Comscore Tracker

Lagi di Fase Malas Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Motivasimu Kembali

#IDNTimesLife Bosan itu wajar, tapi jangan keterusan, ya!

Hayo siapa nih dari kalian yang sekarang di fase malas kuliah? Setiap mahasiswa sepertinya pernah mengalami masa-masa di mana malas mengerjakan tugas, inginnya cepat-cepat lulus, dapat pekerjaan, sampai ada yang ingin cepat menikah saja. Well, fase tersebut emang sulit dihindarkan apalagi di masa pandemi saat ini yang semuanya serba daring, tugas kuliah menumpuk, penelitian jadi terhambat, digantungin dosen pembimbing, dan skripsi jadi mampet.

Merasa bosan atau malas sebenarnya hal yang wajar kok, tapi jangan sampai hal tersebut keterusan hingga menghambat kuliahmu ya. Nah supaya motivasi kuliahmu kembali lakukan lima cara berikut ini.

1. Ingat dan renungi lagi apa tujuanmu kuliah

Lagi di Fase Malas Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Motivasimu Kembaliunsplash.com/MD Duran

Saat kamu malas dan bosan kuliah ingat-ingat lagi apa tujuanmu kuliah selama ini. Kamu kuliah untuk menambah ilmu dan wawasan, mencari gelar, atau karena faktor gengsi semata? Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing bukan, pun termasuk dirimu. Maka saat merasa malas ingat lagi tujuanmu, ingat lagi bagaimana proses yang kamu lalui selama ini. 

Selain itu kamu bisa menulis notes yang berisi tentang cita-cita dan harapan, lalu menempelkannya di dinding kamar supaya kamu selalu ingat akan target dan pencapaianmu.

2. Coba bayangkan dirimu di masa depan

Lagi di Fase Malas Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Motivasimu Kembaliunsplash.com/Ozgu Ozden

Lagi malas kuliah, coba sesekali bayangkan bagaimana kehidupanmu di masa depan kelak. Seperti apa masa depanmu sukses atau gagal, bahagia atau tidak, itu tergantung bagaimana pengorbanan yang kamu lakukan saat ini.

Bayangkan di kepalamu kelak kamu bisa bekerja di perusahaan ternama, sukses jadi pengusaha, dan impian lainnya. Cara ini bikin kamu termotivasi untuk mewujudkannya. 

3. Ingat bagaimana pengorbanan orangtua

Lagi di Fase Malas Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Motivasimu Kembalipexels.com/Tristan Le

Saat sedang malas mengerjakan tugas, jenuh dengan skripsi, dan kuliah hanya main-main saja ingatlah bagaimana perjuangan dan pengorbanan orangtua untuk membiayaimu. Mereka yang tidak lelah untuk mencari uang, mereka yang semangat menguliahkan anaknya, dan mereka yang tidak bosan berdoa demi kebaikanmu di masa depan.

Besar bukan pengorbanan mereka? Masa iya, kamu masih mau malas-malasan saja? Yuk, bangkit dan semangat. 

Baca Juga: 10 Pepatah Jawa yang Bisa Dijadikan Pengingat dan Motivasi Kehidupan

4. Selektif dalam memilih teman kampus

Lagi di Fase Malas Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Motivasimu Kembalipexels.com/Retha Ferguson

Cara selanjutnya untuk menghindarkan rasa malas kuliah yaitu dengan selektif dalam memilih teman. Dengan siapa kamu berteman dan bergaul akan memengaruhi bagaimana kualitas diri yang kamu miliki.

Maka dari itu, carilah teman kuliah yang bisa memberi dampak positif, suportif, dan saling mendukung satu sama lain. Sehingga kamu bisa tetap semangat dalam menjalani kehidupan di kampus.

5. Jangan paksa diri, rehatlah sejenak

Lagi di Fase Malas Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Motivasimu Kembalipexels.com/@Adril Kudri

Terakhir, jika kamu sedang mengalami mood yang tidak stabil dan kehilangan motivasi untuk kuliah, jangan pernah memaksakan diri ya. Ambillah jeda sejenak dengan me-refresh pikiran sebentar, tidur lebih cepat, istirahat, pergi liburan, atau sekedar me time.

Dengan begitu pikiranmu jadi lebih segar, semangatmu kembali pulih, dan kamu lebih siap menghadapi perkuliahan di esok hari. Namun ingat, jangan kebablasan enak-enakan ya, bila perlu bikin tenggat waktu kapan kamu harus mulai produktif lagi.

Itulah guys lima cara yang dapat mengembalikan semangatmu saat di fase malas kuliah. Tidak apa-apa kok, rasa malas itu wajar yang penting jangan keterusan aja ya.  

Baca Juga: 5 Sumber Motivasi Agar Kamu Bisa Manfaatkan Hidup Sebaik Mungkin

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya