Comscore Tracker

Yuk, Kenali 5 Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral agar Tak Keliru

Uang kartal hanya dapat diterbitkan oleh BI

Jakarta, IDN Times – Setiap negara memiliki alat pembayarannya masing-masing yang digunakan untuk bertransaksi. Indonesia sendiri memiliki dua jenis uang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, yaitu uang kartal dan uang giral.

Uang kartal merupakan alat pembayaran yang sah berbentuk fisik (kertas dan logam) dan wajib diterima masyarakat untuk transaksi jual beli. Sedangkan uang giral adalah uang yang berada dalam rekening giro di bank umum.

Lalu, apa saja perbedaan antara uang kartal dan giral? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Perbedaan Uang Elektronik dan Dompet Digital, Jangan Sampai Keliru! 

1. Perbedaan bentuk

Yuk, Kenali 5 Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral agar Tak KeliruIlustrasi kartu ATM Bank Mandiri (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Perbedaan yang paling menonjol antara uang kartal dan giral terlihat dari bentuknya. Uang kartal seperti yang kita ketahui berbentuk logam dan kertas.

Sementara, uang giral umumnya berbentuk surat berharga, seperti cek, giro, kartu ATM, bilyet, hingga uang elektronik.

2. Pihak yang menerbitkan

Yuk, Kenali 5 Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral agar Tak KeliruKantor Bank Indonesia (BI). IDN Times/Hana Adi Perdana

Uang kartal hanya dapat dicetak dan diterbitkan oleh bank sentral atau Bank Indonesia. Bank umum lainnya hanya memiliki hak untuk mengedarkan.

Adapun, uang giral dapat dicetak oleh bank umum apapun, asalkan telah mengantongi izin dan wewenang untuk mencetak uang tersebut.

3. Perbedaan sifat

Yuk, Kenali 5 Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral agar Tak Keliruilustrasi uang tunai baru (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Uang kartal maupun giral memiliki sifat yang cukup berbeda. Karena merupakan alat pembayaran yang sah, seseorang tidak bisa menolak transaksi yang menggunakan uang kartal.

Sementara, seseorang bisa menolak transaksi yang menggunakan uang giral karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, uang giral merupakan alat pembayaran berupa lembar tagihan atau kartu yang dikeluarkan oleh bank umum. Jadi pembayaran menggunakan uang giral hanya dapat diterima kalangan tertentu saja.

Baca Juga: Ada Uang Rupiah Baru, Masa Berlaku Uang Lama Tinggal 3 Tahun Lagi

4. Kemudahan pemakaian

Yuk, Kenali 5 Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral agar Tak KeliruIlustrasi transaksi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam hal kemudahan penggunaan, uang kartal memang tidak sepraktis uang giral. Apalagi, uang giral berbentuk ATM rasanya lebih mudah di bawa ke mana saja daripada harus membawa uang kertas atau koin dalam jumlah besar.

Meskipun begitu, dalam situasi tertentu uang kartal lebih praktis daripada uang giral. Itu karena tidak semua orang mau menerima transaksi menggunakan uang giral.

5. Tingkat keamanan

Yuk, Kenali 5 Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral agar Tak Kelirupixabay.com/Peggy und Marco Lachmann-Anke

Jika dilihat dari segi keamanan, kebanyakan dari kita pasti setuju bahwa uang giral, terutama yang berbentuk elektronik dan ATM lebih aman digunakan untuk bertransaksi dibanding uang kartal. Sebab risiko uang hilang karena dicuri atau terselip lebih kecil.

Namun demikian, perkembangan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan banyaknya pencurian data dan uang secara online atau yang dikenal dengan phising.

Baca Juga: Segini Besaran Uang Pensiun Anies Usai Tak Jadi Gubernur Lagi

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya