabicfromhome)

Meningkatkan akses masyarakat terhadap pembelajaran bahasa Arab yang berkualitas adalah alasan utama berdirinya Arabic From Home (AFH). Hingga saat ini, sudah ada ribuan peserta dari Indonesia yang bergabung di kursus online ini.

Selain tersedianya pembelajaran bahasa Arab, AFH juga membuka kursus belajar baca Al-Qur'an yang sudah memiliki sanad bersambung kepada Rasulullah SAW. Di sini ada dua klasifikasi kelas yang tersedia, yaitu kelas untuk anak dan juga dewasa. 

2. Baitul Arabiyah

5 Rekomendasi Kursus Bahasa Arab Online, Pembelajarannya Interaktif!Baitul Arabiyah (instagram.com/baitul.arabiyah)

Di Baitul Arabiyah ini, ada dua opsi kelas yang bisa kamu pilih. Yaitu, kelas baca kitab kuning dan kelas praktik percakapan bahasa Arab. Gak usah bingung, pilih saja yang menurutmu paling prioritas, ya. 

Di sini, kamu akan belajar dengan pembelajaran yang interaktif dan seru tentunya. Selain itu, di Baitul Arabiyah ini juga menyediakan program tes bimbingan belajar bagi kamu yang ingin kuliah ke timur tengah. Gimana, tertarik?

Baca Juga: 5 Macam Kata Ganti dalam Bahasa Arab yang Perlu Kamu Ketahui

3. Kursus Kuba

5 Rekomendasi Kursus Bahasa Arab Online, Pembelajarannya Interaktif!Kursus Kuba (instagram.com/kursus.kuba)

Untuk yang masih pemula banget dan belum memiliki dasar bahasa Arab sama sekali, kamu bisa coba bergabung bersama Kursus Kuba. Dengan sajian program pembelajaran yang sangat beragam dan menarik, apalagi dengan pengemasan materi yang praktis juga biaya yang ekonomis, belajar di Kursus Kuba bisa menjadi salah satu pilihan kursusmu, nih.

Dari mulai program privat bahasa Arab dasar, kajian ilmu nahwu dan sharaf, latihan baca kitab gundul, serta program menarik lainnya yang masih tahap coming soon. Ditunggu, ya!

4. Quantum Maba

5 Rekomendasi Kursus Bahasa Arab Online, Pembelajarannya Interaktif!Quantum Maba (instagram.com/quantum_maba)

Berbeda dengan kursus-kursus yang lainnya, di Quantum Maba ini hanya dikhususkan bagi perempuan saja. Gak perlu ragu, di sini kamu akan belajar bahasa Arab dengan mudah, lho. Cocok untukmu yang punya kesibukan padat, karena di kursus ini kamu bisa belajar dengan waktu yang efisien tentunya.  

Ya, walaupun hanya untuk perempuan saja, tapi secara general bisa juga nih terus pantengin akun Instagramnya, ya. Di sana juga banyak konten-konten pembelajaran yang menarik. Sudah lebih dari 3.700 alumni yang telah bergabung di kursus ini. Gimana nih, minat?

5. Takallam Institute

5 Rekomendasi Kursus Bahasa Arab Online, Pembelajarannya Interaktif!Takallam Institute (Instagram.com/takallam_institute)

Akun Instagram yang sudah memiliki followers 32 ribu lebih ini, menyediakan pembelajaran bahasa Arab yang sistematis, mudah dan langsung praktik. Di sini, kamu akan belajar ilmu praktik bukan ilmu teoritis. Sehingga akan membuat mentalmu di dongkrak agar mampu berbicara dengan baik, tertata dan antigugup. Apalagi dengan biaya yang sangat terjangkau, dijamin puas, deh.  

Oh iya, para pengajarnya pun keren-keren tentunya. Ada yang dari lulusan Yaman, LIPIA juga Pondok Modern Darussalam Gontor. So, kalau kamu minat, bisa klik link di bio Instagramnya, ya. 

Belajar bahasa Arab itu butuh yang namanya praktik dan konsisten yang penuh. Dengan mengikuti kursus, pembelajaranmu akan lebih terarah dan konsisten. Apalagi dibimbing oleh guru-guru yang sudah berpengalaman dan profesional, akan menjadi nilai plus tersendiri ketika kamu mengikuti kursus. Teruslah belajar, jangan menyerah, ya!

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Arab Tentang Berbagai Warna, Tambah Kosakata Baru!

Muhammad Riyadi Nugraha Photo Verified Writer Muhammad Riyadi Nugraha

Memediasi pena untuk mengkspresikan sebuah rasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya