Comscore Tracker

5 Seluk-beluk Jurusan Tata Boga di SMK yang Perlu Kamu Tahu!

Tata boga gak cuma belajar masak aja, kok!

Gak seperti SMA yang hanya menyediakan tiga jurusan, di SMK ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa kamu ambil sesuai dengan minatmu. Salah satu yang tentunya sudah tidak asing lagi adalah jurusan tata boga. 

Pastinya, kamu pernah mendengar jurusan ini, kan? Apakah yang terlintas di benakmu ketika memikirkan jurusan ini? Mungkin kebanyakan dari kamu akan berpikir kalau masuk jurusan ini, kerjaannya setiap hari cuma belajar masak. Padahal, tata boga gak sesempit itu, lho.

Ada banyak banget hal lain yang tetap harus dipelajari nantinya. Biar gak salah paham, yuk, simak beberapa penjelasan mengenai jurusan tata boga di bawah ini!

1. Tata boga terbagi menjadi dua peminatan

5 Seluk-beluk Jurusan Tata Boga di SMK yang Perlu Kamu Tahu!ilustrasi menghias kue (pexels.com/Gustavo Fring)

Hal ini penting untuk diketahui, terutama bagi kamu yang memang ingin mengambil jurusan ini. Di SMK, jurusan tata boga terbagi ke dalam dua peminatan, yaitu patiseri dan jasa boga. Patiseri lebih fokus mempelajari sesuatu yang berbau pastry, seperti roti, cake, dan permen. Sementara itu, jasa boga lebih luas lagi cakupannya, mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup.

Nah, biar gak salah pilih, kamu harus memahami dua hal di atas. Biasanya, di spanduk pendaftaran, peminatan jasa boga tetap akan ditulis tata boga. Jadi, agar kamu gak salah ambil peminatan, lebih baik tanyakan hal ini kepada panitia pendaftaran, ya!

2. Kamu perlu menyiapkan peralatan praktik sendiri

5 Seluk-beluk Jurusan Tata Boga di SMK yang Perlu Kamu Tahu!ilustrasi pisau dan bahan masakan unsplash.com/Agto Nugroho)

Meskipun sudah ada dapur plus peralatan memasaknya, terkadang ada beberapa SMK yang mewajibkan murid atau siswanya untuk memiliki alat praktik sendiri. Biasanya sih, kamu bakal disuruh membeli berbagai peralatan, seperti pisau, lap tangan, dan safety shoes.

Selain itu, SMK yang statusnya swasta biasanya juga akan membebankan biaya praktik kepada para siswanya. Berbeda dengan SMK negeri yang mana untuk biaya praktik, kebanyakan akan ditanggung oleh pemerintah.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Menarik yang Cocok untuk Lulusan SMK Jurusan Tata Boga

3. Selain memasak, ada banyak hal lain yang juga harus dipelajari

5 Seluk-beluk Jurusan Tata Boga di SMK yang Perlu Kamu Tahu!ilustrasi menghias kue (SHVETS Production)

Selain belajar pelajaran umum seperti bahasa Indonesia, PKN, dan lain sebagainya, anak boga juga akan mendapat materi yang berkaitan dengan jurusannya. Untuk kamu yang mengambil patiseri, nantinya kamu akan lebih fokus mempelajari tentang pengolahan roti, kue, dan sejenisnya. Sementara itu, kamu yang mengambil peminatan jasa boga akan belajar banyak hal, mulai dari pengolahan makanan Indonesia, kontinental, sampai fusion food.

Oh, ya, kedua peminatan di atas juga akan belajar tentang ilmu gizi, lho. Jadi, gak cuma asal masak doang, kamu juga tetap harus mempertimbangkan kadar gizi yang ada pada makananmu.

4. Siswa jurusan ini biasanya bakal magang di hotel-hotel besar

5 Seluk-beluk Jurusan Tata Boga di SMK yang Perlu Kamu Tahu!ilustrasi magang di kitchen hotel (unsplash.com/Trường Trung Cấp Kinh Tế Du Lịch Thành Phố Hồ Chí Minh CET)

Yap, siswa dari jurusan tata boga biasanya akan diarahkan untuk magang di hotel-hotel besar. Nantinya, kamu akan ditempatkan pada section yang berbeda sesuai dengan peminatanmu di SMK. Untuk peminatan patiseri bakal ditempatkan pada pastry section, sedangkan jasa boga di kitchen section.

Namun, penentuan section ini biasanya juga berbeda-berbeda tiap hotelnya. Karena bisa saja kamu ditempatkan pada kedua section sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan, misal 3 bulan di pastry dan 3 bulan di kitchen.

5. Pilihan karier bagi anak boga

5 Seluk-beluk Jurusan Tata Boga di SMK yang Perlu Kamu Tahu!ilustrasi menjual makanan (pexels.com/Kampus Production)

Pilihan karier untuk anak boga cukup ada banyak jenisnya. Kamu bisa coba menjadi juru masak di restoran atau mendirikan usaha sendiri. Kalau ingin meningkatkan kemampuan lebih matang lagi, kamu bisa dengan mengambil kursus memasak.

Kamu juga bisa melanjutkan kuliah dan mengambil program S-1 Pendidikan Tata Boga di universitas. Siapa tahu, setelah lulus nanti kamu bisa jadi dosen yang khusus mengajari hal-hal di bidang kuliner.

 

Nah, itu dia lima hal tentang jurusan tata boga yang perlu kamu tahu dan pahami. Semua penjelasan yang ada di atas anggap saja sebagai gambaran yang akan kamu dapatkan ketika masuk jurusan ini. Pastinya, masih ada banyak kejutan lainnya yang menunggumu di depan sana. Jadi, mau mencoba masuk jurusan ini?

Baca Juga: 10 Potret Anwar di Dapur, Tak Banyak Tahu Rupanya Sarjana Tata Boga!

Han So Hee Photo Verified Writer Han So Hee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya