Comscore Tracker

5 Alasan Menjiplak Karya Orang Lain Itu Bukan Hal yang Keren

Emang kamu gak malu?

Akhir-akhir ini kasus pelagiat atau menjiplak karya orang menjadi hal yang sering sekali terjadi. Bahkan tidak jarang mereka merasa tidak bersalah sama sekali, setelah melakukan penjiplakan terhadap karya orang lain tersebut.

Seharusnya kebiasaan menjiplak karya orang lain tanpa meminta ijin, harus kita hilangkan dari sekarang. Karena sejatinya kegiatan ini hanya akan merugikan banyak orang dan pelaku pelagiat itu sendiri.

Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa perilaku pelagiat merupakan perilaku yang enggak banget untuk kamu lakukan.

1. Kamu tidak akan mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya

5 Alasan Menjiplak Karya Orang Lain Itu Bukan Hal yang Kerenpexels.com/olly

Meskipun kamu mendapatkan sanjungan dan pujian dari banyak orang. Tentunya di dalam hati kamu yang paling dalam, kamu tidak merasakan kebahagiaan sama sekali. Karena kamu sadar betul, bahwa karya yang selama ini kamu katakan adalah karya dari orang lain.

Tidak hanya itu, kamu pun akan selalu dihantui oleh rasa berasalah. Meskipun tidak ada seorang pun yang mengetahui hal yang kamu lakukan saat ini. Tetapi hati kamu tentu tidak akan bisa membohongi diri kamu sendiri.

2. Jika sudah kebiasaan, kamu akan menjadi orang yang malas berpikir

5 Alasan Menjiplak Karya Orang Lain Itu Bukan Hal yang Kerenpexels.com/@ursula-madariaga-212978

Jangan pernah membiasakan menjiplak karya orang lain dari sekarang. Karena tanpa kamu sadari, hal ini akan membuat diri kamu mempunyai sifat malas berpikir. Tentunya sifat ini tidak akan terbentuk secara seketika. Tetapi jika menjiplak sudah menjadi kebiasaan. Maka rasa malas berpikir akan mulai menjadi sifat yang melekat pada diri kamu.

3. Secara enggak sadar dapat mematikan semangat para pembuat karya

5 Alasan Menjiplak Karya Orang Lain Itu Bukan Hal yang Kerenpexels.com/@punttim

Perilaku menjiplak tentunya dapat merugikan banyak orang. Salah satu orang yang pasti merasa dirugikan dari perilaku tersebut adalah orang yang membuat karya asli. Para pembuat karya menjadi kehilangan semangat untuk membuat karya-karya yang sebelumnya menjadi ladang pencaharian mereka.

Mereka merasa kecewa dengan perilaku banyak oarng yang tidak menghargai karya orang lain. Padahal untuk membuat sebuah karya mereka memerlukan waktu yang tidak sedikit dan pemikiran yang matang agar karya tersebut bisa diterima masyarakat luas.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesetaraan di Dunia Kerja, Performa Karyawan jadi Meningkat

4. Kamu akan dicap sebagai orang yang suka menjiplak karya orang

5 Alasan Menjiplak Karya Orang Lain Itu Bukan Hal yang Kerenpexels.com/@moose-photos-170195

Kamu pernah membayangkan enggak, jika semua orang mengetahui bahwa karya kamu selama ini hanyalah jiplakan? Seharusnya kamu berpikir hal seperti itu sebelum kamu melakukan penjiplakan terhadap karya orang lain. 

Perasaan malu, bersalah dan pandangan masyarakat akan berubah menjadi negatif kepada kamu. Makanya daripada menjiplak, lebih baik kamu membuat karya sendiri meskiupun masih dalam tahap belajar.

5. Ada hukuman yang setimpal untuk para pelagiat

5 Alasan Menjiplak Karya Orang Lain Itu Bukan Hal yang Kerenpexels.com/@abhishekgaurav

Jika kamu terbukti bersalah dan melakukan penjiplakan karya tanpa meminta ijin terlebih dahulu. Ada hukuman yang akan kamu dapatkan lho. Hukumannya bisa berupa kurungan penjara atau bisa juga denda yang tidak sedikit untuk kamu bayar.

Tanamkan dalam diri kita untuk tidak menjiplak karya orang dari sekarang. Jadilah orang yang selalu menghargai dan menghormati karya dari anak bangsa.

Baca Juga: Penulis Jangan Plagiat, 5 Hal Negatif Ini Akan Terjadi Padamu Lho

Sandi Nugraha Photo Verified Writer Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya