Comscore Tracker

Belum Niat Kuliah? 5 Kegiatan Ini Bisa Kamu Coba setelah Lulus SMA

Bermanfaat dan bisa menghasilkan cuan!

Sebentar lagi, para pelajar yang duduk di kelas 12 akan segera lulus dari bangku SMA. Sama seperti di kelas 9 SMP, perasaan deg-degan akan mulai menghampiri lagi. Ini karena biasanya siswa kelas akhir bakal dibuat bingung ingin melanjutkan ke mana setelah lulus nanti. 

Kalau siswa SMP hanya dibingungkan dengan pilihan sekolah dan jurusan yang akan diambil. Maka siswa SMA dan sederajatnya malah lebih bingung lagi. Mereka harus memilih antara lanjut ke jenjang selanjutnya atau langsung bekerja.

Kalau misalnya kamu belum ada niatan untuk kuliah, kamu bisa, lho, melakukan lima kegiatan di bawah ini untuk mengisi waktu. Gak hanya seru, tapi bisa menambah cuan dan pengalaman juga pastinya. Simak, yuk!

1. Refreshing diri sejenak 

Belum Niat Kuliah? 5 Kegiatan Ini Bisa Kamu Coba setelah Lulus SMAilustrasi bersantai di kamar (pexels.com/Vlada Karpovich)

Gak ada salahnya setelah bersusah payah mengerjakan berbagai macam ujian di kelas akhir, kamu mengambil waktumu untuk refreshing diri sejenak. Karena kamu belum berencana untuk kuliah, maka kamu bisa menyegarkan pikiranmu yang jenuh itu dengan cara yang lebih nyaman.

Sambil menyusun rencana selanjutnya, kamu bisa meluangkan waktu untuk mencoba kegiatan yang belum sempat kamu lakukan karena dihadang kesibukan sekolah. Lakukan apa saja yang bisa membuat kamu senang, entah itu melukis, masak-masak, main game atau fangirling.

2. Mengikuti kegiatan volunteering atau magang

Belum Niat Kuliah? 5 Kegiatan Ini Bisa Kamu Coba setelah Lulus SMAilustrasi menjadi relawan (pexels.com/RODNAE Productions)

Menjadi seorang volunteer atau relawan bisa menjadi opsi kegiatan yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu setelah kelulusan. Kegiatan ini memang gak akan membayarmu, tapi kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat dari mengikuti kegiatan ini. Mulai dari menambah kenalan, meningkatkan kepekaanmu terhadap lingkungan, dan masih banyak lagi.

Bahkan, pengalamanmu menjadi relawan ini bisa dimasukkan sebagai tambahan informasi di dalam CV-mu, lho. Karena seperti yang diketahui, kegiatan ini memang mengharuskanmu agar bisa bekerja sama sebagai tim. Makanya, kamu jadi punya nilai lebih di mata perusahaan karena mereka bisa saja memandangmu sebagai orang yang kooperatif.

Selain volunteering, ada pula opsi lainnya yaitu kegiatan magang. Magang sendiri umumnya dilaksanakan hanya untuk mahasiswa atau SMK sebagai bagian dari kurikulum. Namun, kini sudah ada beberapa perusahaan seperti bank swasta yang membuka lowongan magang untuk siswa lulusan SMA. Kamu bisa coba apply jika memang tertarik dengan program yang ditawarkannya.

Baca Juga: 5 Alasan Memarahi Karyawan Magang Tidaklah Berguna, Sabar Sedikit

3. Mengikuti pelatihan kerja gratis di BLK milik pemerintah

Belum Niat Kuliah? 5 Kegiatan Ini Bisa Kamu Coba setelah Lulus SMAilustrasi pelatihan menjadi barista (unsplash.com/Trường Trung Cấp Kinh Tế Du Lịch Thành Phố Hồ Chí Minh CET)

Mungkin ada beberapa dari kalian yang baru pertama kali mendengar program ini. Jadi singkatnya, BLK atau Balai Latihan Kerja ini merupakan tempat yang dibangun pemerintah dengan tujuan melatih banyak orang agar bisa mendapatkan kompetensi sesuai dengan jurusan yang diambilnya.

Mirip-mirip dengan pendidikan di SMK, hanya saja waktu pelaksanaannya lebih singkat, yakni berkisar antara 1 sampai 6 bulan lamanya tergantung kejuruan yang diambil.

Program ini layak banget kamu coba karena syaratnya juga gak ribet-ribet amat. Oh iya, BLK ini ada di setiap daerah, jadi kamu bisa kepoin BLK yang ada di domisilimu. Gak hanya mendapatkan pelatihan saja, kamu juga bakal mendapat makan siang gratis, uang transport, seragam, hingga sertifikat BNSP jika berhasil menyelesaikan ujian praktek kejuruan.

4. Belajar bahasa asing

Belum Niat Kuliah? 5 Kegiatan Ini Bisa Kamu Coba setelah Lulus SMAilustrasi belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meluangkan waktu untuk belajar bahasa baru juga bisa jadi kegiatan seru yang patut kamu coba. Terserah mau belajar bahasa apa, yang penting kamu niat dan tertarik mempelajari bahasa tersebut.

Tapi kalau masih bingung, mungkin bahasa Inggris bisa jadi opsi pertama buat kamu yang ingin mencoba belajar bahasa baru. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan pastinya bakal berguna banget untuk kehidupanmu.

Gak perlu memakai cara lama seperti baca buku kamus yang tebalnya minta ampun itu. Kini kamu bisa belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. Misalnya menonton interview artis luar negeri atau menyaksikan film kesukaanmu. Selain itu, ada banyak aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kamu akses untuk semakin mempermudah proses belajarmu.

5. Menulis di platform online

Belum Niat Kuliah? 5 Kegiatan Ini Bisa Kamu Coba setelah Lulus SMAilustrasi mengetik di laptop (pexels.com/cottonbro)

Di era internet sekarang, banyak sekali muncul platform online yang menyediakan akses ke berbagai layanan digital, salah satunya adalah platform menulis. Kalau kamu mengetikkan "platform menulis online" di kolom pencarian google, maka kamu akan menjumpai banyak sekali rekomendasi tempat menulis sekaligus fee atau upah yang ditawarkan.

Kamu-kamu yang baru lulus SMA bisa banget mencoba peruntungan di bidang ini. Pilihlah salah satu platform menulis dan pelajari baik-baik aturan yang ditetapkan oleh platform tersebut. Kalau kamu beruntung dan artikelmu konsisten terbit, maka sudah tentu kamu akan mendapat cuan dari sana.

Bagaimana, seru sekali bukan rekomendasi kegiatannya? Kamu bisa mencoba beberapa yang menurut kamu menarik. Kalau misalkan kamu berencana gap year, maka kamu bisa mencoba salah satu kegiatan yang kira-kira gak akan mengganggu persiapan belajar UTBK-mu. Semangat terus, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Usai Lulus SMA, Gak Selalu Kuliah!

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya