Comscore Tracker

5 Kesalahan Finansial di Usia 20-an, Biar Gak Banyak Utang

Kerja keras bagai kuda, yang penting cuannya ada~~

Masa muda memang masanya punya banyak keinginan, apalagi dengan kebutuhan yang beragam dengan gengsi yang tinggi. 

Bisa jadi hal tersebut membuatmu ingin terus menuruti ego tanpa melihat kemampuan finansialmu. Nah, pelajari kesalahan finansial ini biar masa mudamu bebas hutang, ya!

1. Mementingkan lifestyle 

5 Kesalahan Finansial di Usia 20-an, Biar Gak Banyak UtangIlustrasi wanita dengan lifestyle mewah (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tren gaya hidup dan lingkungan terkadang membuatmu nggak mau ketinggalan. Entah update gagdet terbaru, bahkan penggunaa barang branded. 

Padahal, uang yang kita dapatkan sekarang bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hari ini saja, melainkan juga harus memenuhi kebutuhan di masa depan. So, bijaklah memilih prioritas. 

2. Tidak mengatur pengeluaran

5 Kesalahan Finansial di Usia 20-an, Biar Gak Banyak UtangIlustrasi pencatatan keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal sederhana tapi masih sering diabaikan, yaitu tidak mengatur pengeluaran perpriode sehingga tidak terkontrol.

Mulai sekarang, biar kamu nggak boncos di akhir bulan usahakan pengeluaranmu tidak melebihi batas, ya. Atau jika melebihi jangan lupa berhemat.

3. Konsumtif

5 Kesalahan Finansial di Usia 20-an, Biar Gak Banyak UtangIlustrasi wanita yang belanja baju (Pexels.com/Ksenia Chernaya)

Siapa yang sering tergoda diskon tanggal cantik setiap bulannya? Berbagai marketplace menawarkan diskon dan memiliki pilihan barang yang unik dan lucu plus viral, nggak sadar kamu malah udah cekout kan hehe

Sesekali belanja itu boleh, tetapi harus seimbang dan tau mana yang perlu dibeli dan mana yang hasrat sesaat.

Baca Juga: 5 Perbedaan Utang Produktif dan Utang Konsumtif, Pahami! 

4. Terburu-buru ikutan investasi

5 Kesalahan Finansial di Usia 20-an, Biar Gak Banyak UtangIlustrasi grafik investasi (pexels.com/Burak Kebaber)

Banyak anak muda yang mulai tergiur dengan melakukan investasi, tak jarang mereka ikut-ikutan semata, meskipun tak jarang mereka belum mengetahui ilmunya.

Nah, sebelum memutuskan jenis investasi mana yang dipilih, pastikan kamu mempelajari hal dasar mengenai investasi terlebih dulu dan pastikan juga kondisi keuangan pribadimu agar resikonya dapat diminimalisir.

5. Tidak pernah menabung

5 Kesalahan Finansial di Usia 20-an, Biar Gak Banyak UtangIlustrasi seorang yang menabung (Pexels.com/Joslyn Picken)

Setiap gajian yang ada langsung jajan, jajan terus, jajan lagi dengan alasan self reward. Eh, ujung-ujungnya lupa nabung. Jajan boleh, asal tau batasan diri dan nggak terus-terusan menyuapi egomu. So, menabunglah untuk hari esok yang lebi baik, ya.

Hal di atas seringkali tanpa sadat kita lakukan, untuk memperbaiki kesalahannya kamu dapat memepelajari tentabg mengelola keuangann dari apapun, bisa lewat buku, podcast pendidikan, atau bertanya pada seseorang yang expert di bidangnya. Nah, Kesalahan finansial mana yang sering kamu lakukan?

Baca Juga: 10 Chat Nagih Utang Sama Teman Ini Kocak, Tapi Nyelekit Banget!

sarah aisyah Photo Verified Writer sarah aisyah

Books, Poem, and Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya