Comscore Tracker

5 Desember Hari Armada Republik Indonesia: Ini Kisah Sejarahnya

Dimulai pada awal era perang kemerdekaan

Setiap tahun, kita memperingati 5 Desember sebagai Hari Armada. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, mengingat dulunya kekuatan armada di Indonesia masih berupa kapal-kapal kayu serta perahu dengan persenjataan yang sangat sederhana. 

Meski begitu, armada Indonesia pernah berhasil dalam misi penerobosan blokade laut Belanda. Namun, kamu pasti penasaran bagaimana awal mula 5 Desember diperingati sebagai Hari Armada, kan? Yuk, simak kisah sejarahnya di bawah ini!

Baca Juga: Rencana Peremajaan Trans Jogja, Dishub DIY Siapkan 25 Armada 

1. Sejarah dimulai pada awal era perang kemerdekaan

5 Desember Hari Armada Republik Indonesia: Ini Kisah Sejarahnyailustrasi armada kapal (pixabay.com/3282700)

Sejarah Hari Armada dimulai pada awal periode perang kemerdekaan. Saat itu, kekuatan Armada RI masih berupa kapal-kapal kayu dan perahu dengan persenjataan yang sangat sederhana. Bahkan saat masa penugasan untuk mempertahankan kemerdekaan Armada RI melakukan berbagai operasi di laut.

Seperti keberhasilan Armada RI dalam misi penerobosan blokade laut Belanda. Ekspedisi lintas laut juga terlaksana dengan baik dalam rangka pengiriman pejuang kemerdekaan untuk mengobarkan semangat perjuangan di berbagai daerah di luar Pulau Jawa.

Sejak pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI secara bertahap mulai menambah kekuatannya dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda maupun pengadaan dari negara-negara lain. Dengan kekuatan tersebut, Armada RI telah berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII, dan PRRI Permesta.

2. Dikukuhkan menjadi Komando Armada RI dan diresmikan pada 5 Desember 1959

5 Desember Hari Armada Republik Indonesia: Ini Kisah Sejarahnyailustrasi armada kapal (pixabay.com/Canadian-Nature-Visions)

Kekuatan laut sebagai suatu armada berdasarkan Surat Keputusan Kasal No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959. Kemudian, dikukuhkan menjadi Komando Armada RI dan diresmikan pada 5 Desember 1959 silam.

Saat ini, berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRl Nomor : Kep. 171/III/1985 tanggal 30 Maret 1985, Armada RI dibagi menjadi dua kawasan wilayah kerja, yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur. Lalu, berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep/403/Xl/1987/17 Nopember 1987, hari lahirnya Armada Rl ditetapkan pada 5 Desember, yang untuk selanjutnya disebut sebagai Hari Armada.

Nah, itulah sejarah panjang kekuatan Armada RI sejak awal era perang kemerdekaan dan berbagai pencapaiannya yang membanggakan. Semoga menambah wawasanmu, ya!

Baca Juga: 3 Desember Hari Penyandang Cacat Internasional: Ini Sejarahnya

Topic:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya