Comscore Tracker

Apa Itu Numerasi? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Macamnya!

Berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari

Numerasi adalah keterampilan yang sering dilakukan orang setiap hari. Namun meskipun kemampuan ini dimiliki hampir setiap orang, nyatanya gak semua orang tahu apa itu numerasi.

Nah, buat kamu yang sedang belajar numerasi wajib menyimak artikel ini sampai selesai. Yuk, langsung kita bahas satu per satu!

1. Pengertian numerasi

Apa Itu Numerasi? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Macamnya!Ilustrasi angka (pexels.com/Black ice)

Numerasi adalah kemampuan dalam melakukan penghitungan dengan tepat. Jadi numerasi merupakan tindakan, proses, dan contoh penghitungan atau penomoran.

Sedangkan dalam Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), numerasi diartikan sebuah keterampilan dan pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman angka, simbol maupun analisis informasi kuantitatif. Jadi bisa dikatakan juga bahwa numerasi ada kaitannya dengan matematika.

2. Manfaat numerasi

Apa Itu Numerasi? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Macamnya!Ilustrasi numerasi (pexels.com/Louis Bauer)

Kemampuan numerasi sangat penting untuk dimiliki semua orang. Sebab, ini menjadi salah satu cara untuk mendorong seseorang dalam menerapkan ilmu penghitungan dan penomoran.

Selain itu, literasi numerasi juga sudah dianggap sebagai kecakapan hidup seseorang. Sehingga kemampuan ini bisa sangat membantu kita dalam memecahkan suatu masalah sehari-hari, entah itu di rumah, sekolah, pekerjaan, atau lingkungan sosial.

Baca Juga: Quipper Berikan Pelatihan Literasi dan Numerasi untuk Guru

3. Cara meningkatkan kemampuan numerasi

Apa Itu Numerasi? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Macamnya!Ilustrasi belajar numerasi (pexels.com/Jeswin Thomas)

Lantaran ilmu ini sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari, jadi setiap dari kamu wajib untuk meningkatkan kemampuan numerasi. Lalu apa saja langkah yang bisa dilakukan?

  • Dari sarana prasarana, dimulai dari lingkungan sekolah yang menyediakan tempat khusus untuk ruang berkarya dan interaksi numerasi.
  • Menciptakan lingkungan yang mendukung growth mindset tentang numerasi, karena ini menjadi keterampilan dasar semua orang.
  • Lewat program numerasi dini seperti peserta didik PAUD. Tentunya program ini bisa komprehensif dan sesuai dengan kompetensi peserta yang ditargetkan.
  • Menekankan pentingnya proses penalaran dan pemodelan ketika memecahkan masalah seperti dalam mata pelajaran matematika maupun non-matematik.

4. Macam-macam literasi numerasi

Apa Itu Numerasi? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Macamnya!Ilustrasi numerasi (pexels.com/Yan Krukov)

Literasi numerasi memiliki beberapa macam di dalamnya. Mengutip buku Gerakan Literasi Nasional, berikut ini komponen literasi numerasi yang bisa kamu ketahui.

  1. Menggunakan pecahan, desimal, persen, dan perbandingan
  2. Menggunakan penalaran spasial
  3. Kemampuan mengukur
  4. Menggunakan dan mengenali pola serta relasi
  5. Menginterpretasi informasi yang sifatnya statistik
  6. Kemampuan menghitung dan mengestimasi menggunakan bilangan bulat

5. Numerasi dan kehidupan sehari-hari

Apa Itu Numerasi? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Macamnya!Ilustrasi numerasi di kehidupan sehari-hari (pexels.com/Karolina Grabowska)

Numerasi punya kaitan erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, mungkin tanpa sadar kamu sudah mempraktikkan pengetahuan ini. Misalnya saja ketika kamu berbelanja, kamu pasti akan melakukan hitung-hitungan uang belanja kamu. Ini hanya salah satu contoh saja.

Jadi, literasi numerasi punya manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita. Jika masyarakat punya keterampilan numerasi, muncul kepekaan angka (sense of numbers) sekaligus penerapannya, akan mampu mengelola dan memelihara sumber daya alam. Sehingga kita mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Numerasi adalah kemampuan yang dimiliki hampir setiap orang. Ilmu ini juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari karena kita sering mempraktikkannya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca Juga: Yuk, Kenali 5 Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral agar Tak Keliru

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya